Guru di Balikpapan Dukung Pembelajaran Tatap Muka
Logo BeritaSatu

Guru di Balikpapan Dukung Pembelajaran Tatap Muka

Kamis, 8 April 2021 | 13:33 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, telah melakukan vaksinasi kepada sekitar 3.600 guru/pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Terkait hal itu, sejumlah guru di Balikpapan menyampaikan dukungan untuk segera dimulainya pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Salah satunya, Azam Izzati, yaitu salah satu tenaga pendidik yang menerima vaksinasi di Dome, Balikpapan, Selasa (6/4/2021). Dia menyambut gembira pelaksanaan vaksinasi bagi PTK.

“Terutama bagi guru TK, sangat sulit untuk mengajar secara daring karena anak-anak butuh pendampingan dan didikan yang menyentuh aspek psikologis mereka,” kata Azam sebagai perwakilan guru dari PAUD Mutiara Azam, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (8/4/2021).

Azam mengatakan satuan pendidikannya telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka seperti pengadaan sarana dan prasarana kebersihan untuk mencegah penularan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan lainnya.

“Minat masyarakat untuk menyekolahkan anak di PAUD cenderung menurun akibat pandemi,” ujarnya.

Azam juga berharap agar semua PTK segera mendapatkan vaksinasi Covid-19. “Kepada rekan-rekan guru, jangan takut divaksin, supaya sehat,” katanya.

Senada dengan itu, salah satu pengajar di KB dan TK Kartika 58 Balikpapan, Erlin Oktyawardani, mengatakan kebijakan vaksinasi PTK dinilainya sangat bagus karena guru adalah garda terdepan penggerak roda pendidikan. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memiliki imunitas tubuh yang kuat dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas.

“Saya mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka terutama untuk anak usia dini karena kebutuhan anak-anak PAUD sangat perlu bimbingan dan pendampingan langsung. Pembelajaran daring kurang efektif untuk membangun karakter anak-anak usia dini,” kata Erlin.

Guru lainnya, Warso, yaitu pendidik di SD Patra Dharma 3 Balikpapan, mengaku lebih fit setelah dua minggu menerima vaksin Covid-19. Dia mendorong rekannya sesama guru agar memastikan kondisi kesehatan masing-masing agar memenuhi syarat vaksinasi.

“Vaksinasi sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Kita juga harus tetap menjalankan protokol Kesehatan meski sudah divaksinasi,” kata Warso.

Warso juga mengharapkan pembelajaran tatap muka terbatas bisa dilakukan secara aman dan sesuai prosedur kesehatan yang berlaku. Dia menegaskan sekolah harus memenuhi daftar periksa dan orangtua diberikan keleluasaan untuk mengambil keputusan.

“Kolaborasi seluruh pemangku kepentingan sangat menentukan dalam pengambilan keputusan yang tepat sebelum pembelajaran tatap muka terbatas dimulai,” kata Warso.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengatakan pihaknya telah melakukan vaksinasi kepada 3.600 PTK. Penerima vaksinasi mencakup PTK mulai dari PAUD, TK, SLB, SD, serta Madrasah Ibtidaiyah (MI) di bawah binaan Kementerian Agama.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

168.082 Pelanggan PLN di NTT Telah Menikmati Listrik Kembali

Sebanyak 1.115 unit gardu berhasil dioperasikan kembali dan sebanyak 168.082 pelanggan PLN telah menikmati listrik kembali hingga Rabu (7/4/2021)

NASIONAL | 8 April 2021

Curi Barang Bukti Korupsi Berupa Emas 1,9 Kg, Pegawai KPK Dipecat

Sebagian dari emas yang dicuri tersebut kemudian digadaikan IGAS.

NASIONAL | 8 April 2021

Jokowi Yakin PKB Dapat Terus Junjung Toleransi Beragama dan Kerukunan

"Sebagai partai yang ahlussunnah wal jamaah, saya meyakini PKB tidak kendor untuk terus menyemai nilai-nilai moderat".

NASIONAL | 8 April 2021

Wakil Ketua Komisi X DPR: Guru Harus Jadi Prioritas Vaksin Covid-19

Indonesia adalah satu dari empat negara di kawasan timur Asia dan Pasifik yang belum melakukan pembelajaran tatap muka secara penuh.

NASIONAL | 8 April 2021

Mantan Menpora Imam Nahrawi Diisolasi Usai Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Menurut Elly, Imam akan menjalani isolasi selama 14 hari sesuai dengan protokol yang berlaku.

NASIONAL | 8 April 2021

Jokowi Berterima Kasih kepada Ulama yang Bantu Pemerintah

Ia berterima kasih atas peranan dan dukungan para kyai dan alim ulama dalam membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 dan menjaga kerukunan masyarakat.

NASIONAL | 8 April 2021

Mendikbud Pastikan Vaksinasi Guru di Daerah Dipercepat

Tujuan kunjungan kerja itu adalah untuk memastikan vaksinasi Covid-19 kepada guru/pendidik dan tenaga kependidikan bisa dipercepat.

NASIONAL | 8 April 2021

Dua Kapal Penumpang Karam Akibat Siklon Tropis Seroja di NTT

"Laporan sementara ada dua kapal penumpang yang karam karena gelombang dan angin kencang pada saat NTT dilanda badai siklon tropis Seroja melanda NTT," katanya

NASIONAL | 8 April 2021

Sejak 2020, KPK Sudah Dorong Pengelolaan Taman Mini Diserahkan ke Setneg

KPK, kata Ipi berkomitmen terus mendampingi kementerian, lembaga dan BUMN di tingkat pusat maupun pemerintah daerah terkait pengelolaan aset negara.

NASIONAL | 8 April 2021

Masyarakat Kota Palu Serbu Pasar Murah Ramadan

Hari pertama pemerintah memberi subsidi bagi komoditi itu sehingga Bulog menjualnya dengan harga hanya Rp 10.000/kg.

NASIONAL | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS