Thendri Supriatno: Anugerah ISDA 2021 Memiliki Sisi Strategis
Logo BeritaSatu

Thendri Supriatno: Anugerah ISDA 2021 Memiliki Sisi Strategis

Kamis, 8 April 2021 | 19:18 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Menjelang digelarnya Indonesian SDGs Award (ISDA) 2021 pada bulan Agustus mendatang, Corporate Forum for CSR Development (CFCD) pada Kamis (8/4/2021) terlebih dahulu menggelar peluncuran ISDA 2021 yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dalam acara yang digelar secara offline dan online tersebut, Ketua Pengarah Suharman Noerman menyatakan bahwa ISDA tahun ini merupakan ISDA yang ke-IV hasil kerja sama antara CFCD dengan Kementerian PPN/Bappenas sebagai lead sector dalam SDGs di Indonesia serta kerja sama dengan kementerian terkait dan lembaga pegiat Sustainable Development Goals (SDGs) lainnya.

Bertemakan "Peran Serta Korporasi dan Stakeholders Dalam Pembangunan Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Bangsa", ISDA 2021 menurut ketua tim penilai Hardinsyah akan jauh lebih berkualitas dibandingkan ISDA tahun-tahun sebelumnya.

"Ada 3 kategori yang diperlombakan dalam ISDA 2021 yang meliputi kategori SDGs korporasi yang berisi 17 goals dan 34 program, kategori CSR/CID program yang berisi 16 goals dan 30 program serta kategori perseorangan dengan 4 level yang meliputi level direksi, level general manager, level manajer serta level mitra atau local hero," ungkap Hardinsyah.

Sementaar itu Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno berpendapat bahwa penganugerahan ISDA 2021 memiliki sisi strategis dalam kemajuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Dengan penghargaan yang diterima maka dapat mendorong sebuah korporasi untuk berupaya secara sungguh-sungguh berperan didalam peningkatan kualitas hidup masyarakat dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan", urai Thendri.

Thendri menambahkan dengan adanya komitmen pemimpin dunia atas SDGs sebagai tindak lanjut dari Millenium Development Goals (MDGs) pada awal tahun 2016 maka pemimpin bisnis secara global maupun di Indonesia juga dapat beradaptasi dan berkomitmen untuk berpartisipasi pada tujuan pembangunan berkelanjutan dengan maksud mulia.

Digelarnya ISDA 2021 bagi Kementerian ESDM menurut Andri Budiman Firmanto selaku Koordinator pengawasan eksplorasi mineral sangatlah penting mengingat anugerah ISDA yang didapat korporasi dapat mendorong dan meningkatkan pelaku usaha tambang untuk lebih berbagai kepada masyarakat disekitar lokasi pertambangan.

Hal senada juga dikatakan asisten deputi TJSL dari Kementerian BUMN Agus Suharyono terkait sisi positif dari penyelenggaraan ISDA 2021. "Untuk memberdayakan masyarakat disekitar korporasi bahkan di tahun 2021, Kementerian BUMN akan mengajak seluruh perusahaan di bawah BUMN untuk belajar CSR paradigma baru yang telah menerapkan ISO 26000," ungkap Agus.

Dalam launching ISDA 2021, sejumlah pembicara lainnya seperti koordinator tim ahli sekretariat nasional Bappenas Nina Sardjunani serta Deputi bidang koordinasi kerja sama ekonomi internasional Kemko Perekonomian Rizal Affandi Lukman juga turut hadir secara online untuk memberikan pandangannya terkait pelaksanaan ISDA 2021 menjadi kian baik.

Seperti diketahui sebelumnya CFCD yang didirikan pada tahun 2002 lalu adalah perhimpunan perusahaan yang aktif dalam diskursus dan kemajuan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Sustainability di Indonesia.

CFCD memiliki visi menjadi pusat jejaring kerja multi stakeholder networking dan pembelajaran CSR serta Community Development yang terkemuka. Adapun misi CFCD adalah membangun kesadaran komitmen perusahaan dalam menyelenggarakan tanggung jawab sosial dalam upaya bersama memberdayakan masyarakat dilingkar perusahaan secara berkelanjutan.

Selama 19 tahun berkiprah, CFCD telah banyak mewarnai pemikiran dan praktek CSR di Indonesia melalui penyelenggaraan training, seminar, asistensi, konsultasi dan advokasi kepada dunia usaha.

Untuk mengapresiasi dunia usaha atas kinerja CSR dan sustainability, CFCD memiliki dua ajang anugerah prestisius yaitu Indonesia CSR Award (ICA) dan Indonesia SDGs Award (ISDA). Dua ajang ini sudah dilakukan oleh CFCD secara berkesinambungan semenjak tahun 2005 silam.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Indonesia Perlu Dorong Lahirnya Pengusaha Baru Melalui Kampus

Indonesia perlu terus menambah jumlah entrepreneurnya agar bisa keluar dari perangkap negara berpenghasilan menengah menjadi berpenghasilan tinggi. Pasalnya, para entrepreneur tersebut berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja, yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kinerja perekonomian suatu negara

NASIONAL | 8 April 2021

Terbitkan SE Larangan Mudik 2021, Satgas Cegah Peningkatan Penularan Covid-19

Pelanggaran Surat Edaran larangan mudik akan dikenakan sanksi denda, sanksi sosial, kurungan dan atau pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

NASIONAL | 8 April 2021

Kemhub Terbitkan Aturan Larangan Mudik

Kebijakan larangan mudik labaran dikeluarkan melalui rapat tingkat menteri dan setelah itu melalui sidang kabinet paripurna pada 7 April 2021.

NASIONAL | 8 April 2021

Jalan Tol Danowudu-Bitung Beroperasi Penuh pada Oktober 2021

Tersambungnya jalan tol ini akan mendukung kelancaran logistik dan mobilitas masyarakat di Sulawesi Utara.

NASIONAL | 8 April 2021

Capai Kesetaraan Gender Lewat Kebijakan dan Perubahan Norma

Meskipun sudah ada kebijakan pengarusutamaan gender, namun masih ada aturan-aturan yang berlawanan dan berpotensi menghambat pencapaian kesetaraan gender.

NASIONAL | 8 April 2021

Intensitas Siklon Tropis Seroja Meningkat, Empat Provinsi Ini Diminta Waspada

Keempat wilayah yang harus mewaspadai dampak dari adanya Siklon Tropis Seroja meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

NASIONAL | 8 April 2021

Kemdagri: Intoleransi Jadi Tantangan Terbesar Pancasila

Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menyatakan, intoleransi masih menjadi ancaman terbesar bagi Pancasila.

NASIONAL | 8 April 2021

Polemik Tambang Batu Bara, Warga Rantau Pandan Gelar Unjuk Rasa

Ratusan warga dari Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi melaksanakan aksi unjuk rasa dengan melakukan blokade jalan tambang.

NASIONAL | 8 April 2021

Larangan Mudik Lebaran, Puan: Pemerintah Jangan Bikin Bingung Masyarakat

Masyarakat masih bertanya-tanya mengapa mudik dilarang, tetapi tempat wisata diizinkan buka meski tetap ada pembatasan.

NASIONAL | 8 April 2021

Danone Bagikan Ribuan Botol Air Mineral Bantu Korban Bencana NTT

Danone Indonesia menyalurkan bantuan berupa ribuan produk air minum Aqua yang diserahkan secara simbolis oleh perwakilan subdistributor Aqua di NTT.

NASIONAL | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS