Aktor Ramon Y Tungka Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan
Logo BeritaSatu

Aktor Ramon Y Tungka Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Kamis, 8 April 2021 | 19:19 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Aktor Ramon Y Tungka menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Ini dibuktikan Ramon dengan mengajak masyarakat menanam pohon di tiga candi kawasan DI Yogyakarta, yakni Sambisari, Banyunibo dan Barong. Namun, mengingat pandemi virus corona belum usai, masyarakat tidak bisa langsung menanamnya di lokasi.

Melainkan menitipkan bibit yang nantinya akan ditanam dari penyelenggara acara, Candi Darling From Home (CDFH).

Ramon mengakui kepedulian lingkungan dan pelestarian cagar budaya di Indonesia memang agak sedikit menurun di tengah pandemi. Terlebih saat adanya pandemi yang mengharuskan lokasi-lokasi candi yang biasa dijadikan lokasi wisata ditutup.

"Banyak candi yang terbengkalai. Bersyukur melalui program penghijauan yang menyasar candi dan situs budaya yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation ini menjadi momen kita untuk tetap sadar lingkungan dan juga beberapa situs budaya yang ada," ungkap Ramon jumpa pers lembaga Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) meluncurkan kegiatan 'Candi Darling From Home' yang diselenggarakan secara daring, Kamis (8/4/2021).

Ditambahkannya, sebelum mengikuti program ini, pria kelahiran Surabaya 2 Juni 1984 itu diberi kesempatan untuk mengunjungi lokasi candi yang akan disasar dalam program penghijauan Candi Darling From Home. Ramon melihat candi-candi tersebut terlihat gersang dan kurang hijau.

Oleh sebab itu, dirinya sepakat pemilihan 3 candi yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong menjadi lokasi penghijauan program Siap Sadar Lingkungan ini.

"Ini merupakan pilihan yang tepat buat kita melestarikan warisan budaya kita. Melalui program ini selain akan membuat lingkungan candi menjadi asri, akan bisa membuat lingkungan candi kita layak dijadikan lokasi wisata. Makanya cocok kalo program ini juga dilakukan generasi milenial yang akan memimpin bangsa kedepannya," tambah Ramon.

Dalam kesempatan ini, sebagai aktivis lingkungan yang peduli akan kelestarian alam, Ramon juga berharap masyarakat memelihara lingkungan yang bisa dijadikan postingan untuk menanam bibit pohon.

"Mengurangi botol plastik dan diganti tumblr atau menggunakan transportasi umum, juga menjadi salah satu cara kita mengurangi polusi yang membuat kelestarian lingkungan akan tetap terjaga. Ini harus dimiliki generasi kita kalau mau bangsa kita akan tetap asri dan hijau di masa depan," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jokowi Kirimkan 28.000 Sembako untuk Korban Bencana NTT dan NTB

Sebanyak 5.000 paket sembako tahap pertama telah berhasil diberangkatkan ke lokasi bencana.

NASIONAL | 8 April 2021

Thendri Supriatno: Anugerah ISDA 2021 Memiliki Sisi Strategis

Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno berpendapat bahwa penganugerahan ISDA 2021 memiliki sisi strategis dalam kemajuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

NASIONAL | 8 April 2021

Indonesia Perlu Dorong Lahirnya Pengusaha Baru Melalui Kampus

Indonesia perlu terus menambah jumlah entrepreneurnya agar bisa keluar dari perangkap negara berpenghasilan menengah menjadi berpenghasilan tinggi. Pasalnya, para entrepreneur tersebut berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja, yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kinerja perekonomian suatu negara

NASIONAL | 8 April 2021

Terbitkan SE Larangan Mudik 2021, Satgas Cegah Peningkatan Penularan Covid-19

Pelanggaran Surat Edaran larangan mudik akan dikenakan sanksi denda, sanksi sosial, kurungan dan atau pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

NASIONAL | 8 April 2021

Kemhub Terbitkan Aturan Larangan Mudik

Kebijakan larangan mudik labaran dikeluarkan melalui rapat tingkat menteri dan setelah itu melalui sidang kabinet paripurna pada 7 April 2021.

NASIONAL | 8 April 2021

Jalan Tol Danowudu-Bitung Beroperasi Penuh pada Oktober 2021

Tersambungnya jalan tol ini akan mendukung kelancaran logistik dan mobilitas masyarakat di Sulawesi Utara.

NASIONAL | 8 April 2021

Capai Kesetaraan Gender Lewat Kebijakan dan Perubahan Norma

Meskipun sudah ada kebijakan pengarusutamaan gender, namun masih ada aturan-aturan yang berlawanan dan berpotensi menghambat pencapaian kesetaraan gender.

NASIONAL | 8 April 2021

Intensitas Siklon Tropis Seroja Meningkat, Empat Provinsi Ini Diminta Waspada

Keempat wilayah yang harus mewaspadai dampak dari adanya Siklon Tropis Seroja meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

NASIONAL | 8 April 2021

Kemdagri: Intoleransi Jadi Tantangan Terbesar Pancasila

Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menyatakan, intoleransi masih menjadi ancaman terbesar bagi Pancasila.

NASIONAL | 8 April 2021

Polemik Tambang Batu Bara, Warga Rantau Pandan Gelar Unjuk Rasa

Ratusan warga dari Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi melaksanakan aksi unjuk rasa dengan melakukan blokade jalan tambang.

NASIONAL | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS