Masa Pandemi, Masyarakat Masih Sangat Butuh BST
Logo BeritaSatu

Masa Pandemi, Masyarakat Masih Sangat Butuh BST

Kamis, 8 April 2021 | 19:47 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Sosial (Kemsos) memastikan program bantuan sosial tunai (bansos tunai/BST) hanya sampai April 2021. Padahal, sebagian besar masyarakat yang terdampak Covid-19 masih membutuhkan BST.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan BST tidak akan diperpanjang lagi setelah April. Menurutnya, pemerintah sudah tidak memiliki anggaran lagi untuk memperpanjang program ini. Hal itu diungkapkan Tri Rismaharini dalam berbagai kesempatan.

"Kita (pemerintah) sudah tidak punya anggaran untuk itu (BST). Ditambah kasus Covid-19 di Indonesia yang sudah setahun berlangsung kita nilai sudah mulai melandai dengan diterapkannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Masyarakat dinilai sudah bisa melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, maka BST kemungkinan tidak dilanjutkan," tutur Risma.

Sementara itu, Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemkeu), Purwanto menjelaskan, pihaknya bisa menyiapkan anggaran selama ada usulan anggaran dari Mensos Risma.

"Tinggal tergantung Ibu Mensos. Kalau mengajukan tambahan anggaran ke Menkeu (Sri Mulyani Indrawati), kami proses, atau menunggu arahan dari Presiden. Dan secara prinsip disampaikan oleh menteri yang bertanggung jawab. Nanti diusulkan ke Menkeu, apakah Bu Mensos sendiri, atau dibahas secara internal bersama presiden. Nanti kami hanya menyiapkan saja. Semuanya harus dirapatkan, dan sejauh pengetahuan saya belum ada pembahasan terkait hal itu," ungkap Purwanto menanggapi usulan penghentian BST oleh pemerintah itu.

Anggota Komisi VIII DPR Hidayat Nur Wahid menyayangkan sikap Risma yang menghentikan BST. Alasan tidak ada anggaran dinilai kurang relevan. Sebab, pemerintah menyiapkan anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang meningkat mencapai Rp 700 triliun sepanjang 2021. Namun, sebanyak Rp 125 triliun di antaranya diperuntukkan untuk modal BUMN.

"Mensos seharusnya punya daya juang dan memaksimalkan kemampuan blusukan-nya untuk membela rakyat sesuai dengan prinsip yang selalu digaungkan Presiden Jokowi, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Jangan malah mengesankan pasrah, menerima saja, dan diekspresikan ke publik pula," ujar Hidayat.

"Kita berharap bu Risma untuk mencabut keputusan sepihaknya itu, dan memaksimalkan kemampuan blusukan-nya ke Menkeu untuk mendapatkan keadilan anggaran guna melanjutkan program BST kepada masyarakat terdampak Covid-19, karena program BST memberikan dampak dalam meningkatkan daya beli dan kesejahteraan rakyat. BST juga berdampak pada pemulihan ekonomi dan sosial," ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Rencana penghentian program BST yang akan dilakukan pemerintah ditanggapi masyarakat dengan kekecewaan. Lantaran sebagian keluarga penerima manfaat (KPM) menganggap dana dari BST juga sangat membantu untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari. Sebab, masih banyak KPM yang masih belum mendapatkan pekerjaan kembali akibat dampak dari pandemi Covid-19.

"Yang jelas sedih kalau benar BST yang biasa kita terima dihentikan pemerintah. Karena saya sekarang enggak kerja dan belum bisa mendapatkan kerja lagi karena banyak perusahaan yang masih kesulitan akibat pandemi. Kalau bisa BST kembali diperpanjang. Setidaknya sampai Lebaran. Semoga pemerintah bisa mengetahui dan mengabulkan permintaan kami," tandas Artini, salah satu KPM asal Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Stok Pangan Cukup, Polri Bakal Tindak Tegas Penimbun

Bareskrim Polri memastikan, stok pangan selama bulan Ramadan hingga Lebaran cukup.

NASIONAL | 8 April 2021

Kemdikbud: 746.000 Guru Sudah Divaksin Tahap Pertama

Kemdikbud nyatakan jumlah guru dan tenaga kependidikan (PTK) yang sudah menerima vaksin Covid-19 tahap pertama sampai Kamis (8/4/2021) sebanyak 746.896 orang.

NASIONAL | 8 April 2021

Kemkes: Vaksin Barang Langka tapi Guru Tetap Prioritas

Pemerintah akan tetap menjadikan guru/pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) sebagai prioritas penerima vaksin.

NASIONAL | 8 April 2021

Aktor Ramon Y Tungka Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Ramon mengakui kepedulian lingkungan dan pelestarian cagar budaya di Indonesia memang agak sedikit menurun di tengah pandemi.

NASIONAL | 8 April 2021

Jokowi Kirimkan 28.000 Sembako untuk Korban Bencana NTT dan NTB

Sebanyak 5.000 paket sembako tahap pertama telah berhasil diberangkatkan ke lokasi bencana.

NASIONAL | 8 April 2021

Thendri Supriatno: Anugerah ISDA 2021 Memiliki Sisi Strategis

Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno berpendapat bahwa penganugerahan ISDA 2021 memiliki sisi strategis dalam kemajuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

NASIONAL | 8 April 2021

Indonesia Perlu Dorong Lahirnya Pengusaha Baru Melalui Kampus

Indonesia perlu terus menambah jumlah entrepreneurnya agar bisa keluar dari perangkap negara berpenghasilan menengah menjadi berpenghasilan tinggi. Pasalnya, para entrepreneur tersebut berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja, yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kinerja perekonomian suatu negara

NASIONAL | 8 April 2021

Terbitkan SE Larangan Mudik 2021, Satgas Cegah Peningkatan Penularan Covid-19

Pelanggaran Surat Edaran larangan mudik akan dikenakan sanksi denda, sanksi sosial, kurungan dan atau pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

NASIONAL | 8 April 2021

Kemhub Terbitkan Aturan Larangan Mudik

Kebijakan larangan mudik labaran dikeluarkan melalui rapat tingkat menteri dan setelah itu melalui sidang kabinet paripurna pada 7 April 2021.

NASIONAL | 8 April 2021

Jalan Tol Danowudu-Bitung Beroperasi Penuh pada Oktober 2021

Tersambungnya jalan tol ini akan mendukung kelancaran logistik dan mobilitas masyarakat di Sulawesi Utara.

NASIONAL | 8 April 2021


TAG POPULER

# KRI Nanggala


# Larangan Mudik


# EDC Cash


# Joseph Paul Zhang


# SIKM



TERKINI

Pembangunan KIT Batang Klaster 1 Fase 1 Ditargetkan Rampung Tahun Ini

EKONOMI | 10 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS