Mensos Kembali Kunjungi Dua Lokasi di NTT
Logo BeritaSatu

Mensos Kembali Kunjungi Dua Lokasi di NTT

Kamis, 8 April 2021 | 22:16 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Sumba Barat, Beritasatu.com - Untuk memastikan bantuan tersalurkan kepada warga terdampak banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT), Menteri Sosial Tri Rismaharini tak kenal lelah kembali kunjungi dua lokasi di NTT.

Dua lokasi tersebut yakni pos pengungsian di Waipare, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka dan Bandara Tambaloka, Kabupaten Sumba Barat Daya, pada Kamis (8/4/2021). Penerbangan ditempuh selama tiga jam dari Jakarta menuju Maumere, Kabupaten Sikka.

Setibanya di posko pengungsian, Mensos Risma melihat langsung kondisi warga para pengungsi terutama mengecek kebutuhan anak-anak dan bayi terpenuhi.

"Ternyata ada kebutuhan yang diminta tidak ada dalam daftar bantuan yang diangkut pada saat ini. Saya belanja dulu, soalnya pas ke sini tidak bawa barang-barang yang untuk anak-anak seperti popok dan lainnya," kata Mensos Risma dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com, Kamis (8/4/2021)

Usai dari Posko Pengungsian di Waipare Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka, Mensos dan rombongan bertolak menuju Kabupaten Sumba Barat Daya untuk menurunkan barang bantuan logistik yang akan dikirimkan ke wilayah terdampak parah terdampak banjir. Perjalanan dari Maumere ke Sumba Barat Daya ditempuh menggunakan pesawat Boeing 737 selama sekitar setengah jam.

"Tadi kita paksakan ke sini, karena barang kita sebenarnya sudah dikirim sampai Kupang sejak hari Minggu, tapi tidak bisa terbang ke Sumba Timur. Jadi itu lah kami bawa barang-barang (bantuan) ke Sumba Barat Daya ini," terangnya.

Ia mengatakan, sebagian bantuan logistik yang turut dibawa di dalam pesawat yang ia tumpangi tersebut akan dilanjutkan untuk dikirim ke Kabupaten Sumba Timur.

Sementara itu usai dari Bandara Tambaloka, Mensos bermalam di Larantuka untuk persiapan menuju Adonara melalui jalur laut besok, Jumat (9/4/2021).

"Di sini bandara tidak bisa pesawat terbang ke Adonara, sedangkan besok pagi kita harus terbang ke Adonara. Malam ini akan nginep di Larantuka, pagi kita nyeberang (ke Adonara)," pungkas Mensos.

Dalam kunjungan, Mensos didampingi perwakilan dari startup penggalangan donasi kitabisa.com Alfatih Timur dan perwakilan dari kreator konten Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Rachel Vennya, Keanu, dan Fadil Jaidi. Perwakilan dari dunia usaha dan para kreator konten ini diharapkan dapat menggalang partisipasi masyarakat untuk turut membantu warga terdampak bencana secara lebih luas.

Kementerian Sosial terus salurkan bantuan kepada warga terdampak bencana di NTT dalam tiga tahap.

Adapun per tanggal 8 April 2021, bantuan logistik tahap pertama disalurkan senilai Rp672.056.695; tahap kedua total nilai Rp 672.000.000; dan tahap ketiga Rp 2.070.000.000.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kolaborasi USG dan FlyBest Siap Hasilkan Pilot Andal

USG dan Flybest meluncurkan konsep baru pendidikan pilot yakni integrasi program "Bachelor of Business Aviation Management" dan "Pilot License".

NASIONAL | 8 April 2021

Mahfud MD: Pemerintah Buru Aset BLBI

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, fokus pemerintah saat ini adalah memburu aset-aset yang berkaitan dengan kasus BLBI setelah KPK menghentikan kasus tersebut

NASIONAL | 8 April 2021

Bencana Alam NTT, TNI-Polri Fokus Evakuasi Korban dan Kirim Bantuan

Polri juga memberikan bahan pokok berupa beras tujuh ton, air mineral, alas tidur, selimut, handuk, sarung, serta makanan lain yang diperlukan.

NASIONAL | 8 April 2021

Terlilit Utang Jadi Motif Pegawai KPK Curi 1,9 Kg Emas Rampasan Perkara Korupsi

Dewas KPK menjatuhkan sanksi etik berat berupa pemberhentian secara tidak hormat kepada salah satu pegawai di lembaga itu karena mencuri emas batangan

NASIONAL | 8 April 2021

Kemdikbud: Sekolah Harus Punya Ruang Isolasi dan Terapkan Lockdown jika Ada Penularan

Sekolah harus menyiapkan infrastruktur yang memadai sebelum memulai sekolah tatap muka.

NASIONAL | 8 April 2021

Update Korban Bencana di NTT, 163 Orang Meninggal dan 45 Masih Hilang

Korban terbanyak di Adonara sebanyak 71 meninggal dunia dan 5 hilang, Lembata 43 meninggal dan 25 hilang, serta Alor 27 meninggal dan 14 hilang.

NASIONAL | 8 April 2021

Dewas KPK Tak Akan Anulir Penghentian Penyidikan BLBI Sjamsul Nursalim

Tumpak Hatorangan Panggabean memastikan Dewas KPK tidak akan menganulir penerbitan SP3 Sjamsul Nursalim dan istri.

NASIONAL | 8 April 2021

Sidang Perdana Edhy Prabowo Tunggu Jadwal Pengadilan

KPK telah melimpahkan berkas perkara dugaan suap izin ekspor benih bening lobster atau benur dengan terdakwa Edhy Prabowo ke Pengadilan Tipikor Jakarta

NASIONAL | 8 April 2021

Soal Pengganti Artidjo Alkostar, Dewas KPK Masih Tunggu Jokowi

Tunggu Presiden Joko Widodo cari pengganti anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar yang telah meninggal dunia.

NASIONAL | 8 April 2021

Berkat Pesan Whatsapp BMKG, Kampung Nelayan Ini Selamat dari Siklon Seroja

Sejumlah nelayan di Kampung Nelayan Oesapa, masih sempat mengungsikan warga kampung ke gedung sekolah dan memindahkan perahu berkat pesan WhatsApp BMKG.

NASIONAL | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS