Masa Lebaran 2021, Pelabuhan Merak Tidak Layani Penumpang Mudik
Logo BeritaSatu

Masa Lebaran 2021, Pelabuhan Merak Tidak Layani Penumpang Mudik

Kamis, 8 April 2021 | 23:20 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Banten, Beritasatu.com - Pemberlakuan pelarangan mudik dimasa libur Idulfitri 1442 H yang akan berlangsung Mei 2021 mendatang membuat Pelabuhan Merak, Banten tidak akan melayani perjalanan penumpang yang akan mudik ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa.

Namun begitu, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak akan tetap buka melayani penyeberangan, namun hanya truk pengangkut sembako dan kendaraan khusus saja yang dibolehkan menyeberang.

"Kami dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak tidak melayani penyeberangan orang selama musim libur lebaran 2021. Ini sebagai upaya kami mencegah masyarakat yang melakukan mudik lebaran sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masa pandemi," ungkap GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (8/4/2021).

Sementara Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin menyampaikan bahwa pihaknya mematuhi kebijakan pemerintah terkait larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang, termasuk menutup penyeberangan orang di pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Prinsipnya kami akan mematuhi kebijakan Pemerintah terkait larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Saat ini kami masih menunggu finalisasi dari Peraturan Menhub (Permenhub) Pengendalian Transportasi pada masa Idul Fitri 2021. Kami segera akan menghentikan/menutup pelayanan online ticketing pada sistem ferizy untuk penumpang pejalan kaki, kendaraan golongan I, II, II, IVa, Va, dan VIa pada tanggal 6-17 Mei 2021," lanjutnya.

Adapun untuk menyukseskan pemberlakuan pelarangan mudik, Polda Banten akan melakukan pengamanan di Pelabuhan Merak dibantu Dinas Perhubungan, BPTD Banten, ASDP Merak, dan pengelola Tol Tangerang-Merak. Selain itu mereka juga akan mengaktifkan lokasi check point untuk penyekatan pemudik baik di tol Tangerang-Merak dan jalur arteri di Provinsi Banten.

"Dalam pengaman lebaran tahun ini, kami akan membentuk pos cek point pada titik mudik sebagai dukungan program pemerintah tentang larangan mudik.Kita rencanakan akan membentuk 8 pos checkpoint untuk penyekatan pemudik agar tidak menyeberang ke Sumatera atau pulang kampung ke wilayah Banten," tandas Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemdikbud: Uji Coba Sekolah Tatap Muka Bisa Mantapkan Izin Orangtua

Jumeri mendorong dilakukan uji coba sekolah tatap muka agar orangtua merasa lebih mantap.

NASIONAL | 8 April 2021

UTBK-SBMPTN Digelar 12-18 April di UI dan 73 Pusat Lainnya

UTBK-SBMPTN gelombang pertama akan digelar pada 12-18 April 2021 di Universitas Indonesia (UI) kampus Depok dan 73 pusat UTBK lainnya.

NASIONAL | 8 April 2021

Mensos Kembali Kunjungi Dua Lokasi di NTT

Setibanya di posko pengungsian, Mensos Risma melihat langsung kondisi warga para pengungsi terutama mengecek kebutuhan anak-anak dan bayi terpenuhi.

NASIONAL | 8 April 2021

Kolaborasi USG dan FlyBest Siap Hasilkan Pilot Andal

USG dan Flybest meluncurkan konsep baru pendidikan pilot yakni integrasi program "Bachelor of Business Aviation Management" dan "Pilot License".

NASIONAL | 8 April 2021

Mahfud MD: Pemerintah Buru Aset BLBI

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, fokus pemerintah saat ini adalah memburu aset-aset yang berkaitan dengan kasus BLBI setelah KPK menghentikan kasus tersebut

NASIONAL | 8 April 2021

Bencana Alam NTT, TNI-Polri Fokus Evakuasi Korban dan Kirim Bantuan

Polri juga memberikan bahan pokok berupa beras tujuh ton, air mineral, alas tidur, selimut, handuk, sarung, serta makanan lain yang diperlukan.

NASIONAL | 8 April 2021

Terlilit Utang Jadi Motif Pegawai KPK Curi 1,9 Kg Emas Rampasan Perkara Korupsi

Dewas KPK menjatuhkan sanksi etik berat berupa pemberhentian secara tidak hormat kepada salah satu pegawai di lembaga itu karena mencuri emas batangan

NASIONAL | 8 April 2021

Kemdikbud: Sekolah Harus Punya Ruang Isolasi dan Terapkan Lockdown jika Ada Penularan

Sekolah harus menyiapkan infrastruktur yang memadai sebelum memulai sekolah tatap muka.

NASIONAL | 8 April 2021

Update Korban Bencana di NTT, 163 Orang Meninggal dan 45 Masih Hilang

Korban terbanyak di Adonara sebanyak 71 meninggal dunia dan 5 hilang, Lembata 43 meninggal dan 25 hilang, serta Alor 27 meninggal dan 14 hilang.

NASIONAL | 8 April 2021

Dewas KPK Tak Akan Anulir Penghentian Penyidikan BLBI Sjamsul Nursalim

Tumpak Hatorangan Panggabean memastikan Dewas KPK tidak akan menganulir penerbitan SP3 Sjamsul Nursalim dan istri.

NASIONAL | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS