Pratikno Tegaskan TMII Tak Selamanya Dikelola Kemsetneg
Logo BeritaSatu

Pratikno Tegaskan TMII Tak Selamanya Dikelola Kemsetneg

Jumat, 9 April 2021 | 00:05 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan, pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak selamanya berada di tangan Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg).

"Ya memang sesuai dengan perpres yang baru saja terbit itu pengelolaan TMII itu sekarang ditarik dari Yayasan Harapan Kita ke Kemsetneg. Tapi itu tidak berarti selamanya akan dikelola Kemsetneg," kata Pratikno, Kamis (8/4/2021).

Maka dari itu, lanjut Pratikno, pihaknya akan membentuk tim transisi pengambilalihan pengelolaan TMII. Setelah pengelolaannya berada dalam wewenang Kemsetneg, maka akan dicarikan lembaga atau organisasi yang profesional untuk mengelola TMII.

"Sementara ini kita bentuk tim transisi namanya. Transisi untuk pemindahan pengelolaan dari Yayasan Harapan Kita ke Kemsetneg. Tapi tidak berarti akan dikelola Kemsetneg selamanya," ujar Pratikno.

Sebelumnya, Pratikno mengatakan, Kemsetneg akan merumuskan kriteria lembaga atau badan yang tepat dapat mengelola TMII secara profesional. Sehingga TMII dapat kembali memberikan kontribusi kepada keuangan negara secara signifikan

"Dan arahnya adalah ini akan ditunjuk. Nantinya kita meminta tolong salah satu BUMN pariwisata untuk mengelola TMII ini. Jadi dikelola oleh orang yang profesional, lembaga yang profesional. Dan harapannya akan jauh lebih baik dan memberikan kontribusi kepada keuangan negara," terang Pratikno.

Seperti diketahui, Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg) secara resmi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita yang telah mengelola ikon wisata Indonesia itu selama 44 tahun.

Pengambilalihan tersebut dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) 19/2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Yayasan Harapan Kita merupakan organisasi yang didirikan oleh mendiang istri Presiden ke-2 RI Soeharto, Tien Soeharto. Yayasan itu mengelola TMII sejak 1977.

Setelah hampir 44 tahun dikelola oleh Yayasan Harapan Kita dan tidak memberikan kontribusi kepada keuangan negara, terdapat rekomendasi dari para pemangku kepentingan, terutama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), untuk meningkatkan optimalisasi pengelolaan agar menjadi lebih efektif dan memberikan kontribusi signifikan kepada negara.

Merujuk pada Keppres Nomor 51 Tahun 1977, TMII adalah milik Negara Republik Indonesia yang pengelolaannya dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita. TMII berada di kawasan strategis di Jakarta Timur, dengan luas 1.467.704 meter persegi, beserta bangunan di atasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pratikno Bantah Jokowi Akan Bentuk Yayasan Keluarga untuk Kelola TMII

Pratikno membantah kabar yang menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membentuk yayasan keluarga untuk mengelola TMII

NASIONAL | 8 April 2021

Masa Lebaran 2021, Pelabuhan Merak Tidak Layani Penumpang Mudik

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak hanya melayani truk pengangkut sembako dan kendaraan khusus saja untuk menyeberang.

NASIONAL | 8 April 2021

Kemdikbud: Uji Coba Sekolah Tatap Muka Bisa Mantapkan Izin Orangtua

Jumeri mendorong dilakukan uji coba sekolah tatap muka agar orangtua merasa lebih mantap.

NASIONAL | 8 April 2021

UTBK-SBMPTN Digelar 12-18 April di UI dan 73 Pusat Lainnya

UTBK-SBMPTN gelombang pertama akan digelar pada 12-18 April 2021 di Universitas Indonesia (UI) kampus Depok dan 73 pusat UTBK lainnya.

NASIONAL | 8 April 2021

Mensos Kembali Kunjungi Dua Lokasi di NTT

Setibanya di posko pengungsian, Mensos Risma melihat langsung kondisi warga para pengungsi terutama mengecek kebutuhan anak-anak dan bayi terpenuhi.

NASIONAL | 8 April 2021

Kolaborasi USG dan FlyBest Siap Hasilkan Pilot Andal

USG dan Flybest meluncurkan konsep baru pendidikan pilot yakni integrasi program "Bachelor of Business Aviation Management" dan "Pilot License".

NASIONAL | 8 April 2021

Mahfud MD: Pemerintah Buru Aset BLBI

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, fokus pemerintah saat ini adalah memburu aset-aset yang berkaitan dengan kasus BLBI setelah KPK menghentikan kasus tersebut

NASIONAL | 8 April 2021

Bencana Alam NTT, TNI-Polri Fokus Evakuasi Korban dan Kirim Bantuan

Polri juga memberikan bahan pokok berupa beras tujuh ton, air mineral, alas tidur, selimut, handuk, sarung, serta makanan lain yang diperlukan.

NASIONAL | 8 April 2021

Terlilit Utang Jadi Motif Pegawai KPK Curi 1,9 Kg Emas Rampasan Perkara Korupsi

Dewas KPK menjatuhkan sanksi etik berat berupa pemberhentian secara tidak hormat kepada salah satu pegawai di lembaga itu karena mencuri emas batangan

NASIONAL | 8 April 2021

Kemdikbud: Sekolah Harus Punya Ruang Isolasi dan Terapkan Lockdown jika Ada Penularan

Sekolah harus menyiapkan infrastruktur yang memadai sebelum memulai sekolah tatap muka.

NASIONAL | 8 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS