Pascagempa Malang, Gubernur Jatim Minta Rehabilitasi Masjid Jadi Prioritas
Logo BeritaSatu

Pascagempa Malang, Gubernur Jatim Minta Rehabilitasi Masjid Jadi Prioritas

Minggu, 11 April 2021 | 09:07 WIB
Oleh : JEM

Surabaya, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta rehabilitasi masjid menjadi prioritas usai terjadinya gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Malang pada Sabtu (19/4/2021), sekitar pukul 14.00 WIB.

"Gempa berdampak pada rusaknya sebagian rumah ibadah, termasuk masjid dan musala. Segerakan dilakukan penyelesaiannya karena Senin (12/4) sudah tarawih," ujarnya usai rapat koordinasi membahas penanganan gempa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu (10/4/2021) malam.

Khofifah mengatakan, di awal Ramadan 1442 Hijriah, masyarakat Muslim di Jatim sangat membutuhkan masjid untuk beribadah. Karena itu, bangunan masjid yang rusak harus segera dibenahi.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim hingga Sabtu (10/4/2021) malam, tempat ibadah yang mengalami kerusakan yakni di Kabupaten Malang sebanyak 14 unit, Masjid Baiturohman Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, dua unit masjid di Kabupaten Blitar, dan satu unit masjid di lingkungan BTN Gedog di Kota Blitar.

Kemudian, satu unit masjid di Kabupaten Probolinggo, satu unit masjid dan satu unit musala di Jember, lalu di Tulungagung terdapat dua unit masjid dan dua unit musala.

Gubernur Khofifah juga menyampaikan bahwa rekonstruksi yang berat-berat akan dilakukan berikutnya, sebab saat ini masuk ke tahap tanggap darurat selama 14 hari.

"Tapi, kalau semua sudah dilakukan percepatan maka tidak perlu 14 hari sehingga bisa segera dilakukan rekonstruksi, terutama di daerah yang rusak beratnya signifikan," ucapnya.

Pemprov Jatim, kata dia, akan dibantu prajurit TNI AD dari Batalyon Infanteri 527 beserta personel Polri untuk melakukan proses percepatan rekonstruksi pascabencana.

Terkait pengungsian, dari hasil koordinasi dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq serta Bupati Malang Sanusi, Gubernur Khofifah menjelaskan bahwa telah sama-sama disiapkan, terutama tempat pengungsian berbasis desa.

"Dapur umum juga telah disiapkan di titik-titik yang memang diperlukan," kata mantan Menteri Sosial tersebut.

Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Malang, dengan magnitudo 6,7 yang kemudian diperbarui menjadi magnitudo 6,1 yang berpusat di wilayah Kabupaten Malang, Sabtu, pukul 14.00 WIB, di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 25 kilometer.

Sesuai data dari Pusdalops PB Provinsi Jawa Timur hingga Minggu, 11 April 2021 pukul 01.13 WIB, tercatat korban luka ringan 32 orang, korban luka sedang dua orang, korban luka berat satu orang, rumah rusak ringan 706 unit, rumah rusak sedang 205 unit, rumah rusak berat 79 unit, serta fasilitas umum rusak 119 unit.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Gempa Magnitudo 5,5 Kembali Guncang Malang pada Minggu Pagi

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa tersebut memiliki spektrum guncangan yang luas.

NASIONAL | 11 April 2021

Wanita Cantik Diduga Bandar Sabu-sabu Kelas Kakap di Mataram Dibekuk Polisi

RA yang merupakan ibu dua anak itu mengaku mendapatkan sabu-sabu dari seorang bandar sabu-sabu lainnya berinisial RD yang kini masih diburu petugas.

NASIONAL | 11 April 2021

Besok, Warga Jawa Timur Diminta Waspadai Potensi Longsor dan Banjir Bandang

Hujan tersebut dikhawatirkan dapat memicu longsor pada lereng-lereng rawan dan rapuh akibat gempa bumi siang tadi.

NASIONAL | 10 April 2021

Ditjen Hubdat Hadirkan Kendaraan Uji Keliling di Sulawesi Utara

Kendaraan ini bertujuan untuk mempermudah uji berkala khususnya di daerah yang belum memiliki Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB).

NASIONAL | 10 April 2021

Fasilitas Lengkap, Terminal Tipe A Tangkoko Bitung Serasa Bandara

Melalui BPTD Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara, Ditjen Hubdat melakukan sejumlah pembenahan di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung.

NASIONAL | 10 April 2021

Jelang SBMPTN, LTMPT Minta Peserta Patuhi Aturan dan Protokol Kesehatan di Lokasi Ujian

LTMPT mengimbau siswa untuk mematuhi seluruh peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku guna keamanan dan keselamatan bersama.

NASIONAL | 10 April 2021

Lebih dari 300 Rumah Rusak di Beberapa Wilayah Jatim

Lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat.

NASIONAL | 10 April 2021

Banyak Bencana Alam, Spiritualis Nusantara Anjurkan Selamatan Bumi

Pemerintah diminta menyelamatkan rakyat yang terdampak bencana.

NASIONAL | 12 April 2021

Puan Maharani Resmikan Nama Bandara Muhammad Taufiq Kiemas

Prubahan nama Bandara Pekon Serai ini berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 811 Tahun 2016.

NASIONAL | 10 April 2021

Jaksa Agung Diminta Turun Tangan Atasi Skandal Makelar Kasus Oknum Kejagung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jaksa Agung ST Burhanuddin diminta turun tangan mengatasi dugaan skandal makelar kasus oknum Kejaksaan Agung (Kejagung).

NASIONAL | 10 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS