Logo BeritaSatu

KPK Periksa Direktur Borneo Lumbung Energi & Metal

Senin, 12 April 2021 | 12:00 WIB
Oleh : Fana F Suparman / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa Direktur PT Borneo Lumbung Energi & Metal, Nenie Afwani, Senin (12/4/2021). Nenie diperiksa sebagai saksi kasus dugaan terminasi Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup (PT AKT) di Kementerian ESDM yang menjerat bos PT Borneo Lumbung Energi & Metal, Samin Tan.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SMT (Samin Tan)," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (12/4/2021).

Nama Nenie berulang kali disebutkan dalam sengkarut kasus suap ini. KPK bahkan sempat mencegah Nenie bersama Samin Tan bepergian keluar negeri sejak 14 Maret sampai 14 September 2019 dan diperpanjang untuk enam bulan berikutnya.

Selain Nenie, KPK juga menjadwalkan memeriksa petinggi Borneo Lumbung lainnya, yakni Kennet Raymond Allan dan Karyawan swasta bernama Andreay Hasudungan Aritonga. Keduanya juga diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka Samin Tan.

Diketahui, tim KPK membekuk Samin Tan pada Senin (5/4/2021) lalu. Samin Tan yang ditetapkan sebagai tersangka sejak 1 Februari 2019 masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak April 2020.

Kasus suap yang menjerat Samin Tan bermula pada Oktober 2017. Saat itu, Kementerian ESDM melakukan terminasi atas PKP2B PT Asmin Koalindo Tuhup. Diduga saat itu PT Borneo Lumbung Energi dan Metal milik Samin Tan telah mengakuisisi PT. Asmin Koalindo Tuhup.

Untuk menyelesaikan persoalan terminasi perjanjian karya tersebut, Samin Tan diduga meminta bantuan sejumlah pihak, salah satunya Eni Maulani Saragih yang ketika itu menjabat Wakil Ketua Komisi VII DPR dan anggota Panja Minerba Komisi VII. Eni menyanggupi permintaan Samin Tan dengan mempengaruhi beberapa pihak di Kementerian ESDM, termasuk menggunakan forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII dengan Kementerian ESDM.

Dalam proses penyelesaian tersebut, Eni diduga meminta sejumlah uang kepada Samin Tan untuk keperluan suaminya, Muhammad Al Khadziq untuk mengikuti Pilkada Temanggung. KPK menduga pada Juni 2018 telah terjadi pemberian uang dari tersangka Samin Tan melalui staf tersangka dan tenaga ahli Eni Maulani Saragih di DPR sebanyak dua kali dengan total Rp 5 miliar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022

Disdik Jabar Bantah Ada Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Disdik Jabar membantah adanya diskriminasi terhadap pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai 7 Penyakit Menular

Masyarakat diminta mewaspadai dampak yang timbul dari musim hujan seperti munculnya beberapa penyakit menular.

NEWS | 7 Oktober 2022

Penerbangan Langsung Rute Toraja-Balikpapan Dibuka

Penerbangan langsung atau direct flight Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolri Dukung Penuh Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung sepenuhnya "Gerakan Bangga Buatan Indonesia". 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Kaget Masyarakat Habiskan Rp 100 T Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi mengaku kaget masyarakat Indonesia menghabiskan dana US$ 6 miliar atau hampir Rp 100 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri.

NEWS | 7 Oktober 2022

KPK: Kerugian dari Sektor Kesehatan Capai Rp 821 Miliar

KPK mengungkapkan angka kerugian yang ditimbulkan akibat korupsi di sektor kesehatan menyentuh angka sekitar Rp 821 miliar.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, 20 Personel Polri Diduga Langgar Etik

20 orang personel polisi diduga terlibat pelanggaran etik terkait dengan Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang, Jawa Timur.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Pilih Heru Budi Hartono Gantikan Anies Baswedan

Heru Budi Hartono menjadi penjabat gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir 16 Oktober 2022.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings