Logo BeritaSatu

Survei: Mayoritas PNS Tidak Keberatan Dipimpin Orang yang Berbeda Agama

Minggu, 18 April 2021 | 18:38 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Mayoritas Pegawai negeri Sipil (PNS) tidak keberatan jika orang yang berbeda agama menjadi kepala bagian/divisi, pimpinan kementerian dan lembaga (K/L) atau perangkat daerah.

Dalam hasil survei yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) kepada PNS, diketahui sebanyak 76,9% PNS tidak keberatan jika ada orang yang berbeda agama menjadi pimpinan di K/L.

"Hanya ada 15,1% yang keberatan jika orang yang berbeda agama menjadi kepala bagian atau divisi, atau menjadi pimpinan di kementerian, lembaga, organisasi perangkat daerah," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam rilis survei "Tantangan Reformasi Birokrasi: Persepsi Korupsi, Demokrasi, dan Toleransi di kalangan PNS, di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Dalam survei persepsi atas demokrasi dan toleransi juga diketahui mayoritas responden PNS atau sebesar 82,6% cukup dan sangat setuju bahwa demokrasi meski tidak sempurna adalah bentuk pemerintahan terbaik untuk Indonesia.

"Angka ini tidak berbeda jauh dengan tingkat komitmen dari publik pada umumnya. Namun, mayoritas PNS cukup/sangat setuju sebesar 52,9% memilih pembangunan ekonomi jika harus memilih antara demokrasi dan ekonomi," ujarnya.

Dalam survei juga diketahui, mayoritas PNS juga tidak setuju jika pemerintah memprioritaskan Islam dan adanya penerapan hukum Islam di tingkat lokal. Namun di sisi lain juga ada cukup banyak yang netral atau cenderung setuju.

"Sedangkan tentang pengaruh pemimpin Islam dalam kehidupan politik, mayoritas responden bersikap netral/cenderung setuju," kata Djayadi.

Di sisi lain, mayoritas PNS atau sebanyak 92,5%, kurang setuju/sangat tidak setuju dengan pendapat bahwa wajar jika PNS mendahulukan memberi pelayanan kepada warga yang seagama dengannya.

"Mayoritas PNS kurang setuju/sangat tidak setuju dengan pendapat bahwa wajar jika PNS mendahulukan memberi pelayanan kepada warga yang seagama dengannya," ucapnya.

Dalam survei kali ini, LSI melibatkan sebanyak 1.201 PNS untuk menjadi responden, diwawancarai dalam periode 3 Januari-31 Maret 2021. Untuk populasi PNS yang di survei mencakup 14 provinsi dan menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HUT Ke-77 TNI, PDIP Dorong Peningkatan Kesejahteraan Prajurit

Pada HUT ke-77 TNI, PDIP memberikan dukungan penuh kebijakan Presiden Jokowi untuk meningkatkan profesionalisme TNI dan kesejahteraan prajurit.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Aremania: Bukan Kerusuhan, Ini Kelalaian Semua

Salah satu Aremania menilai tragedi Kanjuruhan bukan kerusuhan melainkan sebuah insiden dan kelalaian semua pihak

NEWS | 5 Oktober 2022

Soal Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Sudah Kontak Presiden FIFA

Presiden Jokowi mengaku sudah berbicara Presiden FIFA, Gianni Infantino terkait tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur yang menewaskan 131 orang.

NEWS | 5 Oktober 2022

KPK Jadwalkan Periksa Anak dan Istri Lukas Enembe Hari Ini

Tim penyidik menjadwalkan memeriksa anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe. Lukas diketahui menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. 

NEWS | 5 Oktober 2022

Perkuat Ekosistem Gambut Berkelanjutan, KLHK Luncurkan IMPLI

KLHK meluncurkan IMPLI sebagai upaya memperkuat pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan ekosistem gambut berkelanjutan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Penampakan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Kompak Pakai Baju Tahanan

Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi kompak mengenakan baju tahanan menjelang pelimpahan berkas perkara dugaan pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Mahfud Targetkan Kurang 3 Minggu TGIPF Tuntas Usut Tragedi Kanjuruhan

Mahfud MD berharap TGIPF dapat mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan dalam waktu kurang dari tiga minggu.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, Jokowi Beri Penghargaan Bintang Jasa untuk 3 Prajurit

Presiden Jokowi memberikan penghargaan tanda kehormatan kepada 3 prajurit TNI yang dinilai telah menjalankan tugasnya melebihi tugas pokok.

NEWS | 5 Oktober 2022

Arkeolog Temukan Tumpukan Koin Emas 1.300 Tahun Lalu di Israel

Tumpukan koin emas tersembunyi selama lebih dari 1.300 tahun telah ditemukan kembali di Israel, menurut para arkeolog.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pengacara Sambo Sebut Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Sudah di Bareskrim

Pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis mengatakan semua tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J, termasuk kliennya telah tiba di Bareskrim Polri.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Aremania: Bukan Kerusuhan, Ini Kelalaian Semua

Tragedi Kanjuruhan, Aremania: Bukan Kerusuhan, Ini Kelalaian Semua

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings