Logo BeritaSatu

Yenny Wahid: Masalah Kamus Sejarah Sudah Selesai

Kamis, 22 April 2021 | 18:57 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau akrab disapa Yenny Wahid, cicit pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari, menyatakan, persoalan Kamus Sejarah Indonesia sudah selesai. Selanjutnya, NU akan memberikan asistensi (pendampingan) dalam proses revisi buku kamus sejarah tersebut agar jauh lebih lengkap.

“Dari pihak kami, NU dan dari keluarga Gus Dur juga, persoalan ini sudah selesai,” kata Yenny kepada pers seusai pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dan petinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di kantor PBNU, Kamis (22/4/2021).

Yenny menyampaikan apresiasi atas sikap responsif Nadiem atas isu tersebut, meskipun persiapan pembuatan naskah kamus bukan pada zaman Nadiem.

“Beliau langsung menunjukkan komitmen untuk merevisi, memperbaiki kamus sejarah tersebut. jadi kami apresiasi respon positif dan cepat Mas Nadiem,” kata Yenny.

Yenny mengungkapkan kejadian itu membawa hikmah bahwa kamus tersebut bisa diperbaiki agar generasi muda bisa mengenal para tokoh bangsa dan kontribusinya bagi kemerdekaan dan setelahnya.

“Tanpa mengerti sejarah bangsa kita, tentu kita akan tercerabut dari akar kita dan ke depan perjalanan kita tidak akan sesuai dari apa yang menjadi maksud founding fathers kita,” sebut Yenny.

Yenny mengusulkan partisipasi publik lebih luas dalam revisi Kamus Sejarah Indonesia tersebut. Pasalnya, draf tersebut masih belum sempurna sehingga harus dicermati dengan lebih baik.

Di hadapan media, Yenny bersama Sekjen PBNU Helmy Faisal Zaini menyerahkan dokumen resmi Ensiklopedia NU yang di sampulnya memuat antara lain gambar KH Hasyim Asy’ari dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang merupakan ayah dari Yenny Wahid.

Nadiem mendatangi kantor PBNU di Jakarta Pusat hari ini dan bertemu dengan sejumlah petinggi NU termasuk Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj. Nadiem mengunggah fotonya dengan Said dan Yenny di akun Instagram resminya, @nadiemmakarim.

“Betapa beruntungnya negara ini memiliki pemimpin-pemimpin yang begitu mendamaikan dan penuh solusi,” kata Nadiem lewat akunnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings