Logo BeritaSatu

Kepala BRIN Siap Jalankan Target Jokowi untuk Gaet Investasi di Sektor Iptek

Rabu, 28 April 2021 | 17:30 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / IDS

Jakarta, Beritasatu.comKepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko yang baru dilantik hari ini, menegaskan siap menjalankan target yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu mendapatkan investasi di sektor ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Laksana, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) dan Kementerian Investasi.

“Kami juga ditargetkan untuk mendapatkan investasi terkait dengan sektor iptek ya. Karena sektor iptek khususnya yang berbasis biodensitas dan sumber daya alam di Indonesia yang sebenarnya memiliki potensi yang selama ini belum tereksploitasi,” kata Laksana Tri Handoko seusai dilantik di Istana Negara, komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Target lainnya, Laksana mengungkapkan sebagai Kepala BRIN harus bertanggung jawab melakukan konsolidasi berbagai badan penelitian dan pengembangan (litbang) pemerintah.

“Tentu kami ditargetkan bisa melakukan konsolidasi dalam waktu secepat-cepatnya, sehingga kita bisa segera memasuki program baru untuk menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang lebih bagi lagi bagi negara ini,” ujar Laksana.

Dengan begitu, sambungnya, BRIN tidak hanya menjadi penghasil riset dan inovasi, tetapi BRIN juga harus mampu menjadi fasilitator atau enabler bagi kalangan di luar BRIN. Termasuk dari perguruan tinggi dan industri agar bisa mengembangkan kapasitas dan kompetensi untuk melakukan riset dan inovasi.

“Sehingga pada akhirnya akan mendukung perekonomian negara kita dalam jangka panjang,” terang Laksana.

Selain itu, ia juga menargetkan untuk memberikan dampak ekonomi dari berbagai aktivitas riset dan inovasi dari berbagai litbang. Sehingga memberikan dampak ekonomi secara langsung pada masyarakat.

“Pada saat yang sama juga bisa memicu investasi baru yang masuk ke sektor iptek baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga keberadaan BRIN itu akan dirasakan manfaatnya dan jangka panjang,” tukas Laksana Tri Handoko.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perwira Polda Banten Dikeroyok di Depan Rumahnya di Serang

Seorang perwira Polri, Ipda MD yang bertugas di Ditkrimsus Polda Banten dikeroyok sekelompok orang di depan rumahnya di Serang, Banten. 

NEWS | 7 Desember 2022

Kesaksian Ferdy Sambo Dinilai Bisa Bebaskan Eliezer

Ronny Talapessy, kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E menilai kesaksian Ferdy Sambo bisa membebaskan kliennya dari kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya tetap semangat dalam melayani masyarakat saat menjenguk korban bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Bertahan di Pengungsian, Korban Gempa Cianjur Takut Pulang

Para korban gempa Cianjur banyak yang memilih bertahan di pengungsian. Korban gempa Cianjur mengaku trauma dan masih takut untuk pulang ke rumah mereka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bantah Tembak Brigadir J, Ferdy Sambo Dicecar Hakim

Ferdy Sambo dicecar oleh majelis hakim PN Jaksel karena terus membantah turut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Tahanan Polsek Astana Anyar Dipindahkan Usai Bom Bunuh Diri

Pelayanan dan tahanan Polsek Astana Anyar dipindahkan ke Mapolrestabes Bandung usai bom bunuh diri yang menghancurkan Mapolsek Astana Anyar. 

NEWS | 7 Desember 2022

Terpidana Bom Bali I, Umar Patek Bebas Bersyarat Hari Ini

Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham menyatakan, Hisyam bin Alizein alias Umar Patek, terpidana bom Bali I bebas bersyarat mulai hari ini, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Setelah Menikah, Kaesang dan Erina Tak Akan Tunda Momongan

Kaesang Pangarep mengaku akan langsung tancap gas untuk punya momongan setelah resmi menikah dengan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Mengaku Tak Jujur, Ferdy Sambo Tak Sudi Disebut Pembohong

Ferdy Sambo tidak sudi disebut pembohong, meski hasil poligraf atau uji kebohongan terkait kasus pembunuhan Brigadir J menyatakan Ferdy Sambo tidak jujur.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Bom Bunuh Diri Bandung

Kapolri Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri Bandung tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE