Logo BeritaSatu

Selama Pandemi, Situs Web Sekolah Naik 168%

Sabtu, 1 Mei 2021 | 14:36 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang kegiatan atau kehidupan. Termasuk dalam dunia belajar mengajar, yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka seperti biasanya. Bahkan sejak Maret 2020 silam, sekolah tidak bisa melakukan aktivitas pembelajaran tatap muka, sehingga diharuskan belajar secara virtual atau online.

Dikarenakan kondisi tersebut, pihak sekolah pun mulai merasa bahwa perlu adanya dorongan untuk meningkatkan kehadiran online dan menunjang informasi penting yang dapat diakses oleh orang banyak tanpa perlu mendatangi sekolah tersebut untuk sementara waktu. Maka sekolah pun sadar akan pentingnya sebuah situs web yang dapat menunjang sekolah dan menciptakan presensi yang unggul di ekosistem online.

Hal ini terbukti dari data yang dikeluarkan oleh Exabytes Indonesia bahwa adanya kenaikan hingga 168% situs web sekolah yang terdaftar di kurun waktu pandemi berlangsung dari Maret 2020-Maret 2021. Lonjakan kenaikan situs web sekolah ini lebih signifikan dibandingkan dengan data 2019-2020.

Situs web yang terdaftar merupakan situs web dengan domain sch,id. Domain ini singkatan dari kata school dan id yang berarti Indonesia. Domain ini menjadi domain yang diperuntukkan khusus untuk sekolah yang telah memiliki izin dari Pandi yang bisa digunakan untuk situs web sekolah apa pun dengan berbagai jenjangan pendidikan.

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia mengemukakan, situs web sekolah dengan domain sch.id mengalami kenaikan pesat selama pandemi dibandingkan beberapa tahun terakhir. “Terutama saat pandemi terjadi, domain sch.id mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Hal ini membuktikan bahwa sekolah mulai sadar memerlukan situs web untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran,” kata Indra, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/5/2021).

Serbadigital
Ditambahkan, saat ini sekolah harus memanfaatkan teknologi dan informasi agar tidak tertinggal dari perkembangan zaman yang serbadigital. Terutama untuk pembelajaran daring yang sedang diterapkan supaya lebih optimal. Maka dari itu perlu hadirnya situs web untuk sekolah.

“Sebagai contoh, situs web sekolah yang baik itu tidak hanya memiliki profil sekolah saja tetapi bisa memberikan informasi seperti pendaftaran siswa baru, modul e-learning hingga ujian online (CBT online). Sehingga sekolah pun dapat memberikan value lebih yang tak hanya bermanfaat untuk sekolah itu sendiri tetapi untuk tenaga pengajar, siswa siswi hingga orang tua siswa,” katanya.

Exabytes pun menyadari akan pentingnya kehadiran online situs web sekolah yang masih belum banyak. Menurut Arismunandar, guru besar manajemen pendidikan Universitas Negeri Makassar mengatakan, transformasi pembelajaran berbasis digital masih terbata-bata dalam dunia pendidikan Indonesia. Baik guru maupun dosen masih memiliki pemahaman teknologi yang rendah.

"Oleh karenanya, perusahaan hosting Exabytes Indonesia berkolaborasi dengan registry domain utama Indonesia Pandi meluncurkan program situs web untuk zekolah. Program ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei di mana exabytes dan Pandi ingin mendorong kesadaran akan pentingnya kehadiran online dan membantu sekolah dalam mewujudkan situs web sekolah dengan mudah dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Bisa diakses di: https://www.exabytes.co.id/partnership/situs web-untuk-sekolah,” katanya.

Dikatakan, selama ini situs web sekolah kerap dianggap susah dibuat karena minimnya tenaga pengajar yang memahami teknologi informasi, keterbatasan biaya hingga sulit untuk mengelola situs web dalam waktu lama, “Namun dalam program situs web untuk sekolah ini, kami ingin membantu sekolah untuk membangun situs web dengan mudah dan membantu mengoptimalkan pembelajaran daring,” jelas Indra.

Harapannya, program situs web untuk sekolah dapat menjadi solusi bagi sekolah yang saat ini membutuhkan situs web dengan bantuan langsung dari tim profesional berpengalaman agar dapat meningkatkan sistem pembelajaran online serta menciptakan presensi online bagi sekolah.

Exabytes Indonesia atau PT Exabytes Network Indonesia adalah sebuah perusahaan online digital solution yang melayani pendaftaran domain, penyewaan web hosting, web design, dan digital marketing. Exabytes Indonesia telah berpengalaman sejak 2001, hadir dengan misi untuk membantu para pelaku usaha kecil di Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya secara online dengan menyediakan berbagai kebutuhan situs web untuk toko ataupun usaha online.
Kunjungi situs web resmi Exabytes Indonesia di https://www.exabytes.co.id.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Anggota DPRD Depok, Golkar: Pemeriksaan Internal Tetap Berjalan

DPD Golkar Depok memastikan proses pemeriksaan internal terhadap kadernya, Tajudin Tabri masih berlanjut terkait kasus dugaan penganiayaan sopir truk

NEWS | 27 September 2022

Menyandang Gelar Kesultanan Buton, Jokowi: Saya Sangat Menghargai

Presiden Jokowi dianugerahi gelar Kesultanan Buton dengan nama La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bawaangi yi Nusantara.

NEWS | 27 September 2022

Persiapan Jemput Paksa Lukas Enembe, 3 SSK Brimob Diterjunkan ke Papua

Polda Papua memperkuat pasukan dengan mendatangkan 3 SSK Brimob terkait rencana jemput paksa Gubernur Lukas Enembe.

NEWS | 27 September 2022

Kasus Suap RAPBD Jambi, KPK Periksa Zumi Zola

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap eks Gubernur Jambi Zumi Zola.

NEWS | 27 September 2022

Ribuan Mahasiswa, Buruh, dan Petani Unjuk Rasa di DPR

Ribuan mahasiswa, buruh, hingga petani akan bergabung dan menggelar unjuk rasa di Gedung DPR, Jakarta Pusat, pada Selasa (27/9/2022)

NEWS | 27 September 2022

Mahfud Ungkap Jokowi Kecewa Upaya Pemberantasan Korupsi Sering Gembos di MA

Mahfud MD mengungkapkan, Presiden Jokowi kecewa upaya pemberantasan korupsi kerap kali gembos di MA atau lembaga yudikatif. 

NEWS | 27 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Panggil Mahasiswa dan Bos Perusahaan Kargo

Kasus Lukas Enembe, KPK mengagendakan pemeriksaan dua saksi yakni seorang mahasiswa dan bos perusahaan kargo terkait kasus Gubernur Papua tersebut.

NEWS | 27 September 2022

Jika Gunakan Senjata Nuklir, Rusia Ditinggalkan Iran dan Tiongkok

Rusia akan ditinggalkan Iran dan Tiongkok jika Presiden Vladimir Putin menggunakan senjata nuklir.

NEWS | 27 September 2022

4.400 Personel Amankan Aksi Demo di Depan Gedung DPR/MPR

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI, Gerakan Buruh Bersama Rakyat atau Gebrak yang bakal menggelar aksi demo di depan Gedung DPR/MPR.

NEWS | 27 September 2022

Seleksi Guru ASN P3K Dibuka, Pemda Diminta Optimalkan Usulan Formasi

Kemendikbudristek mendorong pemda mengajukan formasi guru ASN P3K secara optimal dalam seleksi guru ASN P3K 2022. 

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Merosot 0,21%, Sektor Energi Berhasil <em>Rebound</em>

IHSG Merosot 0,21%, Sektor Energi Berhasil Rebound

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings