Logo BeritaSatu

Primus Dorimulu: Daniel Dhakidae Sosok yang Jauh dari Kekuasan dan Pengusaha

Sabtu, 1 Mei 2021 | 14:50 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Pemberitaan Beritasatu Media Holdings (BMSH), Primus Dorimulu mengatakan, gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang. Peribahasa klasik ini ia sematkan untuk menggambarkan sosok cendekiawan Dr Daniel Dhakidae yang mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (6/4/2021), pukul 07.24 WIB di RS MMC Kuningan.

Sebelumnya, ia mengalami serangan jantung pada pukul 03.00 dini hari. Jenazah kemudian dimakamkan Rabu (7/4/2021) pagi di Kampung Kandang, Ciganjur, Jakarta Selatan.

Primus menyebutkan, kontribusi Dr Daniel Dhakidae tercermin dari ketegasan sikapnya untuk menghindari benturan kepentingan dalam berkarya. Daniel tidak mendekatkan diri dengan pemilik modal dan menjaga jarak secara konsisten dengan para penguasa.

“Ketika ilmuwan dan akademisi seakan berlomba dekat dengan penguasa dan pengusaha, ia tetap di jalan sunyi. Jalan yang sepi jauh dari fasilitas kemewahan material,” ucap Primus pada diskusi virtual bertajuk "Mengenang Dr Daniel Dhakidae" pada Sabtu, (1/5/2021).

Secara pribadi, Primus menyebutkan, kabar meninggalnya Daniel Dhakidae ia terima ketika berada di Lelewatu Resort, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Primus menyebutkan, Daniel meninggal dunia bersamaan dengan penyair Umbu Wulang Landu Paranggi.

Primus meminta semua pihak untuk tidak mepertanyakan sumbangsih Daniel dan Umbu secara material bagi Flores yang bisa dilihat dengan mata. Pasalnya, peninggalan dari kedua tokoh ini bagi daerahnya adalah kualitas yang ditunjukkan lewat karya- karya mereka.

Legacy (warisan, red) mereka adalah integritas dalam menjalankan profesinya dan sistem yang dipegang teguh sehingga karya-karyanya bermutu. Dengan integritas itu mereka bercahaya di level nasional dan itu memberikan kebanggaan bagi kita semua,” ucap Primus.

Oleh karena itu, Primus mengatakan, webinar bertajuk "Mengenang Dr Daniel Dhakidae" memiliki tiga poin penting.

Pertama, mencari tahu warisan yang ditinggalkan Dr Daniel Dhakidae di bidang sosial, pers, kehidupan politik di Indonesia dan peradaban bangsa.

Kedua, mengenang sosok Daniel sehingga dapat memotivasi generasi muda untuk menjadi pemenang. Minimal mereka bisa masuk pada barisan terbaik dalam bidang pengabdian atau profesi yang digeluti.

“Kontribusi kita pada bangsa dan peradaban dunia kita berikan lewat profesi kita. Kita bangsa Indonesia perlu belajar dari negara lain seperti Jerman. Jerman negara yang hebat karena memiliki hal-hal hebat di berbagai bidang. Jerman tidak hanya hebat di bidang sains dan teknologi tetapi filosofi hukum, seni, hingga olahraga,” ucap Primus.

Ketiga, pentingnya integritas. Primus menegaskan, tidak ada profesi yang lebih penting dan superior dibanding profesi lain. Semuanya saling membutuhkan dan saling melengkapi. Akan tetapi, hal utama dari semua profesi adalah integritas yang lahir dari kejujuran, komitmen, dan independensi dalam dalam menjalankan profesi.

“Tidak ada benturan kepentingan dalam menjalankan profesi, terutama dalam menghasilkan karya mengisyaratkan tingginya objektivitas,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Akui Tidak Jujur Saat Diperiksa Uji Kebohongan

Ferdy Sambo akui tidak jujur saat diperiksa poligraf atau alat uji kebohongan terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J. 

NEWS | 7 Desember 2022

Efek Bom Bandung, Pengamanan Pernikahan Kaesang Dipertebal

Pengamanan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dipertebal mengingat adanya peristiwa bom Bandung. 

NEWS | 7 Desember 2022

Percaya 1.000%, Ferdy Sambo Mengaku Putri Candrawathi Cinta Pertamanya

Ferdy Sambo mengaku Putri Candrawathi merupakan cinta pertamanya. Untuk itu, Sambo percaya 1.000% Putri Candrawathi dilecehkan oleh Brigadir J. 

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Kukuh Tak Perintahkan Eliezer Tembak Brigadir J

Mantan Kadiv Propam, Ferdy Sambo kukuh mengeklaim tak perintahkan Richard Eliezer atau Bharada E untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Pengadilan AS Tolak Gugatan ke Putra Mahkota Saudi atas Kematian Khashoggi

Pengadilan AS menolak kasus gugatan ke Putra Mahkota Saudi (Arab Saudi), Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) atas kasus kematian wartawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenguk Korban Bom Bandung, Mahfud MD: Jaringan Teroris Masih Ada

Mahfud MD menyatakan, bom Bandung menunjukkan jaringan teroris masih ada. Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar merupakan residivis.

NEWS | 7 Desember 2022

Dilibatkan di Skenario Baku Tembak, Putri Candrawathi Ngomel ke Ferdy Sambo

Putri Candrawathi sempat memarahi Ferdy Sambo karena dilibatkan dalam skenario fiktif terkait penyebab tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Kasus Korupsi, KPK Tangkap Bupati Bangkalan Ra Latif

KPK membenarkan telah menangkap Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif terkait kasus dugaan korupsi.

NEWS | 7 Desember 2022

2 Mobil Relawan Gempa Cianjur Kecelakaan di Tol Cipali, 1 Orang Tewas

Dua dari enam mobil rombongan relawan gempa Cianjur asal Indramayu terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipali, Subang, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Polisi Gelar Rekonstruksi Mayat Perempuan di Kolong Tol Becakayu

Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan seorang wanita yang mayatnya dibuang di kolong Tol Becakayu, Jakarta Timur.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Arema FC Bekuk Dewa United 2-0

Liga 1: Arema FC Bekuk Dewa United 2-0

BOLA | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE