Menteri Trenggono: Probolinggo Cocok Jadi Sentra Ekonomi Perikanan
Logo BeritaSatu

Menteri Trenggono: Probolinggo Cocok Jadi Sentra Ekonomi Perikanan

Minggu, 2 Mei 2021 | 19:16 WIB
Oleh : FER

Probolinggo, Beritasatu.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mendukung pengembangan industri perikanan di Probolinggo supaya semakin maju. Dia berharap, ke depannya daerah ini dapat menjadi contoh sentra ekonomi perikanan.

"Saya ingin industri perikanan Probolinggo maju, nantinya menjadi model ke depan, menjadi satu sentra ekonomi perikanan," ujar Menteri Trenggono saat meninjau langsung Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, di Kota Probolinggo, Jawa Timur Minggu (2/5/2021).

Untuk mempercepat pengembangan, Menteri Trenggono mengatakan, kerja sama antara pemerintah pusat pemerintah daerah perlu diperkuat. Dengan koordinasi yang baik, Probolinggo dapat menjadi sentra ekonomi perikanan di Jawa Timur. "Silakan berkoordinasi dengan semua eselon I ini, agar nantinya Probolinggo bisa jadi sentra perikanan," imbuh Menteri Trenggono.

PPP Mayangan merupakan pelabuhan dengan lahan terluas dan terbesar di Jawa Timur. Setiap harinya, pelabuhan ini menjadi tempat pendaratan ikan 809 armada kapal nelayan yang didominasi oleh kapal dibawah 30GT. Pada tahun 2020, produksi ikan di pelabuhan ini mencapai 12.365 ton, diantaranya ikan remang, gulama, manyung, dan kakap merah. Produk perikanan tangkap berasal dari Laut Arafura.

Ikan kakap merah dari Probolinggo menjadi salah satu produk perikanan yang berkontribusi dalam ekspor perikanan Indonesia.
Menteri Trenggono berharap produk perikanan dari pelabuhan ini nantinya akan terus berkontribusi terhadap ekspor perikanan nasional. "Saya berharap disini nantinya akan menjadi satu model pertumbuhan ekonomi dari perikanan laut untuk kemajuan ekonomi wilayah," tuturnya.

Tidak hanya perikanan tangkap, Menteri Trenggono berharap Probolinggo terus mendorong kegiatan budidaya dengan prinsip kerberlanjutan. Diawali dengan menentukan komoditas unggulan, dia meyakini perikanan budidaya akan tumbuh yang berimbas pula pada meningkatnya perekonomian masyarakat. Menteri Trenggono menyarankan Pemda Probolinggo untuk mengembangkan shrimp estate mengingat udang menjadi komoditas unggulan di Jawa Timur.

Sementara itu mengenai PPP Mayangan, Menteri Trenggono sepakat untuk dilakukan pengembangan. Langkah ini juga salah satu upaya mendukung Probolinggo sebagai sentra ekonomi perikanan ke depannya. Rencananya pelabuhan ini akan dilengkapi sarana dan prasarana agar menjadi pusat industri perikanan yang modern. "Anggarannya ada di provinsi, tapi nanti kami akan membantu mengembangkan pelabuhan ini," pungkasnya.

Selain peninjauan, Menteri Trenggono melakukan penyerahan secara simbolis bantuan pinjaman modal dari LPMUKP sebesar Rp515 juta kepada 6 debitur. Dia berharap nelayan dan pengusaha perikanan dapat terus produktif.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pengacara Munarman: Kita Hormati Polisi

Pengacara Munarman mengatakan, pihaknya menghormati langkah polisi

NASIONAL | 2 Mei 2021

Keuskupan Timika Berharap Ada Jalan Keluar Penyelesaian Konflik Bersenjata di Papua

Pastor Marthen juga menyerukan kepada pimpinan pemerintah dan agama di seluruh tingkatan agar tetap menjadi pembina yang baik dan bijaksana.

NASIONAL | 2 Mei 2021

‎BPTJ: Penumpang AKAP Meningkat Sejak April di 4 Terminal

Keempat terminal tersebut adalah Terminal Jatijajar Depok, Terimal Baranangsiang Bogor, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal Pondok Cabe Tangsel.

NASIONAL | 2 Mei 2021

Bupati Asmat: Momentum 51 Tahun Papua dalam NKRI Patut Disyukuri

"Mari bergandengan tangan membangun Papua agar rakyat makin sejahtera," Elisa Kambu.

NASIONAL | 2 Mei 2021

Pengamat: Densus 88 Bisa Tangkap Simpatisan KKB di Luar Papua

Densus 88 bisa menangkap siapa saja yang sudah bergabung dengan KKB atau pendukung KKB, seperti Veronica Koman.

NASIONAL | 2 Mei 2021

Polres Purwakarta Jaga Lokasi Penyekatan 24 jam

Penjagaan di pos penyekatan tersebut akan dilakukan selama 24 jam agar tidak ada masyarakat yang lolos mudik.

NASIONAL | 2 Mei 2021

Gibran Kembalikan Uang Pungli kepada Warga Gajahan

Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka langsung mendatangi masyarakat pemilik toko di Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon terkait pungli

NASIONAL | 2 Mei 2021

Jokowi: Makna Hardiknas Adalah Semangat Ki Hajar Dewantara

Presiden Joko Widodo (Jokowi ) mengatakan, makna Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah semangat Ki Hajar Dewantara.

NASIONAL | 2 Mei 2021

KAI Palembang Tidak Jual Tiket KA Jarak Jauh pada 6-17 Mei

Masyarakat hanya dapat mengakses penjualan tiket kereta api sampai dengan 5 Mei 2021. KAI bakal kembali menjual tiket pada 18 Mei 2021.

NASIONAL | 2 Mei 2021

Satlantas Polres Cirebon Meminta Puluhan Kendaraan Pemudik Balik Arah

Saat ini sudah mulai dilakukan pra-pengetatan, sehingga semua kendaraan berpelat nomor luar daerah sudah tidak diperkenankan lagi melintas di Kota Cirebon.

NASIONAL | 2 Mei 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS