Logo BeritaSatu

Pesan Ma'ruf Amin: Pilih Makanan yang Memenuhi Gizi

Senin, 3 Mei 2021 | 19:18 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar para ibu-ibu Indonesia lebih memperdalam ilmu dan melaksanakan pola konsumsi keluarga yang seimbang. Dengan begitu, pilihan makanan tidak sekadar mengenyangkan, tetapi juga memenuhi gizi. Ma'ruf juga menekankan bahwa pangan bukan hanya beras.

“Kreatif dalam menyediakan diversifikasi atau penganekaragaman pangan untuk keluarganya,” kata Ma'ruf dalam seminar bertema “Pangan Nasional untuk Memajukan Kesejahteraan Bangsa dan Amaliah Ramadan di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Ma'ruf menuturkan masih banyak komoditas pangan lain di setiap daerah seperti sagu, jagung, ubi, ketela, dan sebagainya. Dijelaskan, Indonesia merupakan negara tropis dengan kekayaan biodiversitas agraris. Salah satu kekayaan sumber daya alamnya berupa ragam sumber hayati penghasil karbohidrat tinggi.

Saat ini, terdapat sekitar 100 jenis pangan sumber karbohidrat, 100 jenis kacang-kacangan, 250 jenis sayuran, dan 450 jenis buah-buahan yang tersebar di Tanah Air. Baginya, hal ini akan memperkuat ketahanan pangan keluarga.

Ujungnya, ketahanan pangan kuat dapat mencegah terjadinya stunting atau kekurangan gizi kronis di awal masa pertumbuhan yang menyebabkan tubuh anak menjadi pendek dibanding anak lain seusianya.

“Anak-anak yang tengkes akan mempunyai kemampuan kognitif lebih rendah, rentan terhadap penyakit tidak menular, dan ketika dewasa mempunyai produktivitas yang rendah. Dalam jangka panjang, tengkes yang tidak ditangani dengan baik akan merugikan kita sebagai bangsa dan negara,” kata Ma'ruf.

Pada 2019, hasil survei status gizi balita Indonesia menunjukkan prevalensi tengkes sebesar 27,67%. Tengkes pada balita disebabkan oleh banyak aspek, antara lain aspek pendidikan dan ekonomi.

Mengingat dampak tengkes adalah jangka panjang, sejak masih kanak-kanak hingga usia dewasa, pemerintah berkomitmen untuk menurunkan prevalensi tengkes hingga 14% pada 2024.

“Status gizi buruk pada ibu hamil dan bayi merupakan faktor utama yang menyebabkan anak balita mengalami tengkes. Di sinilah diperlukan peran Ibu di seluruh Indonesia untuk secara cerdas dan kreatif dapat berperan dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga,” ucap Ma'ruf.

Ma'ruf mengajak berbagai pihak agar ikut menerapkan di keluarga masing-masing dan ikut mengedukasi masyarakat soal perlunya menyediakan bahan makanan bagi keluarganya yang cukup, aman, dan bergizi, sehingga bisa hidup aktif sekaligus sehat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri menyebutkan banyak korban tewas pada tragedi Kanjuruhan karena pintu stadion terkunci dan tidak ada petugas yang berjaga.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Sebanyak enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 6 Oktober 2022

Komnas Perempuan: Pencegahan KDRT Harus Dilakukan secara Sistematik

Komnas Perempuan untuk melakukan pencegahan terhadap kekerasan dalam rumah tangga KDRT harus dilakukan secara sistematik

NEWS | 6 Oktober 2022

Perkara Korupsi Helikopter AW-101 Tunggu Jadwal Sidang

Perkara dugaan korupsi Helikopter AW-101 kini tinggal menunggu jadwal untuk disidangkan. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang Puncak G-20, Mendagri Tinjau Pembangunan TPST Kesiman Kertalangu

Mendagri berharap, pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu rampung pada akhir Oktober 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Kemenag: Moderasi Beragama di Indonesia Dilirik Bangsa Lain

Kemenag menyatakan, saat ini moderasi beragama yang dipraktikkan oleh Indonesia telah dilirik oleh bangsa asing sebagai solusi mempererat keberagaman.

NEWS | 6 Oktober 2022

BPBD: 17 Jalan Tergenang dan 41 RT Terdampak Banjir Jakarta

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, sebanyak 17 ruas jalan tergenang dan 41 RT terdampak banjir Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Dana Desa Bisa untuk Atasi Susah Sinyal di Pelosok Kaltim

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyarankan agar dana desa digunakan untuk memudahkan masyarakat desa mengakses internet di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 6 Oktober 2022

Kapolres Belum Terima Laporan Korban Hilang di MTsN 19

Polres Metro Jakarta Selatan belum menerima adanya laporan orang hilang di lokasi tembok MTSn 19 Pondok Labu, Cilandak yang ambruk akibat banjir.

NEWS | 6 Oktober 2022

Besok, Polisi Periksa Baim Wong dan Paula Verhoeven Terkait Prank KDRT

Penyidik Polres Jakarta Selatan akan memeriksa Baim Wong dan Paula Verhoeven pada Jumat (7/10/2022) terkait prank KDRT

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 29 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings