Logo BeritaSatu

Wagub Jatim Sebut Sejak April 2021, Kedatangan Pekerja Migran Capai 900 Orang Per Hari

Rabu, 5 Mei 2021 | 23:48 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Dardak mengatakan, kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di provinsinya yang biasanya rata-rata 100 orang per hari di Januari dan Februari 200, maka sejak April hingga 4 Mei sudah mencapai 900 per hari.

Menurut Emil banyak pemudik melakukan perjalanan sebelum 6 Mei 2021. Hal ini yang menyebabkan terjadi peningkatan penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya.

“Peningkatan ini karena bersinggungan dengan masa akhir kontrak kerja pekerja imigran Indonesia yang ada di luar negeri,” kata Emil pada konferensi pers virtual bertajuk “Kesiapan Pemerintah Daerah Menghadapi Libur Idulfitri 1442 H” pada Rabu (5/5/2021).

Emil menyebutkan, pemerintah memberikan pelayanan yang layak mulai dari penjemputan, tes Covid-19, hingga karantina. Kata dia, pentingnya tes Covid-19 saat PMI tiba untuk memastikan kondisi mereka. Pasalnya, meski mereka membawa surat bebas Covid-19 ternyata ada yang positif. Sejauh ini ada 33 orang yang positif Covid-19.

Dikatakan Emil, para pekerja imigran yang terinfeksi Covid-19 langsung dirawat di Rumah Sakit Lapangan di Indrapura, Surabaya. Sedangkan bagi yang negatif akan mengikuti prosedur karantina di Asrama Haji di Sukolilo, Surabaya. Selain itu, ada karantina bisa dilakukan di kabupaten/ kota masing-masing PMI asal ada penjemputan dengan pengamanan oleh bupati/ wali kota.

“Saat ini sudah kita persiapkan, tentunya BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sudah menyampaikan siap untuk men-support dari sisi logistik pendanaan untuk proses karantina ini,” ucapnya.

Sementara terkait dengan kedatangan warga negara asing (WNA), Emil menyebutkan, imigrasi telah melakukan screening dan peraturan ketat, bahkan WNA dari India tidak bisa masuk ke Tanah Air. Oleh karena itu, kata dia, fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) pada PMI mulai dari memberi pelayanan baik saat kedatangan hingga karantina di fasilitas yang telah disediakan pemerintah.

“Bandar Udara Internasional Juanda, fokus bagaimana mengantisipasi kedatangan pekerja migran yang kita antisipasi kepulangannya bisa mencapai 14.000 orang,” ucapnya.

Emil juga menyebutkan, untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kasus, Jatim menyiapkan fasilitas rawat dan fasilitas testing yang memadai. Ia menjamin para petugas kesehatan siap siaga karena saat ini bukan suasana liburan sehingga semua masih menjalankan tugasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saat Prajurit Penjaga Perbatasan Tak Berani Jawab soal Tunjangan ke Jokowi

Jokowi berkesempatan menyapa prajurit TNI yang sedang bertugas menjaga di sejumlah kawasan perbatasan dengan negara-negara tetangga.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Aremania Gugat Tindakan Represif Aparat

Aremania, yang merupakan suporter Arema FC mengajukan gugatan kepada aparat atas tindakan represif aparat dalam tragedi Kanjuruhan di Malang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Dinkes Rilis Daftar Nama-Nama Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan

Dinas Kabupaten (Dinkes) Kabupaten Malang merilis daftar nama-nama korban meninggal tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kasus Brigadir J, Kejagung Terima Pelimpahan Berkas Perkara Ferdy Sambo Dkk

Kejaksaan Agung (Kejagung) menerima pelimpahan tahap kedua perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait kasus dugaan pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tersangka Kasus Tewasnya Brigadir J Proses Dilimpahkan ke Kejagung

penyidik Bareskrim saat ini tengah mempersiapkan untuk melimpahkan tersangka dugaan pembunuhan terhadap Brigadir J dan Obstruction of Justice ke JPU

NEWS | 5 Oktober 2022

Bima Arya Sebut KIB Akan Sikapi Langkap Nasdem Usung Anies Capres

Ketua DPP PAN Bima Arya mengatakan KIB bersama Golkar dan PPP akan menyikapi langkah Nasdem yang mengusung Anies Baswedan maju capres.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, PDIP Dorong Peningkatan Kesejahteraan Prajurit

Pada HUT ke-77 TNI, PDIP memberikan dukungan penuh kebijakan Presiden Jokowi untuk meningkatkan profesionalisme TNI dan kesejahteraan prajurit.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Aremania: Bukan Kerusuhan, Ini Kelalaian Semua

Salah satu Aremania menilai tragedi Kanjuruhan bukan kerusuhan melainkan sebuah insiden dan kelalaian semua pihak

NEWS | 5 Oktober 2022

Soal Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Sudah Kontak Presiden FIFA

Presiden Jokowi mengaku sudah berbicara Presiden FIFA, Gianni Infantino terkait tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur yang menewaskan 131 orang.

NEWS | 5 Oktober 2022

KPK Jadwalkan Periksa Anak dan Istri Lukas Enembe Hari Ini

Tim penyidik menjadwalkan memeriksa anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe. Lukas diketahui menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. 

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saat Prajurit Penjaga Perbatasan Tak Berani Jawab soal Tunjangan ke Jokowi

Saat Prajurit Penjaga Perbatasan Tak Berani Jawab soal Tunjangan ke Jokowi

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings