Logo BeritaSatu

Penyekatan Mudik, Polisi Tindak Ratusan Kendaraan Pribadi dan Angkutan Umum

Kamis, 6 Mei 2021 | 10:07 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi menindak ratusan kendaraan pemudik dan angkutan umum, kemudian diminta putar balik terkait kebijakan larangan mudik dalam Operasi Ketupat Jaya, di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat dan GT Cikupa, Kamis (6/5/2021) dini hari tadi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo mengatakan, petugas di lapangan mulai melakukan penyekatan pada pukul 00.00 WIB, dini hari tadi.

"Data penyekatan mudik dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2021, mulai pukul 00.00 sampai dengan 05.00 WIB, di GT Cikarang berjumlah 317 kendaraan. Rinciannya 233 kendaraan pribadi dan 84 kendaraan umum," ujar Sambodo, Kamis (6/5/2021).

Sementara itu, tambah Sambodo, kendaraan yang disekat di GT Cikupa berjumlah 408 kendaraan. "Dengan rincian 349 kendaraan pribadi dan 49 angkutan umum," katanya.

Sebelumnya, Sambodo menyampaikan, polisi mendirikan 14 titik penyekatan dan 17 titik cek poin dalam Operasi Ketupat Jaya 2021. Penyekatan dimulai sejak pukul 00.00 WIB, Kamis (6/5/2021). Di luar perjalanan nonmudik, semua kendaraan bakal diputar balik.

Polri bersama TNI dan stakeholder lain yang bertugas akan melalukan pemeriksaan terhadap semua kendaran pribadi maupun angkutan umum.

"Bagi perjalanan yang tidak diperbolehkan selain perjalanan nonmudik yaitu, perjalanan angkutan barang atau logistik, perjalanan dinas, perjalanan untuk kedukaan, mengunjungi orang meninggal dunia atau sakit, kemudian ibu hamil yang akan melakukan persalinan, maka di luar itu tidak diperbolehkan melakukan perjalanan," ungkapnya.

Sambodo menyampaikan, petugas akan memeriksa semua persyaratan semisal, perjalanan dinas bagi TNI, Polri dan ASN harus mengantongi surat perintah perjalanan dinas dengan tanda tangan basah, cap basah dan print out bukan dalam bentuk fotokopi. Berlaku untuk individual dan satu kali perjalanan.

"Kemudian untuk masyarakat umum dan pekerja informal minimal ada surat keterangan dari kepala desa atau lurah menyangkut tentang apa tujuan perjalanan. Di luar itu semua, maka akan kita putarbalikan," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Gempa Cianjur

Polisi memberlakukan lalu lintas satu arah untuk mengantisipasi kemacetan di lokasi episentrum gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang, Jalan Raya Cianjur-Puncak.

NEWS | 3 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Ratusan Korban Banjir Pati Mulai Terserang Penyakit

Ratusan korban banjir pati mulai terserang penyakit. Tim Dokkes Polres Pati bersama Puskesmas Tambakromo pun membuka pengobatan gratis. 

NEWS | 3 Desember 2022

Cerita Petani Jamur Bisa Bikin Wisata Edukasi Berkat Ganjar, Kok Bisa?

Setelah tempat usahanya di Kecamatan Borobudur, Magelang didatangi Gubernur Ganjar Pranowo. Usahanya semakin laris dan dikunjungi hingga 1000-an orang.

NEWS | 2 Desember 2022

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Gempa Cianjur

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Gempa Cianjur

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE