Logo BeritaSatu

Gubenur Kaltim: Saya Tidak Pernah Berikan Cuti Lebaran bagi ASN

Jumat, 7 Mei 2021 | 23:36 WIB
Oleh : CAR

Samarinda, Beritasatu.com - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menegaskan tidak pernah memberikan cuti Lebaran kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (pemprov) Kaltim. Hal ini merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saya tidak pernah memberikan cuti lebaran bagi ASN, itu salah satu kebijakan yang diterapkan, andai kata kalaupun cuti, mau ke mana? Karena semuanya dilakukan penyekatan yang dijaga ketat oleh anggota Polri/TNI berserta dinas terkait lainnya,” kata Isran di Samarinda, Kaltim, Jumat (7/5/2021).

Selain tidak memberikan cuti Lebaran bagi ASN, Isran juga mengharapkan para ASN tidak ikut mudik. Sebab jika dilanggar, maka ASN tentu akan mendapatkan sanksi moral. Paling tidak diberikan teguran yang keras, dan bisa saja pangkat ASN diturunkan, atau misalnya gajinya tidak bayarkan.

“Macam-macam sanksinya, dan ada pertimbangan bagi ASN yang melanggar mudik lebaran. Akan dievaluasi oleh tim dari kepegawaian, sanksi apa yang akan diberikan kepada yang bersangkutan,” tegas Isran.

Isran menuturkan masyarakat diizinkan melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di masjid dengan ketentuan harus memenuhi syarat protokol kesehatan. Isran meminta masyarakat menjaga jarak ketika salat, yaitu barisan safnya tidak boleh rapat.

“Salat Idulfitri itu sunah, tidak wajib, tapi dilaksanakan sekali dalam setahun, dan dilaksanakan dengan kondisi pandemi saat ini tentu dengan persyaratan-persyaratan protokol kesehatan yang sudah disampaikan dan sudah dilakukan payung hukumnya maupun larangannya,” ujar Isran.

Sementara itu, Kadiskominfo Kaltim Muhammad Faisal mengatakan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2021 telah menegaskan meniadakan kegiatan takbir keliling pada malam hari raya Idulfitri.

“Kami perlu menegaskan bahwa bukan gelaran takbiran yang dilarang tetapi berkelilingnya dan berkerumunan yang dilarang,” kata Faisal.

Lebih lanjut dijelaskan pemerintah membatasi gelaran takbiran nantinya hanya di masjid atau musala saja dengan memberlakukan pembatasan jamaah hanya 10% dari kapasitas, serta harus menerapkan protokol kesehatan.

“Sedangkan untuk pelaksanaan salat Idulfitri 1 Syawal 1442 H, di daerah penyebaran Covid-19 yang masih tinggi (zona oranye dan merah) agar dilakukan di rumah masing-masing sesuai fatwa MUI,” kata Faisal

Untuk daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19 yaitu zona hijau dan kuning, salat Idulfitri bisa dilaksanakan di masjid ataupun lapangan.

“Tentunya wajib memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, dan jumlah jamaah yang hadir tidak boleh melebihi dari 50% kapasitas tempat agar memungkinkan untuk menjaga jarak antarsaf dan antarjamaah,” kata Faisal.

SE Menteri Agama juga mengatur agar silaturahmi Idulfitri hanya dilakukan bersama keluarga terdekat, dan tidak menggelar open house ataupun halalbihalal di lingkungan kantor ataupun komunitas.

“Ini pun sesuai pula SE Mendagri dan juga SE Gubernur Kaltim, sekali lagi hal ini dibuat dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam penyelenggaraan hari raya dan sebagai upaya antisipasi dan pengendalian penyebaran Covid-19,” ucap Faisal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Dipindah ke Rutan Salemba, Ini Respons Pengacara

Tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, Putri Candrawathi dipindah ke Rutan Salemba

NEWS | 5 Oktober 2022

Bogor Siapkan Rp 1,8 Miliar untuk Beli 7 Kendaraan Listrik

Pemkot Bogor mengalokasikan anggaran untuk membeli 7 unit kendaraan listrik yang akan digunakan sebagai mobil operasional pada tahun ini.

NEWS | 5 Oktober 2022

BPBD: 3 RT di Jakarta Masih Tergenang

BPBD menyatakan, genangan akibat hujan deras di DKI Jakarta pada Selasa (4/10/2022) malam diketahui masih melanda 3 RT di DKI Jakarta.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Sempat Ditolak Dibawa dengan Ambulans

Salah satu suporter Arema FC mengeklaim, ada aparat keamanan menghalangi suporter yang menjadi korban ketika tragedi kerusuhan Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Genangan Surut di Sejumlah Tempat, BPBD: Kerja Seluruh Petugas

Genangan akibat hujan deras di DKI Jakarta pada Selasa (4/10/2022) malam diketahui telah surut sejak pukul 07.00 WIB.

NEWS | 5 Oktober 2022

Butuh Dana Lima Kali Lipat, Pakistan Kehabisan Uang untuk Pemulihan Banjir

Pakistan kehabisan uang untuk pemulihan banjir karena dana yang dibutuhkan negara itu meningkat lima kali lipat.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar, Polisi Bakal Periksa 2 Saksi Lagi

Terkait kasus KDRT yang diduga dilakukan Rizky Billar kepada Lesti Kejora, aparat kepolisian bakal memeriksa dua saksi lagi.  

NEWS | 5 Oktober 2022

Tahun 2022, Digidata Sukses Raih 3 Prestasi Global

Sepanjang 2022, Digidata menyabet tiga prestasi global. Kali ini, teknologi perusahaan asal Indonesia berhasil lolos sertifikasi internasional dari NIST.

NEWS | 5 Oktober 2022

Saat Prajurit Penjaga Perbatasan Tak Berani Jawab soal Tunjangan ke Jokowi

Jokowi berkesempatan menyapa prajurit TNI yang sedang bertugas menjaga di sejumlah kawasan perbatasan dengan negara-negara tetangga.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Aremania Gugat Tindakan Represif Aparat

Aremania, yang merupakan suporter Arema FC mengajukan gugatan kepada aparat atas tindakan represif aparat dalam tragedi Kanjuruhan di Malang.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Putri Dipindah ke Rutan Salemba, Ini Respons Pengacara

Putri Dipindah ke Rutan Salemba, Ini Respons Pengacara

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings