Logo BeritaSatu

Nadiem Makarim Luncurkan Program Pertukaran Mahasiswa ke Luar Negeri

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:40 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), yaitu program pertukaran mahasiswa ke luar negeri.

Program ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti pembelajaran selama 1-2 semester di perguruan tinggi seluruh dunia.

“Program ini memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mewujudkan mimpi mereka dengan mengikuti mata kuliah unggul di perguruan tinggi terkemuka di dunia, mengembangkan kemahiran lintas budaya, memperkuat jejaring internasional, dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja sekarang,” kata Nadiem dalam peluncuran IISMA yang digelar secara virtual, Selasa (11/5/2021).

Menurut Nadiem, kesempatan menempuh studi di luar negeri bisa membuahkan banyak pengalaman berharga. Nadiem adalah lulusan Sekolah Bisnis Harvard, Amerika Serikat (AS), serta pernah belajar di Singapura dan Inggris.

“Saya memiliki pengalaman sebagai pelajar dan mahasiswa internasional di Singapura, Amerika, dan Inggris. Saya mengejar mimpi dan menuntut ilmu di tiga lingkungan berbeda. Ketiganya membentuk saya secara intelektual dan karakter,” ujarnya.

Berdasarkan pengalamannya, Nadiem mengatakan perguruan tinggi menjadi tempat untuk mengasah ketajaman berpikir. Dia berharap lebih banyak anak Indonesia yang mendapatkan pengalaman terbaik sebagai mahasiswa.

Nadiem mengatakan, pengajaran di dalam kelas seringkali tidak mampu mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Akibatnya, mahasiswa ketika lulus merasa kebingungan atau kesulitan menghadapi dinamika dunia kerja.

“Kami ingin situasi tersebut berubah. Caranya dengan transformasi sistem pendidikan tinggi agar lebih relevan dengan dunia di luar kampus,” kata Nadiem.

Bekerja
Menurut Nadiem, program-program Kampus Merdeka harus membuka keleluasaan bagi mahasiswa untuk bekerja dengan praktik terbaik di dunia industri, organisasi kemanusiaan, dan institusi penelitian kelas dunia.

IISMA adalah salah satu program Kampus Merdeka yang mendapat dukungan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

“Jumlah perguruan tinggi mitra yang terlibat dalam inisiatif (IISMA) hari ini telah mencapai 73 perguruan tinggi dari 28 negara. Ini luar biasa. Awal yang sangat baik ini membuat saya sangat optimistis dengan keberlanjutan program ini di masa depan,” kata Nadiem.

Nadiem menambahkan semua program Kampus Merdeka memberikan pengakuan kredit/SKS bagi mahasiswa yang berpartisipasi sehingga bisa berkontribusi langsung untuk pembelajaran mereka. Dari sisi dosen, keuntungan yang didapatkan adalah proyek penelitian dalam program Kampus Merdeka juga akan diakui sebagai bagian dari kinerja dosen.

"Mahasiswa yang memenuhi syarat terlepas dari latar belakang dan asal perguruan tinggi akan mendapatkan kredit (SKS) dari perguruan tinggi luar negeri yg menjadi mitra," katanya.

IISMA diharapkan menjadi modal mahasiswa untuk menapak jenjang karier dan menjadi calon pemimpin bangsa berwawasan global. Selain itu diharapkan mahasiswa mempunyai wawasan global dan mampu membangun jaringan internasional dengan mahasiswa, dosen/peneliti di luar negeri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumor Kudeta Tiongkok, Xi Jinping Disebut Jadi Tahanan Rumah

Rumor kudeta Tiongkok dan Xi Jinping sebagai tahanan rumah menjjadi salah satu topik trending teratas di Twitter

NEWS | 25 September 2022

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Enea Bastianini Tak Mau Kehilangan Momen di Motegi

Enea Bastianini Tak Mau Kehilangan Momen di Motegi

SPORT | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings