Gibran: 12 Pemudik Dikarantina di Solo
Logo BeritaSatu

Gibran: 12 Pemudik Dikarantina di Solo

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:53 WIB
Oleh : JEM

Solo, Beritasatu.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebutkan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Jawa Tengah sudah menangani 12 pemudik dengan cara dikarantina di Solo Technopark untuk mencegah penularan Covid-19.

"Ada sebanyak 12 pemudik yang sudah masuk karantina dan dua di antaranya asal Tangerang dinyatakan positif Covid-19 kini sudah dirawat di rumah sakit rujukan," kata Gibran di sela acara memantau kegiatan penyekatan dan pemeriksaan arus mudik, di Pospam Faroka Jajar Solo, Selasa (11/5/2021).

Menurut Gibran, dari 12 pemudik yang dikarantina tersebut kebanyakan kiriman dari Satgas Jogo Tonggo. Namun, dua pemudik yang positif Covid-19 sudah ditangani di Rumah Sakit Bung Karno Surakarta.

Dari 12 orang pemudik yang ditemukan tersebut mayoritas berasal dari Jakarta. Mereka yang lolos dari pos pengamanan (pospam) berbatasan, pasti di tingkat Satgas Jogo Tonggo ketahuan langsung akan dijemput untuk dikarantina.

Gibran mengatakan pada kegiatan pemeriksaan larangan mudik di Pospam Faroka Solo terpantau kebanyakan kendaraan dari luar kota mereka banyak yang membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), artinya masyarakat sudah mulai mengerti dan memahami situasi seperti ini perlunya disiplin protokol kesehatan.

"Saya melihat langsung kegiatan penyekatan berjalan terus di perbatasan-perbatasan, tetapi arus lalu lintas tidak terlalu ramai. Warga mulai memahami dan mematuhi aturan untuk tidak mudik terlebih dahulu," kata Gibran.

Selain itu, Gibran menjelaskan menjelang Lebaran dipastikan tempat perbelanjaan seperti mal di Solo akan ramai dikunjungi masyarakat.

Namun, pihaknya sudah menghubungi pengelola mal-mal dan melakukan tes usap secara acak di tiga mal di Solo.

"Intinya kami sudah mengantisipasi semua. Mal pasti ramai dikunjungi masyarakat karena mereka ingin belanja kebutuhannya," kata Gibran.

"Namun, hal itu, sudah diantisipasi agar prokesnya tetap ketat di mal," kata Gibran.

Selain itu, pihalnya pada Lebaran tempat wisata di Solo seperti Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dan Balekambang tetap buka tetapi pengunjung tetap dibatasi baik jumlah maupun waktunya. Sehingga, potensi terjadi kerumunan dapat diantisipasi.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bulog Lebak-Pandeglang Bantah Tudingan Tak Layani Konsumen

Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Lebak-Pandeglang membantah jika pihaknya menolak untuk menjual daging ke masyarakat.

NASIONAL | 11 Mei 2021

Pegawai KPK yang Lolos TWK Akan Dilantik pada Hari Pancasila

Dari hasil asesmen tes wawasan kebangsaan yang dinyatakan memenuhi syarat sejumlah 1.274 peserta, dan yang tidak memenuhi syarat sejumlah 75 orang.

NASIONAL | 11 Mei 2021

Nadiem Makarim Luncurkan Program Pertukaran Mahasiswa ke Luar Negeri

Program ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti pembelajaran selama 1-2 semester di perguruan tinggi seluruh dunia.

NASIONAL | 11 Mei 2021

Hary Tanoe: La Nyalla Tegas dan Cocok Jadi Pemimpin

Hary Tanoe mengatakan La Nyalla orangnya bisa dipercaya, apa yang dikatakan bisa dipegang. Jadi cocok sebagai seorang pemimpin.

NASIONAL | 11 Mei 2021

4.942 Anak di Sumatera Barat Terpapar Covid-19

Sejak dibuka kembali sekolah tatap muka di Sumbar pada Januari hingga Mei 2021 terdapat penambahan kasus baru Covid-19 pada anak sebanyak 2.305 orang.

NASIONAL | 11 Mei 2021

Kasus Bupati Nganjuk, Polisi Dalami Aliran Dana ke Parpol

Meski begitu, menurut Argo, hingga kini belum didapati temuan adanya dana yang masuk ke partai politik. Meski begitu, penyidik masih terus bekerja.

NASIONAL | 11 Mei 2021

Bupati Nganjuk dan Enam Tersangka Lainnya Resmi Ditahan Mulai Hari Ini

“Dari penangkapan itu, kita telah memeriksa beberapa saksi, ada 18 saksi diperiksa terkait penangkapan," sambung Argo.

NASIONAL | 11 Mei 2021

Polri Periksa 18 Saksi Terkait OTT Bupati Nganjuk

Penyidikan kasus OTT Bupati Nganjuk dilanjutkan oleh Bareskrim Polri. Terdapat tujuh tersangka dalam kasus tersebut, termasuk Bupati Nganjuk.

NASIONAL | 11 Mei 2021

Dishub: Pelanggar Larangan Mudik di Sulteng Nihil

Akan tetapi, Pemprov Sulteng juga memberi kelonggaran mudik, khusus antarkota dan kabupaten berdekatan.

NASIONAL | 11 Mei 2021

Penyuap Edhy Prabowo Mulai Jalani Hukuman di Lapas Cibinong

Dalam perkara tersebut, Suharjito dihukum dua tahun pidana penjara lantaran terbukti memberikan suap kepada mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

NASIONAL | 11 Mei 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS