Logo BeritaSatu

Kemdikbudristek dan LPDP Buka Program Beasiswa Gelar dan Non-Gelar untuk SDM Dikti

Rabu, 12 Mei 2021 | 19:32 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) serta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuka beasiswa gelar dan non-gelar untuk sumber daya manusia (SDM) pendidikan tinggi (dikti). Beasiswa tersebut merupakan tindak lanjut dari program Merdeka Belajar Episode 10 yaitu perluasan program beasiswa LPDP.

Dirjen Dikti Kemdikbudristek, Nizam mengatakan program beasiswa gelar dan non-gelar bagi SDM Dikti merupakan upaya untuk mencapai delapan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi.

“Pada dasarnya Merdeka Belajar Kampus Merdeka diluncurkan untuk menghindari terjadinya mismatch antara perguruan tinggi dengan dunia kerja,” kata Nizam dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Rabu (12/5/2021).

Melalui Kampus Merdeka, Kemdikbudristek menghadirkan berbagai skema pembiayaan studi untuk dikti akademik dan dikti vokasi dan profesi. Salah satunya, bekerja sama dengan LPDP, meluncurkan skema pembiayaan terdiri atas program gelar dan non-gelar yang bertujuan untuk mencetak SDM unggul dan berkompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan masa depan, baik di lingkup lokal maupun global.

“Kita memberikan semangat Kampus Merdeka ini dengan menggerakkan mahasiswa kita belajar dari kampus kehidupan melalui sembilan kegiatan Kampus Merdeka yang saat ini sudah diluncurkan dan sudah banyak program yang dijalankan,” kata Nizam.

Sementara itu, Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso mengatakan bahwa LPDP telah diberi amanah oleh negara ini untuk mengelola dana abadi. Dana tersebut harus dimanfaatkan antargenerasi untuk kemajuan bangsa.

“Jadi dana abadi ini akan tetap abadi dan harapannya dalam waktu yang tidak lama akan meningkat, sehingga kita memiliki anggaran yang cukup untuk pengembangan SDM,” kata Dwi.

Dwi mengibaratkan Kemdikbudristek dan LPDP satu perahu atau satu rumah dengan satu pintu, tetapi memiliki dua jendela.

“Kita join force, resources dan sumber daya kita bagi bersama-sama sehingga tidak terjadi lagi duplikasi dan kita bisa menyasar kepada tujuan penting yaitu kemajuan bangsa,” ujar Dwi.

Kemdikbudristek menjadikan program Kampus Merdeka sebagai strategi dalam menjawab tantangan global, tantangan nasional, dan memperbaiki mata rantai yang putus pada dunia dikti. Dalam penerapannya, Ditjen Dikti melandaskan kepada delapan IKU perguruan tinggi.

Pertama, lulusan mendapat pekerjaan yang layak. Kedua, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus Ketiga, dosen berkegiatan di luar kampus. Keempat, praktisi mengajar di dalam kampus.

Kelima, hasil kerja dosen digunakan masyarakat/mendapat rekognisi/pengakuan internasional. Keenam, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia. Ketujuh, kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Kedelapan, program studi berstandar internasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 24 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pelatih Timnas Curacao Sebut Indonesia Tampil Bagus

Pelatih Timnas Curacao Sebut Indonesia Tampil Bagus

BOLA | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings