Logo BeritaSatu

Pengamat Politik: Belum Ada Jaminan Anies Baswedan Dicalonkan di Pilpres 2024

Jumat, 14 Mei 2021 | 15:19 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / EHD

Jakarta, Beritasatu.com – Pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens mengatakan meski Anies Baswedan telah melakukan beberapa pertemuan dengan elite politik atau partai politik beberapa hari terakhir ini, tetap belum ada jaminan Gubernur DKI Jakarta ini akan dicalonkan menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Tetapi apakah betul Anies Baswedan akan dicalonkan? Belum ada jaminan. Logika politik biasanya cak, tidak selalu linear,” kata Boni Hargens kepada Beritasatu.com, Jumat (14/5/2021).

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) ini mengakui banyak partai melihat Anies Baswedan sebagai aset pemilu, karena sosoknya yang dikenal luas meskipun penuh dengan kontroversi. Bahkan ada partai-partai tertentu tidak melihat kontroversi seputar Anies Baswedan dan kinerjanya sebagai gubernur merupakan persoalan tetapi justru melihat itu sebagai potensi elektoral.

“Situasi ini rumit bagi masyarakat yang rasional karena politik dalam persepsi publik selalu merupakan perihal kemaslahatan umum dimana di dalamnya terkandung kualitas moral publik yang perlu dijaga. Tetapi bagi sebagian politisi, politik hanyalah pertarungan kepentingan, tanpa harus mempertimbangkan bobot moral,” ujar Boni Hargens.

Menurutnya, Anies Baswedan tentu akan menjadi salah satu capres di 2024, jika tidak ada hambatan yang bersifat mutlak dan tetap yang sejalan dengan ketentuan dalam Undang-Undang (UU) Pilpres.

“Tetapi apakah Anies Baswedan adalah kandidat yang ideal? Itu pertanyaan yang esensial saat ini,” tukas Boni Hargens.

Apalagi saat ini, lanjut Boni, Indonesia menghadapi banyak persoalan rumit, mulai dari ancaman terhadap ketahanan Ideologi Pancasila oleh kemunculan radikalisme dari kelompok populis kanan sampai pada persoalan separatisme di Papua.

“Saat yang sama kita masih bergumul dengan pandemi. Kita butuh sosok yang kuat dan nasionalis sejati seperti Presiden Jokowi. Apakah Anies Baswedan bisa menampilkan sosok seperti itu setelah melihat catatan politiknya yang penuh dengan kisah kedekatan dengan kaum populis kanan? Apakah dia bisa menjamin Indonesia akan tetap menjadi role model bagi negara-negara Islam di dunia dalam hal berdemokrasi?,” ungkap Boni Hargens.

Justru skeptisisme muncul dari rekam jejak Anies Baswedan yang penuh kontroversi. Maka, tidak salah kalau banyak orang di media sosial selalu sinis dengan kinerja dan sosok AB yang kontroversial. “Anies Baswedan justru antithesis dari Jokowi,” tegas Boni Hargens.

Karena itu, Boni menilai pertemuan Anies Baswedan dengan beberapa elite politik atau partai politik hanyalah ritual politik biasa. Tidak ada yang perlu dilihat serius dalam pertemuan tersebut.

“Itu hanya ritual biasa sebelum pemilu. Partai politik tentu berusaha mencari peluang, ya memang sudah begitu seharusnya,” tutur Boni Hargens.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 24 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

NEWS | 57 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings