Logo BeritaSatu

Doni Monardo: Tutup Tempat Wisata yang Membahayakan dalam Penularan Covid-19

Sabtu, 15 Mei 2021 | 17:19 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Satgas daerah, terutama untuk Polda, harus berani mengambil langkah-langkah penertiban bahkan bila perlu menutup tempat wisata apabila dinilai membahayakan keselamatan masyarakat dalam konteks pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Kepala Satgas Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo pada konferensi pers daring tentang “Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pascalibur Lebaran”, Sabtu (15/5/2021).

Advertisement

Doni Monardo mengimbau pemda, pengelola tempat wisata, dan Polda untuk tidak membiarkan aktivitas publik melampaui 50%.

"Tempat-tempat wisata, mohon kiranya daerah berinisiatif jangan sampai dibiarkan aktivitas publik di tempat wisata melampaui 50%. Sekali lagi kami harapkan seluruh satgas daerah terutama untuk Polda harus berani mengambil keputusan langkah-langkah penertiban bahkan bila perlu apabila membahayakan keselamatan masyarakat lebih baik ditutup saja,” kata Doni Monardo.

Doni Monardo juga meminta pengelola tempat wisata bisa bekerja sama karena apabila pembukaan tempat wisata menyebabkan kasus Covid-19 aktif meningkat, maka semua kegiatan akan kembali mundur.

Dikatakan, kondisi saat ini masih terkendali. Bahkan Presiden Joko Widodo mengatakan, setelan kebijakan gas dan rem sudah tepat. Oleh karena itu, perlu kepedulian pemda untuk menaati semua aturan atau kebijakan telah dikeluarkan pemerintah pusat.

“Ini betul-betul kita harapkan bisa terlaksana dan bantuan dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat untuk setiap saat, setiap hari, saling mengingatkan tentang mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Menurut Doni, hanya dengan saling mengingatkan agar bisa mengurangi risiko. Pasalnya, apabila mampu mengendalikan kasus Covid-19 saat ini dan seandainya membaik sampai akhir Juni hingga pertengahan Agustus 2021 tentu kondisi tersebut dapat menjadi kado perayaaan Hari Kemerdekaan Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Transformasi Kesehatan Primer Jadi Solusi Pembangunan SDM

Transformasi Kesehatan Primer Jadi Solusi Pembangunan SDM

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings