Logo BeritaSatu

Reaksi terhadap Video TikTok Hina Palestina, Polda Bengkulu: Jangan Berlebihan

Rabu, 19 Mei 2021 | 20:32 WIB
Oleh : DAS

Bengkulu, Beritasatu.com - MS (19), siswi salah satu SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah, dikeluarkan dari sekolah karena membuat video TikTok berisi ujaran kebencian terhadap Palestina. Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Sudarno meminta masyarakat agar tidak bereaksi berlebihan. Sudarno juga meminta masyarakat menghentikan perundungan terhadap siswi tersebut.

"Kalau soal perundungan itu kita tidak bisa mengontrol, sebab itu sebuah reaksi karena adanya aksi, tetapi kami minta seluruh masyarakat tidak berlebihan sehingga mengeluarkan kata-kata kotor atau melakukan perundungan, apalagi siswi itu sudah minta maaf," kata Sudarno, di Bengkulu, Rabu (19/5/2021).

Sudarno juga meminta bagi masyarakat yang baru mendapatkan informasi tersebut di media sosial cukup menanggapi atau memberikan komentar dengan kata-kata yang bijak, seperti memberikan nasihat atau masukan sehingga tidak memperkeruh suasana.

Sudarno memastikan bahwa ujaran kebencian yang dilakukan MS (19), pelajar kelas II SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu dengan membuat video penghinaan terhadap Palestina di media sosial TikTok, tidak berlanjut ke proses hukum.

"Kalau di kepolisian sudah selesai. Kemarin yang bersangkutan sudah ditemui baik dari polres setempat maupun dari Polda. Dia sudah dinasihati agar lain kali tidak membuat konten yang meresahkan," ujarnya pula.

Sudarno juga mengimbau anak-anak muda yang aktif menggunakan media sosial untuk membuat konten yang positif, baik itu berupa video, foto, maupun tulisan sehingga tidak memunculkan keresahan di tengah masyarakat.

Ia juga meminta kepada orang tua untuk selalu mengawasi setiap aktivitas anaknya termasuk dalam menggunakan gawai, dan tidak mudah melepas anak menggunakan media sosial tanpa pemberian pendidikan sebelumnya.

"Ini menjadi pembelajaran untuk kita semua terkhusus kepada orang tua untuk lebih menjaga lagi aktivitas medsos anak-anaknya," ujarnya.

Reaksi terhadap Video TikTok Hina Palestina, Polda Bengkulu: Jangan Berlebihan
MS, siswi SMA di Bengkulu Tengah meminta maaf terkait video viral menghina Palestina.

Sebelumnya, MS membuat rekaman ujaran kebencian terhadap Palestina yang saat ini sedang berkonflik dengan Israel.

Dalam unggahan berdurasi 8 detik, yang sudah dihapus oleh TikTok, MS merekam dirinya menyuarakan hujatan terhadap Palestina.

Akibat ulahnya itu, MS dikeluarkan dari sekolahnya. Keputusan ini diambil setelah pihak sekolah mengevaluasi tata tertib sekolah dan pelanggaran MS, hasilnya yang bersangkutan dianggap sudah melampaui ketentuan.

MS telah menyampaikan permintaan maaf yang telah disebarluaskan di media sosial, dan menyatakan tindakannya itu adalah spontan sebagai bentuk keisengan dengan tujuan mengikuti tren bermedia sosial, dan ia tidak menyangka akan berbuntut panjang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-roasting Mamat Alkatiri

Fadli Zon merespons langkah rekannya di parlemen Hillary Brigitta Lasut yang melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua Imbau Pendukung Lukas Enembe Hormati Proses Hukum

Tokoh pemuda Papua, Ferdinand Tuamis berharap agar kelompok pendukung Gubernur Papua, Lukas Enembe agar menghormati proses hukum di KPK.

NEWS | 5 Oktober 2022

Selain Pidana, Hillary Lasut Pertimbangkan Gugat Mamat Alkatiri Secara Perdata

Tak hanya pidana, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Hillary Lasut mempertimbangkan menggugat komika Mamat Alkatiri secara perdata.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wajah Tersangka Pembunuhan Brigadir J Diperlihatkan Kecuali FS dan PC

Wajah tersangka pembunuhan Brigadir J diperlihatkan kepada publik di Kantor Jampidum Kejagung, Jakarta, pada Rabu (5/10/2022) siang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tim KPK Telah Sita Dokumen Terkait Kasus Garuda Indonesia

Tim dari KPK telah menyita berbagai dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia (Persero).

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kejagung Punya Strategi Lindungi Jaksa Selama Sidang Ferdy sambo

Kejagung mengaku memiliki strategi khusus untuk melindungi jaksa yang menangani sidang perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait perkara Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ini yang Akan Digali dalam Pemeriksaan Kasus KDRT Rizky Billar

Proses penyidikan kasus KDRT Rizky Billar terus berlanjut, polisi telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap dirinya pada Kamis, (6/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Bharada E Dkk Kembali Ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Bharada E dua tersangka lainnya dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir  Brigadir J kembali ditahan di rutan Bareskrim Polri.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Asus ExpertCenter D5, <em>Desktop</em> PC Terbaik untuk Bisnis

Asus ExpertCenter D5, Desktop PC Terbaik untuk Bisnis

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings