Logo BeritaSatu

Mulai Giling Tebu, PTPN X Targetkan Produksi 330.000 Ton Gula

Kamis, 20 Mei 2021 | 22:15 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / EHD

Kediri, Beritasatu.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X yang merupakan anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) tahun 2021 menargetkan produksi gula sebanyak 330.000 ton atau menyumbang sekitar 12 persen sampai 15 persen dari target produksi gula nasional sebesar 900.000 ton.

Mengawali produksi gula 2021, PTPN X menandainya dengan menggelar prosesi awal giling Pabrik Gula (PG) Ngadirejo di Kediri, Jawa Timur, Kamis (20/5/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Rionald Silaban, Asisten Deputi Kementerian BUMN Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan, Rachman Ferry Isfianto, Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani, Direktur PTPN X Aris Toharisman dan Direktur Pelaksana I Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Dikdik Yustandi.

Direktur PTPN X Aris Toharisman menyatakan, PG Ngadiredjo menjadi PG pertama milik PTPN X yang mengawali giling di tahun 2021 dan akan segera diikuti oleh kedelapan pabrik gula lainnya.

PG Ngadiredjo akan menggiling tebu sebanyak 732.615 ton dengan rendemen 8,25 persen dan memproduksi gula sebesar 60.538 ton. Rencananya, giling PG Ngadiredjo akan berlangsung hingga September 2021.

“Target kita tahun ini untuk produksi gula sebesar 330.000 dengan tebu giling sebanyak 4 juta ton. Artinya, PTPN X akan tetap memberikan kontribusi terhadap produksi nasional sekitar 12 persen sampai 15 persen dan ini termasuk salah satu perusahaan yang memberikan kontribusi terbesar di Indonesia.

Ada pun angka rendemen kita targetkan sebesar 8,03 persen dengan produktivitas 73,17 ton per hektar. Kita optimistis dengan target itu dan tahun ini lebih baik dari tahun lalu yang produksi gula kita 275 ribu ton,” katanya.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, Mohammad Abdul Ghani mengatakan, PTPN yang tahun ini mengoperasikan 34 PG dari total 45 PG yang dimilikinya saat ini telah menyusun road map gula nasional, dimana dalam 4 tahun sampai 2024 mendatang akan meningkatkan produksi gulanya menjadi 1,8 juta ton.

Ketika itu tercapai maka Indonesia bersama PTPN, RNI dan swasta paling tidak akan menghasilkan gula sebanyak 2,3 juta ton dan jumlah itu adalah kebutuhan gula konsumsi nasional pada 2024.

“Target itu chalanging dan kami telah melakukan upaya-upaya secara internal dan ekstensifikasi areal tanam yang selama ini areal PTPN hanya 55 ribu hektar akan kita tingkatkan menjadi 85.000 hektar dengan menjalin kerja sama baik dengan Perhutani yang paling tidak ada tambahan lahan sekitar 50.000 hektar, lalu dengan Pemerintah Daerah dengan mengoptimalisasi lahan-lahannya,” katanya.

PTPN juga akan meningkatkan kerja sama dengan para petani dalam hal tata kelola lahan perkebunan mereka, sehingga kedepan mereka bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya.

“Dengan demikian, apa yang menjadi road map PTPN ini bukan saja menyejahterakan PTPN tapi juga petani. Kami sudah berjanji kepada pemerintah mulai tahun ini PTPN memasuki sektor riil, targetnya tahun 2024 sebanyak 400.000 ton produksi gula kami jual ke konsumen agar harga di konsumen bisa kami kendalikan. Tujuannya, PTPN sebagai kepanjangan tangan pemerintah bukan hanya menghasilkan laba tapi juga kemanfaatan kepada negara dan masyarakat,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, tahun ini target produksi gula PTPN sebanyak 900 ribu ton, naik 20 persen dari tahun lalu sebanyak 700 ribu ton. “Dari taksasi di lapangan, kami optimistis target itu akan tercapai. Meskipun transformasi di PTPN baru satu tahun, semua produksi di PTPN naik. Bantuan dan dukungan pemerintah harus dibuktikan dengan produktivitas yang lebih baik. Kita yakin kedepan PTPN akan menjadi pelaku yang bisa diperhitungkan,” imbuh Ghani.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban, mengatakan, perkebunan merupakan bagian dari denyut ekonomi Indonesia, oleh karena itu sektor perkebunan merupakan sektor yang penting dimana pemerintah telah mengucurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar 4 triliun.

Menurut dia, PTPN Group telah berupaya keras meyakinkan pemerintah bahwa dana yang telah dikucurkan berhasil guna. “Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, merupakan momentum yang pas dengan hari giling tebu perdana. Kami percaya penuh atas implementasi strategi Holding Perkebunan. Kami berharap dana investasi yang dikucurkan pemerintah dapat mendongkrak kinerja Holding Perkebunan dan selaras dengan tujuannya semula, yaitu dapat memulihkan perekonomian nasional dan dapat menjadi perusahaan yang memiliki produktivitas terbaik di industri gula nasional,” ujarnya.

Aris menambahkan, dana PEN yang diterima PTPN X sebesar Rp 327,629 miliar dimanfaatkan untuk on farm sebesar Rp 274,45 miliar dan off farm sebesar Rp 53,2 miliar.

“Dana PEN akan kami manfaatkan seoptimal mungkin untuk peningkatan kinerja PTPN X khususnya di komoditas gula, salah satunya untuk perluasan areal (peremajaan tanaman), pembibitan, pembangunan sarana irigasi, menekan down time pabrik, dan sebagainya,” jelas Aris.

Sementara itu, Direktur Pelaksana I LPEI Dikdik Yustandi menyatakan, LPEI sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan mendukung upaya PTPN dalam menjalankan rencana bisnisnya. Dukungan itu diberikan dalam bentuk pendampingan dan pengawasan semua bentuk pemanfaatan dana investasi pemerintah.

"LPEI yakin PTPN mampu mengelola dana tersebut dengan baik. Dengan demikian PTPN akan terus tumbuh dan Program Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional berjalan dengan baik," ungkap Dikdik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings