Logo BeritaSatu

Selalu Unggul dalam Survei, Mungkinkah Ganjar Digaet Parpol Lain?

Senin, 24 Mei 2021 | 13:40 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, semakin mencuat ke publik setelah tak diundang di rapat DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah yang dihadiri oleh Puan Maharani. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa ada konflik terkait Pilpres 2024 di mana Puan juga digadang-gadang maju.

Padahal, fakta hasil survei sejumlah lembaga sejak tahun 2021 menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar memang jauh di atas Puan Maharani.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, mengatakan bahwa konflik menyangkut Ganjar melawan kubu Puan, memungkinkan sang gubernur digaet oleh partai politik (Parpol) lain sebagai bakal capres di 2024. Namun, kondisi itu takkan mudah bahkan cenderung sulit.

Pertama, pilpres masih lama dan keputusan partai biasanya diambil jelang pendaftaran pada Juni 2023.

Kedua, elektabilitas Ganjar harus bertahan tetap tinggi. Sementara perjalanan popularitas Ganjar baru naik setelah Covid-19 di mana sang gubernur memang banyak diliput media. Kenaikan elektabilitas Ganjar ini sejalan dengan kepala daerah lain.

"Kalau Covid-nya selesai dan menurun, apakah elektabilitas Ganjar bisa bertahan?" kata Qodari, Senin (24/5/2021).

Ketiga, pencapresan Ganjar akan tergantung analisa parpol sendiri atas sejauh mana kekuatannya. Kalau elektabilitas Ganjar sangat terkonsentrasi di Jateng, Qodari menilainya agak berbahaya.

"Kalau bicara Jateng, sesungguhnya yang kuat bukan figurnya tetapi PDIP sebagai partai. Istilahnya, Jateng itu kandang banteng. PDIP sangat kuat di Jateng, karena dia bukan sekadar partai, tetapi ada akar budaya, kultural, dan ideologi mendalam," urainya.

Contohnya Prabowo saat maju di Pilpres 2019, menaruh pusat kampanyenya di Solo. Hasilnya tak maksimal karena justru itu memicu "tanduk banteng" keluar.

"Justru banteng keluar tanduknya. Jika partai lain, menilai elektabilitas Ganjar hanya di Jateng, agak sulit parpol lain mendukung Ganjar. Karena toh akan sulit mengalahkan suara PDIP di Jateng," pungkas Qodari.

Jika dicek satu persatu, Ganjar memang unggul jauh dibanding nama lainnya di PDIP. Baik itu Menteri Sosial Tri Rismaharini maupun Puan yang memiliki posisi strategis sebagai mantan Menko PMK dan kini Ketua DPR.

Catat saja, hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 25-31 Januari 2021, Ganjar berada di nomor satu untuk calon dari PDIP dengan 10,6%. Sementara Puan di angka 0,1%.

Charta Politika dalam surveinya pada 20-24 Maret 2021, Ganjar Pranowo meraih elektabilitas 16%, sementara Puan di angka 1,2%.

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 28 Februari-8 Maret 2021 menemukan elektabilitas Ganjar Pranowo di 13,2%, sementara Puan Maharani di 5,7%.

Indonesia Political Opinion memotret pada survei 10 Maret-4 April 2021, elektabilitas Ganjar Pranowo di 12,6%, sementara Puan Maharani 1,6%.

Sementara survei oleh Indikator Politik Indonesia pada 13-17 April 2021, Ganjar tetap teratas dengan 15,7%, sedang Puan hanya mendapat 2,9%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-roasting Mamat Alkatiri

Fadli Zon merespons langkah rekannya di parlemen Hillary Brigitta Lasut yang melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua Imbau Pendukung Lukas Enembe Hormati Proses Hukum

Tokoh pemuda Papua, Ferdinand Tuamis berharap agar kelompok pendukung Gubernur Papua, Lukas Enembe agar menghormati proses hukum di KPK.

NEWS | 5 Oktober 2022

Selain Pidana, Hillary Lasut Pertimbangkan Gugat Mamat Alkatiri Secara Perdata

Tak hanya pidana, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Hillary Lasut mempertimbangkan menggugat komika Mamat Alkatiri secara perdata.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wajah Tersangka Pembunuhan Brigadir J Diperlihatkan Kecuali FS dan PC

Wajah tersangka pembunuhan Brigadir J diperlihatkan kepada publik di Kantor Jampidum Kejagung, Jakarta, pada Rabu (5/10/2022) siang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tim KPK Telah Sita Dokumen Terkait Kasus Garuda Indonesia

Tim dari KPK telah menyita berbagai dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia (Persero).

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kejagung Punya Strategi Lindungi Jaksa Selama Sidang Ferdy sambo

Kejagung mengaku memiliki strategi khusus untuk melindungi jaksa yang menangani sidang perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait perkara Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ini yang Akan Digali dalam Pemeriksaan Kasus KDRT Rizky Billar

Proses penyidikan kasus KDRT Rizky Billar terus berlanjut, polisi telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap dirinya pada Kamis, (6/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Bharada E Dkk Kembali Ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Bharada E dua tersangka lainnya dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir  Brigadir J kembali ditahan di rutan Bareskrim Polri.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-<em>roasting</em> Mamat Alkatiri

Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-roasting Mamat Alkatiri

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings