Fakultas Teknik UI Latih Siswa Jalanan dan Duafa Bercocok Tanam
Logo BeritaSatu

Fakultas Teknik UI Latih Siswa Jalanan dan Duafa Bercocok Tanam

Senin, 24 Mei 2021 | 23:11 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) mengadakan program pelatihan bercocok tanam atau urban farming dan green house kepada para 50 orang siswa jalanan serta kalangan duafa di Sekolah Master, Depok, Jawa Barat.

Dosen Teknik Mesin FT UI, Nasruddin mengatakan program ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan sejak 20 November 2020. Program tersebut melibatkan para staf pengajar FT UI dan para mahasiswa dengan tujuan pengenalan urban farming dan pengembangan green house.

“Dalam pengenalan urban farming, mereka mengenalkan teknik pembuatan green house sebagai media untuk bercocok tanam sehingga para peserta dapat langsung mengaplikasikannya,” kata Nasruddin dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (24/5/2021).

Nasruddin menambahkan tujuan pengenalan green house adalah untuk memanfaatkan ruang kosong di salah satu atap gedung sekolah. Hal tersebut untuk menjawab permasalahan lahan yang kerap terjadi di kota-kota di Indonesia.

Nasruddin menyebut metode yang digunakan adalah media tanam dari hasil olahan limbah baglog tanaman jamur, kemudian dicampur dengan pupuk dan vitamin organik untuk tanaman.

“Metode ini diharapkan bisa menjadi menjawab permasalahan pertanian kota dan permasalahan terkait pengolahan limbah organik, meningkatkan nilai ekonomi, kemandirian, nilai gizi serta peningkatan skill atau kapasitas lulusan Sekolah Master ini,” kata Nasruddin.

Nasruddin berharap konsep pelaksanaan urban farming bisa dikembangkan dan disebarluaskan menjadi program unggulan bagi Kota Depok dan kota besar lainnya agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Pihak Pengelola Sekolah Master melaporkan sejak pelaksanaan program urban farming dan green house enam bulan yang lalu. Program ini berhasil dicapai dengan hasil panen sebanyak dua kali, dan digunakan untuk bahan masak pada dapur umum milik Sekolah Master serta dijual sebagai penambahan nilai ekonomis bagi siswa Sekolah Master,” ucap Nasruddin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Inggris Amankan Komitmen G-7 Atasi Perubahan Iklim

Semua negara berkomitmen untuk mencapai emisi nol karbon paling lambat pada tahun 2050, dengan target pengurangan emisi yang signifikan pada tahun 2020-an.

NASIONAL | 24 Mei 2021

Jawa Tengah Fokus Tuntaskan Kasus Covid-19 di Tiga Kabupaten

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui instansi terkait fokus menuntaskan penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, Cilacap, dan Kendal.

NASIONAL | 24 Mei 2021

Advokat DPN Indonesia Dapat Kemudahan Miliki Kantor Premium di Jakarta dan Bali

Ribuan advokat yang tergabung dalam Dewan Pengacara Nasional (DPN) Indonesia akan mendapat kemudahan untuk memiliki kantor eksklusif di Jakarta dan Bali.

NASIONAL | 24 Mei 2021

Kasus Vaksinasi Ilegal di Medan, Polda Sumut Periksa Plt Kadis Kesehatan

Meski telah menetapkan empat tersangka kasus vaksinasi ilegal, Polda Sumut masih mengembangkannya dengan memeriksa sejumlah saksi.

NASIONAL | 24 Mei 2021

Misbakhun Sarankan Menkeu Benahi Cara Pemungutan Pajak ketimbang Naikkan PPN

Misbakhun menegaskan seharusnya Kemkeu memiliki opsi di luar menaikkan tarif pajak, misalnya, membuat sistem pajak penjualan yang lebih sederhana.

NASIONAL | 24 Mei 2021

Berupaya Kabur, Suami Istri Terindikasi Covid-19 Diamankan Tim Gabungan

Personel tim gabungan mengamankan pasangan suami istri berinisial SP dan HW yang berupaya melarikan diri usai diketahui terindikasi positif Covid-19.

NASIONAL | 24 Mei 2021

PPDB 2021, Kemdikbudristek Pastikan Tidak Ada Lagi Kisruh Umur

Kemdikbudristek memastikan tidak akan ada lagi kisruh umur dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2021.

NASIONAL | 24 Mei 2021

Modus Kecurangan PPDB Online, Pemalsuan KK Sampai Oknum Janjikan Jalan Pintas

Contoh sejumlah modus kecurangan dalam PPDB 2020 yaitu pemalsuan Kartu Keluarga (KK) dan oknum yang menjanjikan jalan pintas.

NASIONAL | 24 Mei 2021

KPK Hormati Laporan Perwakilan 75 Pegawai ke Komnas HAM

KPK menghormati adanya pelaporan oleh perwakilan dari 75 pegawai KPK ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)

NASIONAL | 24 Mei 2021

Hadapi Sidang Praperadilan, Kuasa Hukum RJ Lino Optimistis Menang

Kuasa hukum Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino atau RJ Lino, Agus Dwiwarsono optimistis memenangkan praperadilan melawan KPK

NASIONAL | 24 Mei 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS