Logo BeritaSatu

Doni Monardo Sebut BNPB Seperti Kopassus, Tak Pernah Istirahat

Selasa, 25 Mei 2021 | 16:27 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Doni Monardo mengakhiri masa tugasnya sebaga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tongkat komando BNPB pun resmi beralih ke Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Doni menyebut BNPB ibarat Kopassus (Komando Pasukan Khusus). Pasalnya, selama bertugas di BNPB, ia nyaris tidak pernah beristirahat.

"Pak Ganip saya katakan bahwa BNPB ini ibarat Kopassus. Bahkan dalam kondisi darurat Covid-19 dan juga penanganan bencana di berbagai daerah, nyaris tidak pernah istirahat," katanya dalam serah terima jabatan Kepala BNPB di Aula Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta (25/5/2021).

Jadi, lanjut Doni, sebagai Kepala BNPB, ia menghadapi kalangan sipil yang berjiwa militan. "Rasanya sulit sekali menemukan ASN yang punya dedikasi yang luar biasa," tuturnya.

Doni Monardo bersyukur, selama 2 tahun 4 bulan ini diberikan kesempatan Presiden Jokowi untuk memimpin penanggulan bencana.

"Ditambah lagi penanganan Covid-19," ungkap Doni.

Doni mengatakan bahwa menjadi Kepala BNPB merupakan pekerjaan yang membutuhkan stamina dan juga keteguhan hati. Hal itu dikarenakan dirinya menghadapi begitu banyak persoalan yang tidak mudah di daerah ketika bencana terjadi.

"Ini adalah pekerjaan yang luar biasa. Dari aspek kemanusiaan dibutuhkan stamina yang sangat kuat, dan juga diperlukan keteguhan hati karena menghadapi persoalan yang tidak mudah," kata Doni.

Menurutnya, BNPB juga masih menghadapi sejumlah persoalan yang belum selesai dalam program rehabilitasi dan rekonstruksi di berbagai daerah. Apalagi begitu seringnya bencana terjadi, mulai dari gempa bumi, tsunami, likuifaksi, erupsi gunung berapi, hingga ancaman hidrometeorologi.

"Tetapi semuanya dapat terkendali dengan baik ini semuanya berkat kerja keras kolaborasi para ASN BNPB. Sekali lagi luar biasa saya sampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setinggi-tingginya," tutup Doni.

Diketahui, Doni akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Catat Ya! Indonesia Punya Startup Gaming Hub Berkelas Dunia

Catat Ya! Indonesia Punya Startup Gaming Hub Berkelas Dunia

LIFESTYLE | 6 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings