Logo BeritaSatu

Pulihkan Pariwisata, Kalbis Institute Gelar Webinar Bersama Dubes RI untuk Tiongkok

Sabtu, 29 Mei 2021 | 22:10 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia, Dino Kusnadi yang mewakili Dubes Djauhari Oratmangun menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergisitas antarlembaga baik pemerintahan, swasta, maupun antarnegara dengan harapan pemulihan ekonomi karena pandemik Covid-19 ini berangsur cepat membaik.

Hal itu dikatakan Dino Kusnadi dalam webinar Leaders of The Years 2021 yang diselenggarakan Kalbis Institute dengan tema “Pemulihan Pariwisata Berbasis Sinergisitas Pemerintah, Industri, dan Institusi Pendidikan di Indonesia Pasca Pandemi,” Jumat (28/5/2021).

Turut hadir sebagai pembicara Prita Gero, Assistant Marketing Communications Manager Santika Indonesia Hotel & Resorts, dan Rektor Kalbis Insitute Naik Henokh Parmenas.

Dino Kusnadi mengatakan selain kolaborasi, pengembangan potensi dirasakan sangat penting, terlebih saat ini sangat banyak sekali potensi ekonomi khususnya ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan secara khusus antara Indonesia dan Tiongkok.

Dino Kusnadi menjelaskan potensi ekonomi digital antar kedua negara, dan khususnya Indonesia yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi digital dengan target mencapai US$ 130 miliar di tahun 2030.

Dino Kusnadi juga memaparkan berbagai macam strategi pemulihan serta kegiatan promosi guna mendongkrak wisatawan asing ke Indonesia khususnya yang berasal dari Tiongkok. Salah satu strategi yang dibuat adalah pemberian insentif bebas bea di beberapa usaha pariwisata.

“Kami juga menjalankan dan mempromosikan #WorkFromBali dengan berbagai paket kerja sama, yang diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan Tiongkok ke Indonesia dan mampu meningkatkan perekonomian pengusaha sehingga mampu mendorong roda perekonomian juga di Indonesia,” ujar Dino Kusnadi dalam siaran pers yang diterima Beritasatu, Sabtu (29/5/2021).

Hal senada disampaikan Prita Gero yang memaparkan pentingnya kolaborasi dan insentif bagi para pelaku industri, hal ini sangat mendukung dalam mendongkrak kondisi dan kesehatan financial bagi pihak swasta.

Hal ini tidak hanya akan membawa dampak baik bagi para pelaku usaha pariwisata namun juga bagi Indonesia. Dengan menambah jumlah wisatawan akan menambah pula tingkat okupansi kamar, sehingga pemulihan ini akan terasa nyata bagi pengusaha pariwisata serta ekonomi kreatif.

“Baik sekali program Work From Bali. Strategi kami adalah menciptakan suasana Bali di seluruh hotel kami. Kami juga melakukan kerja sama melalui beberapa program televisi dengan harapan mampu memulihkan situasi yang ada,” ujar Prita Gero.

Merespon hal tersebut, Kalbis Institute secara aktif menyiapkan lulusan yang siap kerja dan siap mendukung program pemulihan pariwisata yang dicanangkan pemerintah. Salah satu yang telah dilakukan adalah meyiapkan program Master of Management in Hotel Management.

Melalui program ini, lulusan Kalbis Institute akan memiliki kemampuan analisis serta pengembangan proyeksi pariwisata ke depannya.

Selain itu, Kalbis Institute juga menyiapkan program MM in Retailing bekerja sama dengan People Skills Asia dari Singapore dan APRA dari Malaysia, MM-MBA Business Strategy bekerja sama dengan APRA yang berkoneksi dengan University of York St John United Kingdom, MM in Digital Business and FinTech, MM in Entrepreneurship and Innovation, MM in Digital Marketing, dan MM in Sustainable Development.

Hal ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam menyiapkan SDM unggul yang dipersiapkan dalam memulihkan perekonomian di Indonesia pasca pandemik Covid-19.

“Dengan itu semua kami berharap setiap mahasiswa mampu memiliki soft skills yang baik dan sesuai dengan kebutuhan industri. Karena saya percaya bahwa hard skill mampu digantikan dengan keberadaan mesin dan teknologi, tapi tidak bagi soft skills, sehingga saya percaya bahwa soft skills adalah hard skills di masa depan, dan kami mau lulusan Kalbis Institute memiliki itu semua,” pungkas Naik Henokh Parmenas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim

Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening dilaporkan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

NEWS | 29 September 2022

Perindo Bidik 20% Kursi DPRD di Kalimantan Timur

Hary Tanoesoedibjo (HT) membidik perolehan 20 persen kursi legislatif atau DPRD provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Perindo.

NEWS | 29 September 2022

Tokoh Adat Papua Imbau Semua Pihak Jaga Situasi Damai

Tokoh adat dari Sentani, Jayapura, Papua, Yanto Eluay mengimbau semua pihak di Tanah Papua untuk menjaga situasi damai.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Masyarakat Berwisata di dalam Negeri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah mengajak masyarakat untuk melakukan wisata di dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Ini Tips Investasi Aman dan Legal di Era Digital

Dibutuhkan pemahaman yang baik dan tepat mengenai ragam investasi secara digital tersebut agar terhindar dari kerugian.

NEWS | 29 September 2022

Skor Efektivitas Pemerintahan Modal Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Peningkatan skor efektivitas pemerintahan di Indonesia versi Bank Dunia, menjadi modal besar bagi pemerintah menciptakan visi birokrasi kelas dunia.

NEWS | 29 September 2022

Abdillah Toha Nilai Mahfud MD Sosok Bersih dan Tegas

Cendekiawan muslim Abdillah Toha menilai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai sosok yang bersih dan tegas.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Tegaskan Percepat Belanja Produk Dalam Negeri

Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran terkait  mempercepat realisasi komitmen belanja produk dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Urgensi Negara Islam Berubah, Palestina Berdaulat Sudah Bukan yang Utama

Urgensi negara-negara Islam atau negara dengan banyak penduduk Islam telah berubah, tak lagi mengutamakan Palestina yang berdaulat.

NEWS | 29 September 2022

DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Komitmen Selamatkan Bumi

DPR telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik gedung wakil rakyat.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dugaan Pencemaran Nama Baik, Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings