Logo BeritaSatu

6 IAIN Resmi Berubah Jadi Universitas Islam

Minggu, 30 Mei 2021 | 10:12 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 6 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) secara resmi telah berubah statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Setelah melalui proses panjang transformasi kelembagaan, usulan 6 IAIN menjadi UIN telah mendapatkan persetujuan lewat peraturan Presiden RI pada 11 Mei 2021.

“Saya berharap agar bentuk kelembagaan ini harus diikuti dengan peningkatan mutu dan kualitas. Jangan sampai kelembagaan sudah menjadi UIN, namun rasanya masih IAIN,” kata Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Suyitno, lewat siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Minggu (30/5/2021).

Enam IAIN yang berubah menjadi UIN adalah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, UIN Raden Mas Said Surakarta, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, dan UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Proses perubahan bentuk keenam IAIN menjadi UIN berpedoman kepada Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 20 Tahun 2020 sebagai pengganti PMA Nomor 15 Tahun 2014.

“Ini adalah capaian yang membanggakan kita semua. PTKIN yang telah berubah bentuk menjadi UIN harus mampu menyelenggarakan integrasi keilmuan Islam dan sains serta memiliki distingsi terhadap prodi yang ada dengan kampus lain,” kata Suyitno yang juga merupakan guru besar UIN Raden Fatah Palembang.

Suyitno mengatakan, dalam menghadapi perubahan lingkungan seperti revolusi industri 4.0, perguruan tinggi harus memiliki paradigma strategi dan cara pengelolaan yang baru. Hal ini diharapkan agar perguruan tinggi dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang dimunculkan revolusi industri 4.0.

“Ketidakmampuan lembaga untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman menjadikan lembaga tidak responsif serta lambat,” ujarnya.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, M Adib Abdushomad, mengingatkan agar mandat institusi transformasi kelembagaan menjadi UIN bagi 6 PTKIN tidak memperlemah rumpun ilmu-ilmu keislaman (Islamic studies).

Adib berharap perubahan ini tetap harus memperkuat ajaran Islam Wasathiyah dan jangan sampai kedepan universitas justru hanya akan menjadi rumah bagi orang lain (home for others).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

Lokasi Prostitusi di Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara akan ditutup malam ini. Sebanyak 30 PSK di lokalisasi di Cilincing dipulangkan ke kampung halaman.

NEWS | 26 September 2022

8 Aki Kendaraan Dinas di Kantor Wali Kota Jakpus Dicuri

Delapan aki kendaraan dinas di Kantor Wali Kota Jakpus (Jakarta Pusat) digondol maling. Kendaraan itu terparkir di halaman parkir.

NEWS | 26 September 2022

Sandiaga Optimistis Situs Gunung Padang Cianjur Capai Kunjungan 1,9 Juta Wisman

Menparekraf Sandiaga Uno optimistis destinasi situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat mampu mencapai kunjungan 1,9 juta wisman.

NEWS | 26 September 2022

Gara-gara Somasi Pelanggan, Es Teh Indonesia Viral

Es Teh Indonesia menjadi viral karena Es Teh Indonesia melayangkan somasi kepada pelanggannya yang mengkritik soal kadar gula dalam kandungan Es Teh Indonesia.

NEWS | 26 September 2022

Revitalisasi TIM Rampung, Anies Harap Perubahan Besar Ekosistem Kesenian

Anies berharap selesainya revitalisasi TIM mampu membawa perubahan besar ekosistem kesenian yang menghasilkan karya-karya seni yang membanggakan.

NEWS | 26 September 2022

Wagub Jateng Hadiri Jaring Aspirasi UU Cipta Kerja

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen mengapresiasi pemerintah pusat yang berupaya menjaring aspirasi buruh terkait UU Cipta Kerja.

NEWS | 26 September 2022

Alasan Effendi Simbolon Tak Hadiri Raker dengan Panglima TNI dan Kasad

Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon tidak menghadiri rapat kerja dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman.

NEWS | 26 September 2022

Sapa Masyarakat Baubau, Presiden Jokowi Pilih Berjalan Kaki

Presiden Jokowi memilih untuk berjalan kaki usai tiba di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara setelah melihat banyak masyarakat yang menyambutnya.

NEWS | 26 September 2022

KPK Tak Segan Pakai Pasal Obstruction of Justice di Kasus Lukas Enembe

KPK menegaskan tidak segan untuk menerapkan pasal obstruction of justice atau perintangan penyidikan di kasus Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 26 September 2022

Lukas Enembe Klaim Sakit, KPK Belum Terima Informasi Sahih

KPK menyatakan belum menerima informasi yang sahih terkait kondisi kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang mengeklaim sakit.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

Lokasi Prostitusi di Cilincing Bakal Ditutup, 30 PSK Dipulangkan

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings