Prajurit AS Terkesan dengan Keramahan TNI Saat Latihan Bersama
Logo BeritaSatu

Prajurit AS Terkesan dengan Keramahan TNI Saat Latihan Bersama

Senin, 31 Mei 2021 | 05:07 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Prajurit AS yang tergabung dalam Security Force Assistence Brigades (SFAB) terkesan dengan keramahan TNI saat mengikuti latihan bersama dengan Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak di Indonesia.

"Tentara Indonesia sangat ramah karena dibandingkan tentara lain di Pasifik yang pernah bekerja sana dengan kami, mereka tidak seramah dan sehangat tentara Indonesia, mereka membuat kami seperti keluarga selama ada di Indonesia, mereka membuat kami merasa hebat," kata SFAB Team Inteligent Advisor, SGT Butler Blair melalui video Buletin TNI AD yang disaksikan, Minggu malam (30/3/2021).

Selain keramahan, Butler juga mengagumi makanan pedas dari Indonesia. Hampir semua jenis makanan dia suka. Saah satunya rendang. Sementara durian kurang suka. "Durian agak sulit saya memakannya," ucap Butler.

Pengalaman mencicipi makanan khas Indonesia juga jadi hal berkesan bagi SFAB Team Senior Support Advisor, SSG Jun Choh. Dengan bangga Choh memamerkan kepada keluarganya saat mencicipi nasi goreng dan mi goreng asli Indonesia. "Saat saya makan nasi goreng saya foto dan kirim ke keluarga saya, adik saya iri karena dia hanya pernah mencicipi nasi goreng di Amerika," ujar Sersan Choh.

Letkol Inf Fajar Akhirudin, Danyonif PR 305/Tengkorak Kostrad menyebutkan prajurit Para Raider Yoni 305 Tengkorak yang melaksanakan kegiatan latihan bersama memiliki kemampuan kualifikasi para dan raider. Artinya mereka siap untuk melaksanakan operasi militer baik di darat, laut maupun di udara "Dalam melaksanakan kegiatan latihan bersama ini yang disiapkan oleh Satuan Yonif Para Raider 305/Tengkorak adalah personel, materil, dan sarana prasarana latihan," tutur Fajar.

Sementara itu SFAB Team Leader Cpt Leshaun Smith menyebutkan SFAB merupakan salah satu unit baru di Tentara Amerika (US Army) yang dibentuk dalam beberapa waktu terakhir, yang terdiri tim kecil memiliki spesialisasi tertentu. "Maneuver Adviser Team menjadi fokus utama dari unit ini yang terdiri atas 12 orang personel," kata Smith.

Sebagai sebuah tim kecil, lanjut Smith, tujuan SFAB Maneuver Adviser Team adalah untuk bekerja sama dengan pasukan bersenjata negara sahabat di kehidupan sehari-hari, sehingga prajurit dapat mempelajari tidak hanya budaya setempat, tapi juga budaya militer sehingga prajurit dapat memiliki pandangan yang sama dalam operasi militer dan memiliki pengetahuan yang sama mengenai situasi pertempuran. "Kunci utama bagi kami adalah terbentuknya komunikasi interoperabilitas dan menciptakan hubungan antara dua negara dalam rangka mengefektifkan kerja sama militer," ujar Smith.

Selain latihan tempur, para prajurit Indonesia dan tentara Amerika melakukan kegiatan-kegiatan yang memupuk kebersamaan seperti memancing ikan untuk makan siang, bermain bakiak, dan menari Maumere.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mulai 31 Mei, Kemdikbudristek Gelar Seri Webinar untuk Persiapan Pembelajaran Tatap Muka

Nadiem mengatakan webinar itu juga bertujuan menularkan kecintaan kepada anak-anak dan kebanggaan menjadi guru yang terus bekerja sama.

NASIONAL | 30 Mei 2021

Anggaran Pendidikan 2022 Dipangkas, Praktisi Desak Komitmen Pemerintah

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Asep Saefuddin, mendesak komitmen pemerintah dalam pembangunan pendidikan terkait rencana pemotongan anggaran.

NASIONAL | 30 Mei 2021

Polemik Tes Wawasan Kebangsaan KPK, Ini Pandangan IPW

Menurut IPW Komnas HAM, Ombudsman RI dan PGI sudah salah kaprah membela para pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan.

NASIONAL | 30 Mei 2021

Masalah Pemotongan Anggaran Pendidikan, Kemdikbudristek: Tunggu Rapat DPR

Kemdikbudristek belum memberikan penjelasan terkait adanya pemotongan anggaran pendidikan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022.

NASIONAL | 30 Mei 2021

Ungkap Insiden Kebakaran, Polisi Periksa 14 ABK Karya Indah

Polres Kepulauan Sula memeriksa 14 ABK untuk mengungkap insiden terbakarnya KM Karya Indah di perairan Pulau Lifmatola, Kabupaten Kepulauan Sula.

NASIONAL | 30 Mei 2021

Warga Negara Jepang Meninggal Saat Isolasi Mandiri Akibat Covid-19 di Medan

Pria tersebut bernama Katsumi Narita (84), tinggal di Jalan Setia Budi, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Selayang.

NASIONAL | 30 Mei 2021

Kapolda Papua: Teroris di Merauke Masuk Jaringan Ansharut Daulah

Sebanyak 10 teroris yang diamankan yakni AK, SB, ZR, UAT, DS, SD, WS, YK, AP, dan IK. Dan dari 10 orang ada pasangan suami istri yakni AP dan IK (perempuan).

NASIONAL | 30 Mei 2021

Tim Peneliti: Vaksin Merah Putih Siap Digunakan Awal 2022

"Harapannya, pada Desember 2021 atau paling lama Maret 2022, Vaksin Merah Putih Unair sudah masuk skema industri," tambah Fedik.

NASIONAL | 30 Mei 2021

Pegawai Pemkot Semarang Wajib Naik Transportasi Umum Tiap Selasa

Pegawai pemerintah kota Semarang wajib menggunakan transportasi umum atau daring saat berpergian di setiap hari Selasa, pada 8 Juni hingga 6 Juli 2021.

NASIONAL | 30 Mei 2021

Bandara JB Soedirman Siap Beroperasi 1 Juni 2021

Menurut rencana pada 3 Juni 2021 pesawat Citilink sudah bisa mengudara di Bandara JB Soedirman dengan rute dari Jakarta dan Surabaya serta sebaliknya.

NASIONAL | 30 Mei 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS