Logo BeritaSatu

IDI Makassar Minta Pembelajaran Tatap Muka Dipertimbangkan Kembali

Selasa, 8 Juni 2021 | 11:25 WIB
Oleh : Ifan Ahmad / CAH

Makassar, Beritasatu.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar berharap pembukaan kegiatan pembelajaran tatap muka langsung harus dipertimbangankan secara matang. Rencana pembukaan pembelajaran tatap muka per Juli 2021 bagi peserta didik.

"Siapa yang mau bertanggung jawab jika anak-anak kena Covid-19, apalagi kalau sampai meninggal. Idealnya serta semestinya guru dan peserta didik harus selesai divaksin baru boleh dikaji soal pembukaan tatap muka langsung. Jika belum, IDI Makassar tidak menyetujui kegiatan tatap muka digelar baik secara terbatas atau tidak terbatas", ujar Ketua IDI Kota Makassar, Dr dr Siswanto Wahab Sp KK yang didampingi Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin SH MKes, Selasa (8/6).

Menurut dr Siswanto, rangkaian proses interaksi ke sekolah sangat berpotensi besar menimbulkan penularan terhadap peserta didik, mulai dari anak keluar sampai pulang ke rumah. "Ada yang naik kendaraan umum, sampai di sekolah pasti ada fase interaksi di antara siswa. Ini rawan jika peserta didik belum divaksin," katanya.

"Logikanya orang dewasa saja kepatuhan terhadap protap kesehatan masih jauh dari harapan apalagi peserta didik yang masih pengen main, bercanda bersama teman. Kita harus peka kepada semua ini," bebernya.

Ia lalu menyarankan agar pemerintah fokus pada pencegahan dan pengendalian Covid-19 dengan perbanyak testing dan tracing.

"Seluruh warga sekolah termasuk guru, peserta didik dan staf sebagai bagian dari masyarakat yang memiliki risiko yang sama untuk tertular dan menularkan Covid-19 dipastikan sudah di vaksin. Idealnya untuk Sulawesi selatan, 1.200-1.300 setiap hari pemeriksaan swab/PCR di luar pemeriksaan penderita positif Covid-19," tuturnya.

Dr Anto, sapaannya menambahkan bahwa setelah vaksin persoalan belum selesai. Sebab akan masuk kepada pendidikan disiplin hidup bersih sehat, penerapan protokol kesehatan 3 M secara ketat.

Menurutnya, ada tiga poin penting untuk memperhatikan masa depan anak. yakni hak anak hidup, hak anak sehat dan hak anak mendapatkan pendidikan.

"Dengan guru divaksin dan peserta didik tidak divaksin, pertanda Covid-19 takut sama anak anak?. Tentu tidak, sebab dengan varian baru. Keempat strain tersebut telah terdaftar sebagai variant of concern atau varian yang mesti diperhatikan, sebab WHO sudah memberi peringatan bahaya mutasi virus ini sehingga saat ini tidak usah liat zona tetapi paling penting zona itu berbanding lurus dengan testing di masyarakat sehingga bisa dilakukan treatment," jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

Polemik tunjangan guru di RUU Sisdiknas karena pemerintah tidak melakukan penghitungan secara terperinci terkait besaran anggaran APBN.

NEWS | 30 September 2022

Legislator Sarankan Pemerintah Menginisiasi Ulang Pokja RUU Sisdiknas

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyebutkan Kemendikbudristek sebaiknya menginisiasi ulang pembentukan pokja  RUU Sisdiknas.

NEWS | 30 September 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tidak Bertambah

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, tetap berjumlah 25 orang, atau tidak mengalami penambahan.

NEWS | 30 September 2022

Semester 1 2022, Mesir Sudah Dikunjungi 4,9 Juta Turis

Sekitar 4,9 juta turis mengunjungi Mesir dalam enam bulan pertama 2022, meningkat 85,4 persen dibandingkan 2,6 juta turis pada periode yang sama tahun 2021.

NEWS | 30 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dicabut dari RUU Sisdiknas

PGRI menyarankan pemerintah untuk mencabut UU Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas)

NEWS | 30 September 2022

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober: Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

"Bangkit Bergerak Bersama Pancasila", menjadi tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati pada 1 Oktober.  

NEWS | 30 September 2022

PGRI Ungkap 3 Penyebab Polemik RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas yang disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi polemik

NEWS | 30 September 2022

PDIP: Integrasi Transportasi Publik Era Anies Berhasil

PDIP menyatakan, program integrasi transportasi publik pada era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah berhasil.

NEWS | 30 September 2022

Jumat, 3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta pada hari ini akan diwarnai hujan yang turun hujan ringan hingga sedang

NEWS | 30 September 2022

Pembangunan Permukiman di Pulau G Masih Pengarahan

Kawasan reklamasi pulau G diarahkan untuk kawasan permukiman baru sebatas pengarahan dan belum terwujud

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

NEWS | 20 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings