Logo BeritaSatu

Junjung Tinggi Keberagaman, Kalbis Institute Gelar Festival Budaya secara Daring

Kamis, 10 Juni 2021 | 20:00 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Kalbis Institute menggelar festival budaya bertema "Satu Nusa Satu Bangsa" yang mengusung toleransi sebagai kunci penting sebuah kesatuan yang penuh keragaman, Rabu, (9/6/2021).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Kalbis Institute, Altobeli Lobodally mengatakan, festival yang digelar secara daring tersebut merupakan rangkaian akhir dari mata kuliah Komunikasi Antar Budaya, salah satu mata kuliah di Program Studi Ilmu Komunikasi Kalbis Institute.

Event ini digelar sebagai penilaian akhir untuk mata kuliah Komunikasi Antar Budaya. Melalui event ini mahasiswa belajar beragam budaya dan belajar menghargai perbedaan, sehingga mereka memiliki rasa toleransi yang tinggi,” ujar Altobeli dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (10/6/2021).

Altobeli menyebutkan, festival yang bertajuk Kalbis Institute Culture Festival ini, merupakan event budaya perdana dari mata kuliah Komunikasi Antar Budaya. Event ini rencananya akan digelar setiap tahunnya sebagai proyek akhir mata kuliah Komunikasi Antar Budaya.

“Kami ingin menunjukkan keragaman budaya kita. Budaya Indonesia, sehingga mahasiswa bangga dengan budayanya sendiri dan menjadikannya sebagai identitasnya di mana pun mereka berada”, ujar kedua pengampu mata kuliah Komunikasi Antara Budaya Kalbis Institute Heppy N Haloho dan Satya Candrasari.

Kalbis Institute Culture Festival dimulai dengan tampilan pulau-pulau di Indonesia. Pada bagian setiap pulau kemudian tampak sejumlah mahasiswa yang menunjukkan kain dan pakaian khas daerah yang mewakili setiap pulau tersebut. Pulau terakhir yang muncul adalah Pulau Bali.

Kemunculan Pulau Dewata tersebut menjadi penanda munculnya tari Arsa Wijaya dari Bali yang ditarikan salah seorang dosen Ilmu Komunikasi Kalbis Institute, Agustrijanto.

Gelaran Budaya tersebut kemudian juga diisi dengan penampilan dari sejumlah mahasiswa Kalbis Institute yang menyanyikan lagu-lagu daerah seperti Sajojo, Rasa Sayang Sayange dan Ayo Mama. Pada saat lagu tersebut dinyanyikan juga muncul visualisasi dari sejumlah mahasiswa yang menarikan lagu tersebut.

Gelaran Budaya tersebut juga dimeriahkan tarian tradisional dari unit kegiatan mahasiswa yang menarikan Genjring Party dari Jawa Barat.

Disamping pentas seni, acara ini juga menampilkan talk show dari dua penggiat budaya, Ade Turistiati, seorang penulis buku-buku budaya, dan Agil yang merupakan traveler.

Keduanya sepakat bahwa toleransi akan memudahkan seseorang untuk tetap dengan identitas dirinya, namun dapat menerima kebudayaan lain di mana pun dirinya berada.

"Untuk itu generasi muda diajak membudayakan toleransi melalui 3M yakni, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal-hal kecil, dan mulai dari sekarang," ucap Ade Turistiati.

Selanjutnya, Muhammad Farhan, Koordinator Kalbis Institute Culture Festival mengatakan, festival budaya yang digelar Kalbis Institute ini juga menggandeng Amikom Purwokerto dan juga University Kelantan Malaysia. Amikom Purwokerto sendiri juga menyuguhkan lagu Ilir-Ilir yang berasal dari Jawa Tengah.

Seluruh gelaran festival budaya ini ditutup dengan narasi kecintaan Tanah Air dan Pancasila sebagai dasar negara dari setiap mahasiswa peserta mata kuliah Komunikasi Antar Budaya. Sebagai penutup rangkaian acara dilantunkan Rumah Kita, sebagai bentuk kecintaan akan Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga-Puan akan membuka peluang koalisi PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 29 September 2022

Pakar Hukum Nilai Putri Candrawathi Seharusnya Ditahan

Pakar hukum pidana dari Unsoed, Prof Hibnu Nugroho menilai istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi seharusnya ditahan sebagai bentuk kesamaan di mata hukum.

NEWS | 29 September 2022

Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

Satgas Madago Raya berhasil melumpuhkan satu orang anggota terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Ungkap Hal Fundamental agar Indonesia Bisa Bersaing

Presiden Jokowi menyebutkan 3 hal fundamental yang harus terus dibenahi dan dibangun agar Indonesia mampu bersaing di kancah global.

NEWS | 29 September 2022

Soal Lapas Kelebihan Kapasitas, Ini Kata Menteri Yasonna

Menteri Yasonna menyatakan mengirimkan tahanan ke lapas yang tidak padat serta melakukan program asimilasi integrasi guna mengatasi lapas kelebihan kapasitas.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Aura Lesti Kejora Mengarah ke KDRT

Paranormal Mbah Mijan turut berkomentar terkait pelaporan Lesti Kejora atas tindakan sang suami Rizky Billar dalam dugaan kasus KDRT tersebut.

NEWS | 29 September 2022

Inovasi Pengganti Kayu, Conwood Komitmen Jaga Kelestarian Hutan

Guna menandai 10 tahun kehadiran PT Conwood Indonesia, inovasi pengganti kayu diluncurkan sebagai produk dekoratif terbarunya yaitu Conwood Beyond.

NEWS | 29 September 2022

Terintegrasi, Aplikasi PeduliLindungi Versi Baru Segera Diluncurkan

Kemenkes menyatakan aplikasi kesehatan terintegrasi PeduliLindungi yang berisi rekam medis elektronik dan layanan kesehatan bakal segera diluncurkan.

NEWS | 29 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Mengguncang Jayapura Papua

Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 yang mengguncang Jayapura, Papua itu terjadi pukul 18.34.43 WIB.

NEWS | 29 September 2022

Roy Suryo Ditahan di Rutan Salemba dengan Kondisi Sehat

Kejati DKI menerima pelimpahan berkas perkara meme stupa Candi Borobudur dengan tersangka Roy Suryo. Kejati DKI kemudian menahan Roy Suryo di Rutan Salemba.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings