Penjual Senjata KKB Diduga Terima Uang dari Ketua Dewan Tolikara
Logo BeritaSatu

Penjual Senjata KKB Diduga Terima Uang dari Ketua Dewan Tolikara

Rabu, 16 Juni 2021 | 17:11 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Satgas Nemangkawi telah menangkap Ratius Murib alias Neson Murib yang diduga merupakan jaringan penjual senjata api (senpi) dan amunisi kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB), Puncak Jaya, Papua. Pada saat ditangkap Neson membawa uang Rp 370 juta yang diduga diberikan Ketua Dewan I Kabupaten Tolikara berinisial SW.

"Saat ini masih dilakukan pendalaman penyidikan, meminta keterangan tersangka," ujar Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Dikatakan Iqbal, Neson Murib ditangkap ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat menuju Timika, Senin (14/6/2021). Dia dibekuk pada saat pesawatnya transit di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya, sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Ketika diamankan, Neson membawa uang tunai pecahan Rp 100.000 sebanyak Rp 370 juta untuk bertemu seseorang berinsial DW yang diduga bersedia membantunya membeli senjata dan amunisi di Kabupaten Timika.

"Uang tersebut diduga diberikan oleh anggota Ketua Dewan I Kabupaten Tolikara atas nama SW," ungkapnya.

Iqbal menyampaikan, uang itu diserahkan SW di sebuah hotel bernama MSW, medio bulan April 2021. SW merupakan teman kuliah Neson Murib di salah satu universitas, di Denpasar, Bali.

"SW pada saat itu merupakan ketua ikatan mahasiswa pegunungan se-Jawa dan Bali. Ia aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi dan kongres kemahasiswaan pegunungan," katanya.

Medio Mei 2021, Neson Murib disebut pernah memesan senjata api jenis M16 sebanyak dua pucuk dan satu pucuk AK47 beserta 100 butir amunisi kepada seseorang berinisial Y di Kalimantan, dengan harga Rp 190 juta. Namun, transaksi itu batal karena salah paham sehingga kapal yang membawa senjata dan amunisi itu kembali ke Kalimantan.

"Saat akan melakukan transaksi penyerahan senjata dan amunisi, serta pelunasan sisa pembayaran, tidak jadi karena terjadi salah paham," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Andika Perkasa atau Yudo Margono Dinilai Layak Jadi Panglima TNI

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa atau Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono dinilai layak menjadi Panglima TNI.

NASIONAL | 16 Juni 2021

Pemerintah Didesak Cabut Pasal Tambahan dalam Revisi UU ITE

Pemerintah didesak cabut pasal tambahan dalam revisi UU ITE.

NASIONAL | 16 Juni 2021

Sosok Calon Panglima TNI, DPR: Hak Prerogatif Jokowi

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut penentuan calon Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi)

NASIONAL | 16 Juni 2021

Firli: Orientasi Pegawai ASN Perkuat Independensi KPK

KPK bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) mulai penyelenggaraan rangkaian orientasi pegawai ASN, hari ini, Kamis (16/6)

NASIONAL | 16 Juni 2021

Signify Foundation Terangi 16 Desa di Pedalaman NTT

Sejak program KTHE pertama tahun 2015, secara total Signify telah menghadirkan pencahayaan berbasis tenaga surya ke 46 desa terpencil di seluruh Indonesia.

NASIONAL | 16 Juni 2021

Gempa M 6,1 di Maluku, BNPB: Tak Ada Laporan Korban Jiwa

Di Desa Yaputi, Kabupaten Maluku Tengah telah terjadi kerusakan pada dinding penahan tanah atau talud pantai, dan air laut sempat terlihat surut.

NASIONAL | 16 Juni 2021

Kasus Korupsi Tanah Munjul, KPK Perpanjang Penahanan Eks Dirut Sarana Jaya

Perpanjangan masa penahanan ini dilakukan karena penyidik masih terus mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul yang menjerat Yoory.

NASIONAL | 16 Juni 2021

Penguatan Wawasan Kebangsaan Harus Terus Dilakukan

Bila nasionalisme dan wawasan kebangsaan bangsa Indonesia kembali seperti dulu, otomatis radikalisme berkonotasi negatif serta terorisme akan terkikis.

NASIONAL | 16 Juni 2021

Penanganan Lingkungan Mumpuni, Pemkab Banyuwangi Sejajar dengan Kota Besar Lainnya di Dunia

Banyuwangi akan sejajar dengan kota-kota besar seperti Berlin (Jerman), Copenhagen (Denmark), Stockholm (Swedia), dan 85 kota lainnya di dunia.

NASIONAL | 16 Juni 2021

Bodypack dan Arkiv Rilis Tas Hasil Kolaborasi “Childhood Memories”

Bodypack berkolaborasi dengan Arkiv Vilmansa untuk meluncurkan beberapa tas edisi khusus.

NASIONAL | 16 Juni 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS