Logo BeritaSatu

Nizam: Penerima Manfaat Skema Matching Fund Akan Diumumkan Akhir Juli

Kamis, 17 Juni 2021 | 09:57 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Nizam mengatakan, kampus yang akan mendapatkan skema matching fund untuk mendanai penelitian kampus yang berkolaborasi dengan industri melalui platform Kediareka akan diumumkan akhir Juli 2021.

Nizam menyebutkan, saat ini telah ada 15.000 ide atau inovasi dari perguruan tinggi dan 1.500 industri yang tergabung dalam Kedaireka. Proposal ide atau inovasi dalam tahap seleksi yang dilakukan oleh tim untuk melihat kelayakan dari inovasi yang ditawarkan.

“Kita sedang mereview untuk melihat mana proposal yang dapat diwujudkan dan yang sekedar angan-angan. Karena ini harus menghasilkan produk dengan pendanaan mencapai Rp 250 miliar. Akhir Juli ini kita pastikan siapa yang bisa berjalan terus dan mana harus diperbaiki,” kata Nizam saat media visit ke Beritasatu Media Holdings pada Rabu (17/6/2021) malam.

Ia menjelaskan, untuk proposal yang belum lolos seleksi pada tahap pertama ini tetap memiliki peluang untuk mendapatkan pendanaan pada batch selanjutnya ketika sudah memperbaiki proposal tersebut. Pasalnya, program pendanaan ditawarkan bersifat on going.

Terkait dengan pendanaan skema matching fund, Nizam menyebutkan, sejak dipertemukan dalam platform Kediareka, antusiasme industri sangat tinggi. Bahkan, sudah ada 300 industri yang berkomitmen untuk menjalin kerja sama dan siap mendampangi dan mendanai riset dan inovasi dari kampus.

Menurut Nizam, antusiasme industri ini, karena pada program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar menawarkan kolaborasi yang menguntungkan untuk industri dan kampus.

Dengan begitu, keduanya dapat mengakselerasikan untuk tercipta perkawinan silang antara kampus dan industri, sehingga terbentuk link and match.

Dikatakan Nizam, melalui Kampus Merdeka, ada skema magang 6 bulan di industri dan mahasiswa mendapat 20 sistem kredit semester (SKS), sehingga mahasiswa serius melakukan magang, sehingga industri mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan.

Skema magang ini, kata Nizam, industri tidak perlu mengeluarkan anggaran, sebab Kemdikbudristek telah mengalokasi anggaran untuk mendukung proses magang mahasiswa.

Adapun harapan dari Kemristekdikti agar industri dapat membantu menciptakan SDM unggul. Selain itu, pengalaman magang mahasiswa diharapkan mendapat pengakuan dari industri, sehingga kampus dapat menghasilkan lulusan yang profesional bahkan mampu menciptakan lapangan kerja.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Komitmen Selamatkan Bumi

DPR telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik gedung wakil rakyat.

NEWS | 29 September 2022

Anggaran Shadow Team Bersumber dari Kemendikbudristek

Anggaran shadow team atau tim bayangan Menteri Nadiem Makarim bersumber dari anggaran Kemendikbudristek.

NEWS | 29 September 2022

Febri Diansyah Bela Sambo-Putri, ICW: Langkah yang Gegabah

ICW menyoroti langkah eks Jubir KPK Febri Diansyah yang bergabung dalam tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 29 September 2022

Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Harus Terus Disuarakan

Solusi dua negara Israel dan Palestina dengan posisi yang setara harus terus disuarakan, demi terciptanya perdamaian di kawasan Timur Tengah.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Dorong Penuntasan Tunjangan Profesi bagi 1,6 Juta Guru

PGRI mendorong pemerintah melalui Kemendikbudristek guna menuntaskan 1,6 juta guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Berupaya Evakuasi Terduga Teroris DPO MIT Poso

Personel kepolisian berusaha mengevakuasi jasad terduga teroris Askara alias Pak Guru yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur.

NEWS | 29 September 2022

Ibunda Brigadir J Harap Penegak Hukum Bekerja Jujur

Ibunda Brigadir J, Rosti Simanjuntak berharap penegak hukum bekerja dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Lesti Kejora dan Rizky Billar Jodoh Panjang, Warganet Bereaksi

"Lesti Kejora dan Rizky Billar berjodoh panjang, Mbah doakan yang terbaik," kata Mbah Mijan dalam akun Twitter pribadinya.

NEWS | 29 September 2022

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

Ketua UmumPerindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dikukuhkan sebagai ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dikeluarkan dari RUU Sisdiknas

PB PGRI meminta pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

EKONOMI | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings