Logo BeritaSatu

Punya Peran penting di Asia Tenggara, Indonesia Didorong Modernisasi Alutsista

Jumat, 18 Juni 2021 | 21:56 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat hubungan internasional Universitas Pertamina, Ian Montratama menyatakan Indonesia memiliki peran penting di Asia Tenggara. Menurut Ian, Indonesia perlu memperkuat alat utama sistem pertahanan (alutsista). Membangun sektor pertahanan menjadi suatu keniscayaan.

Selain itu, Ian mengatakan, perekonomian pun sepatutnya diperkuat di kawasan Indo-Pasifik, termasuk ASEAN. Sebab, jika pertahanan dan ekonomi lemah, maka posisi Indonesia tak strategis berhadapan dengan negara lainnya.

“Pembangunan pertahanan harus diimbangi dengan pembangunan ekonomi,” kata Ian, Jumat (18/6/2021).

Ian mengatakan langkah pembangunan pertahanan yang mengimbangi pembangunan tersebut sebenarnya telah dimulai sejak pemerintahan Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal ini ditandai dengan terbitnya kebijakan minimum essential force (MEF) dan terbagi menjadi tiga tahap.

Akan tetapi, menurut Ian, pada pelaksanaannya anggaran pertahanan tidak mencukupi. Alokasi anggaran pertahanan Indonesia dari produk domestik bruto (PDB) masih jauh dari rata-rata.

“Cuma yang jadi masalah, kebijakan itu tidak didukung anggaran pertahanan yang mencukupi. Akhirnya beliau (SBY) harus berkompromi dan (alokasi anggaran alutsista) di bawah 1% (dari PDB),” kata Ian.

Pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ian menilai pembangunan pertahanan akan digiatkan kembali sekalipun masih dalam rencana yang ada dalam draf Rancangan Peraturan Presiden (Ranperpres) Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (alpalhankam) Kementerian Pertahanan (Kemhan)-TNI Tahun 2020-2044.

Ian menyatakan Ranperpres ini apabila terealisasi akan menjadi terobosan, karena kontraknya dilakukan di awal, tetapi pengadaannya jangka panjang selama 25 tahun.

“Hal tersebut membuat postur pertahanan terbangun secara utuh dan berimbang dan hanya akan diadakan nanti setiap 20 tahun sekali,” ujar Ian.

Apabila dengan pola perencanaan dan anggaran yang pernah diterapkan, menurutnya, Indonesia akan membangun secara pelan-pelan dan sektoral sesuai ketersediaan anggaran. Ini sangat berisiko mengingat kebijakan berpeluang berubah ketika pimpinan berganti.

“Risiko lainnya, harga alutsista meningkat sekitar 9-11% setiap tahunnya. Jika kita membeli banyak di depan, kita dapat menghindari risiko tingkat inflasi harga alutsista. Lebih banyak alutsista yang dapat kita adakan dengan anggaran yang sama,” ucap Ian.

Ian melihat tidak adanya pembangunan pertahanan membuat posisi Indonesia sampai kini masih lemah meski penting. Hal ini, menurutnya, mendasari pernyataan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang mengapresiasi kedewasaan AS dan China dalam penyelesaian konflik dalam pertemuan 8th ADMM Plus, Rabu (16/6/2021).

Ian mengingatkan Indonesia tidak bisa memihak salah satu antara AS atau China lantaran memiliki peran penting di sektor ekonomi dan pertahanan.

“Yang kita bisa promote yang bisa kita lakukan adalah seperti yang Bapak Menhan sampaikan. Minimal Indonesia menghindari konflik itu sudah satu pencapaian buat saya,” kata Ian.

Prabowo mengikuti pertemuan 8th ADMM Plus secara virtual dari Kantor Kemhan, Jakarta Rabu. Dalam kesempatan tersebut, dia sempat membicarakan isu-isu aktual yang sedang dihadapi ASEAN, salah satunya konflik AS dan China di LCS.

Prabowo membahas masalah tersebut mengingat ASEAN bagian dari kawasan Indo-Pasifik, yang dihuni lebih dari separuh penduduk dunia, 70% output ekonomi global diproduksi, dan dua per tiga dari seluruh kegiatan ekonomi dunia.

Karenanya, Prabowo, mendorong AS dan China menyelesaikan masalah yang terjadi di kawasan diselesaikan dengan baik. Indonesia berkeyakinan hal tersebut dapat tercapai.

“Para pemimpin kekuatan dunia saat ini memiliki tanggung jawab kepemimpinan di masing-masing pundaknya dan masa depan dunia ditentukan oleh kebijaksanaan dan kebajikan mereka,” kata Prabowo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi memastikan pemerintah menanggung biaya perawatan korban luka tragedi Kanjuruhan pascakerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Epidemiolog: Jangan Terlena

Epidemiolog Prof dr Asri C Adisasmita mengingatkan masyarakat agar jangan terlena dengan situasi di mana pandemi Covid-19 segera berakhir.  

NEWS | 5 Oktober 2022

Pelanggaran HAM Diduga Telah Terjadi di Tragedi Kanjuruhan

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) pos Malang menilai telah terjadi pelanggaran hukum dan hak asasi manusia (HAM) dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Jelang Sidang Indra Kenz, Korban: Kami Menuntut Ganti Rugi

Menjelang sidang pembacaan tuntutan terhadap Indra Kenz di PN Kota Tangerang sore ini, perwakilan korban menuntut adanya ganti rugi  

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan dan Tinjau Stadion

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menjenguk korban tragedi Kanjuruhan di RSUD dr Saiful Anwar Kota Malang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Polisi Tangkap Seorang Perakit Bom Terkait Ledakan di Riau

Polda Riau menangkap seorang pria berinisial, MN yang diduga perakit bom terkait ledakan bom di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

NEWS | 5 Oktober 2022

Sesepuh Aremania Anto Baret: Kita Kawal Pengusutan Tragedi Kanjuruhan

Tokoh sekaligus sesepuh Aremania , Anto Baret mendesak tim investigasi maupun pihak penegak hukum agar bersikap transparan dalam kasus tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, Jokowi Saksikan Defile Alutsista di Depan Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, Wury Ma'ruf Amin, menyaksikan defile pasukan dan pawai alutsista.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ferdy Sambo Pasrah dan Sebut Putri Candrawathi Tak Terlibat

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo mengaku pasrah dan menyerahkan nasibnya kepada majelis hakim

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Minta TNI Waspada Perubahan Geopolitik Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para prajurit TNI selalu siap dalam menghadapi tantangan dan perubahan geopolitik global.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Raja Arab Saudi Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

Raja Arab Saudi Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings