Logo BeritaSatu

Pemerintah Sulit Berantas Premanisme? Pakar: Telusuri Siapa yang Melindungi

Minggu, 20 Juni 2021 | 21:28 WIB
Oleh : Mikael Niman / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Pakar psikologi forensik, Reza Indragiri Amriel‎, mengatakan memang tidak mudah menyapu bersih aksi premanisme dan aksi pemalakan sebagai kejahatan jalanan. Sejak era Kapolri Jenderal Sutanto, bahkan sebelumnya hingga kini, aksi kejahatan jalanan seperti ini tidak pernah hilang.

“Kesulitan itu tampaknya dikarenakan premanisme tidak lagi aksi jahat individu per individu. Tapi sudah menyerupai atau bahkan menjelma sebagai kejahatan terorganisasi,” kata Reza Indragiri Amriel, Minggu (20/6/2021).

Advertisement

Dengan pemikiran seperti itu, kata dia, maka penting ditelusuri adakah eksekutornya, adakah bosnya, bahkan mungkin adakah pelindungnya yang bekerja sebagai oknum aparat.

“Konsekuensinya, tidak cukup Reskrim (Reserse Kriminal) yang bekerja di lapangan. Unit intelijen juga perlu memperluas endusannya. Bahkan unit internal pun patut mengecek ada tidaknya personel yang nakal di balik premanisme itu,” bebernya.

Menurutnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah bekerja cepat usai ditelepon Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu.

“Tapi itu tidak cukup. Efek gentar sekaligus efek jera baru muncul kalau unsur keajegan (konsistensi) juga terealisasi. Jadi, kecepatan dalam menindak premanisme dan palakisme harus dijaga konsistensinya. Tidak hanya di Jakarta Utara. Tidak hanya kali ini. Dan, tentu saja, tidak hanya berdasarkan telepon Presiden,” imbuhnya.

Menurutnya, kasus ini juga mengingatkan kepada Kapolri Jenderal Sutanto. Beberapa bulan setelah dilantik sebagai Kapolri, Sutanto yang dikenal sebagai Polisi antijudi dan antipreman langsung melakukan pembersihan terhadap kantong-kantong preman. Tidak hanya di satu dua daerah tingkat dua, tapi di banyak tempat se-Indonesia.

Lalu, Wakapolri Komjen Syafruddin juga pernah katakan bahwa membersihkan kejahatan jalanan itu gampang. Tapi faktanya, memang tidak mudah menyapu bersih premanisme dan palakisme sebagai street crime. (Mikael Niman)



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Laporan Dugaan Pelecehan Seksual Dihentikan, Istri Ferdy Sambo Bisa Dipidana?

Laporan Dugaan Pelecehan Seksual Dihentikan, Istri Ferdy Sambo Bisa Dipidana?

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings