Lima Keuntungan Membaca Buku Secara Digital
Logo BeritaSatu

Lima Keuntungan Membaca Buku Secara Digital

Kamis, 24 Juni 2021 | 22:47 WIB
Oleh : Indah Handayani / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Data yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menunjukkan bahwa indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Walau belum signifikan, namun kenaikan ini menandakan adanya progres minat baca di kalangan masyarakat. Kini, seiring dengan perkembangan teknologi, membaca pun sangat dimudahkan dengan hadirnya buku secara digital. Bahkan banyak keuntungan lainnya dengan hadirnya buku secara digital. Apa saja itu?

Fatimah Azzahrah selaku Co-Founder Cabaca mengatakan berbeda dengan buku konvensional yang dicetak dalam bentuk lembaran, buku-buku yang tersedia secara digital dalam satu aplikasi dan dapat dengan mudah diakses melalui beragam perangkat, seperti smartphone, laptop, tablet, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, ada lima keuntungan membaca buku digital. Pertama, praktis dan ringkas. Kelebihan pertama yang dimiliki oleh buku digital adalah lebih ringkas dan praktis. Karena didukung oleh teknologi digital, semua koleksi bukumu tersimpan di dalam satu genggaman aplikasi saja.

“Dengan begitu, bisa membaca buku apapun sesuai mood dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Jadi, tidak perlu lagi membawa-bawa setumpuk buku yang hendak kamu baca. Selain itu, juga bisa dengan mudah mengganti buku apapun yang sedang ingin dibaca sesuka hati,” ungkapnya dalam keterangan pers diterima Kamis (24/6/2021).

Kedua, lanju Fatimah, buku digital anti rusak dan hilang. Kemungkinan kerusakan tersebut akan lebih minim terjadi pada buku digital yang tidak memiliki wujud fisik dalam bentuk kertas atau lembaran. Koleksi buku digital akan lebih awet, tersimpan rapi, dan tidak akan rusak walaupun sudah tersimpan lama. Ketiga, berbeda dengan buku konvensional, buku digital tidak memerlukan biaya cetak dan distribusi yang banyak, sehingga harga jualnya pun akan relatif lebih murah.

Selain hemat biaya, Fatimah menambahkan keuntungan buku digital juga hemat tempat. Tidak perlu mempersiapkan lemari yang besar khusus untuk buku yang membuat ruangan sempit. Selanjutnya, mudah ditandai. Saat membaca buku yang tidak terselesaikan dalam satu waktu, pasti sering kali menandai buku dengan melipat ujung halamannya, alhasil buku menjadi rusak.

Guna terus meningkatkan angka minat baca di Indonesia, di era serba digital ini,Fatimah menabahkan dunia literasi juga didorong untuk bisa mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan inovasi dengan preferensi masyarakat. Sebagai salah satu aplikasi baca buku digital terdepan di Indonesia, Cabaca berkomitmen untuk terus menyediakan solusi sesuai kebutuhan guna menumbuhkan semangat membaca di berbagai kalangan masyarakat.

“Selain itu, kami juga terus menambah katalog buku dan novel dari berbagai genre secara reguler, menghadirkan pengalaman membaca yang menyenangkan, menyediakan kemudahan pembayaran secara digital, dan tentunya memberikan beragam promo menarik seperti cashback hingga 100% selama periode ShopeePay Super Online Deals,” tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Psikolog Ungkap Efek Negatif Anak Terlalu Lama Belajar di Rumah

Menurut psikolog Elizabeth Santosa situasi belajar dari rumah yang berlangsung terlalu lama akan menimbulkan efek negatif adiktif hingga tantrum.

NASIONAL | 24 Juni 2021

Polisi Bakal Gelar Perkara Kasus Perusakan Makam di Solo

Polisi terus menyelidiki kasus perusakan makam, di Taman Pemakaman Umum (TPU) Cemoro Kembar di Solo.

NASIONAL | 24 Juni 2021

Diduga Ajarkan Aliran Sesat di Bandung, Delapan Orang Diamankan Polisi

Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung mengamankan delapan orang yang diduga membuka pusat pendidikan agama dengan aliran sesat di Kota Bandung.

NASIONAL | 24 Juni 2021

Hasil Lelang Mobil Sitaan Kasus Asabri Capai Rp 17 Miliar

Proses lelang yang merupakan tindak lanjut Nota Dinas Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus.

NASIONAL | 24 Juni 2021

Dandim Yahukimo: 5 Orang Dilaporkan Tewas Ditembak OTK

Ketika ditanya berapa banyak jumlah karyawan PT Crenoma yang menjadi korban, Dandim Yahukimo mengaku belum mengetahui dengan pasti.

NASIONAL | 24 Juni 2021

KPK Jebloskan Eks Dirut PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso ke Lapas Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjebloskan eks Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (DI) Budi Santoso ke Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Sukamiskin.

NASIONAL | 24 Juni 2021

Dirut RS Ummi Andi Tatat Divonis 1 Tahun Penjara

Ada beberapa pertimbangan Majelis Hakim yang memberatkan dan meringankan terdakwa Andi Tatat.

NASIONAL | 24 Juni 2021

Jenderal Andika Buat Desain Rumah Dinas untuk Prajurit yang Sedang Tugas di Papua

Desain rumah dinas dibuat oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

NASIONAL | 24 Juni 2021

UTA’45 Jakarta Adakan Wisuda dengan Protokol Kesehatan Ketat

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta menggelar acara wisuda dengan protokol kesehatan ekstra ketat, Kamis (24/6/2021).

NASIONAL | 24 Juni 2021

Nurdin Abdullah Segera Jalani Sidang

Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif Nurdin Abdullah segera menjalani sidang setelah penyidik melimpahkan berkas perkara ke JPU.

NASIONAL | 24 Juni 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS