Dukung Rapat Papua di London, 11 Demonstran Ditangkap di Manokwari

Dukung Rapat Papua di London, 11 Demonstran Ditangkap di Manokwari
Aparat kepolisian mengamankan pengunjuk rasa di Jayapura, Papua. FOTO: EPA
Selasa, 23 Oktober 2012 | 16:05 WIB
Aparat menggeluarkan tembakan peringatan hingga mencederai empat orang.

Demo Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang berlangsung di Manokwari, tadi pagi, berlangsung ricuh. Akibat peristiwa itu, 11 orang kini dibawan ke Polres Manokwari.

Dari data yang dihimpun, aksi demo anggota KNPB dilakukan untuk mendukung pertemuan "international parlement of west papua (IPWP)" yang berlangsung di London itu terjadi di sekitar Jl Gunung Salju, depan Universtas Papua, Amban, Manokwari. Aksi itu berlangsung sejak sekitar pukul 09.00 WIT.

Setelah melakukan orasi, massa yang berjumlah sekitar 100 orang itu berniat long march ke lapangan Borasi. Tapi, upaya tersebut dihadang dan dibubarkan secara paksa oleh aparat.

Akibatnya, massa pun meradang dan melempari aparat dengan batu. Seolah menjawab aksi pelemparan batu, aparat menggeluarkan tembakan peringatan hingga mencederai empat orang. Selain empat warga yang mengalami luka tembak tersebut, dua aparat juga terluka akibat lemparan batu.

Kabid Humas Polda Papua AKB Gede Sumerta ketika dihubungi mengakui, sebanyak 11 orang kini berada di polres setempat. Mereka adalah FN, AW, OA, DA, ET, DM, KJ, PP, OM, dan AN.

Selain memeriksa 11 orang, pihaknya juga menyita empat bendera KNPB dan bendera PBB serta spanduk dan pamflet yang dibawa massa. Dalam aksi demo itu, Gede Sumerta menegaskan, tidak ditemukan adanya bendera "bintang kejora", baik yang dibawa peserta aksi maupun dikibarkan.

Ketika ditanya tentang empat orang yang terkena tembakan, Kabid Humas Polda Papua mengungkapkan, hingga saat ini belum ada laporan dari Polres Manokwari. Menurutnya, dari informasi yang diterima dari staf KBRI di London, yakni Aris Nugroho, ternyata tidak ada rapat di parlemen Inggris yang membahas tentang Papua di parlemen Inggris.

"Jadi isu adanya pembahasan tentang Papua tidak benar," tegas AKB Sumerta seraya mengatakan, khusus untuk wilayah Polres Kota Jayapura, aksi demo mendukung IPWP di London tidak terjadi.

Walau begitu, aparat di Jayapura tampak masih berjaga-jaga di sejumlah tempat dengan menggerahkan kendaraan berat seperti baracuda di sekitar kawasan taman Imbi, Kodya Jayapura.