Logo BeritaSatu

Kompetisi Online Literasi dan Numerasi Nasional Tingkatkan Prestasi Siswa

Senin, 5 Juli 2021 | 15:42 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Di tengah kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama pengembang teknologi pendidikan, PesonaEdu menyelenggarakan Kompetisi Online Literasi dan Numerasi Nasional dalam rangka meningkatkan prestasi siswa dan pendidikan di Indonesia.

“Di tengah kondisi pandemi, perlu dorongan semangat serta terobosan bagi siswa-siswi di Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan,"kata EVP CSR BCA, Inge Setiawati saat membuka kompetisi secara virtual di Jakarta, Senin (5/7/2021).

Inge mengatakan, salah satu yang dapat dilakukan adalah kompetisi yang dapat memacu semangat belajar siswa-siswi. "BCA akan terus berkomitmen untuk dapat berkontribusi memberikan dampak positif dan mendukung sistem pendidikan di Indonesia melalui Bakti BCA,” kata dia.

Direktur SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemdikbudristek) Mulyatsyah mengatakan pada tahun ini Kemdikbudristek mengeluarkan kebijakan mengadakan asesment nasional menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar. "Tujuannya untuk menilai mutu satuan pendidikan berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar yaitu literasi, numerasi, dan karakter," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Dia mengatakan, instrumen AKM ini menjadi sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan yang akan mengukur dua macam literasi yaitu literasi membaca dan literasi numerasi. Kebijakan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) pada siswa Indonesia sehingga dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Upaya tersebut ditempuh pemerintah mengingat hasil survei Programmer for Interantional Student Assessment (PISA) 2018 yang diterbitkan pada Maret 2019 lalu, memperlihatkan kemampuan membaca, sains, dan matematika, skor Indonesia di urutan 74 dari 79 negara. Selama periode 2009 – 2015, menurut data OECD Indonesia selalu berada di urutan 10 terbawah.

Direktur PesonaEdu Ira Anindita mengatakan, dengan Kompetisi Literasi Numerasi Tingkat Nasional 2021, diharapkan siswa dapat tetap berprestasi di masa pandemi, sekaligus sebagai latihan awal dalam menghadapi Asesmen Nasional (AN) yang akan diselenggarakan bulan September-Oktober 2021 mendatang. "Hasil nilai Kompetisi Literasi Numerasi ini sekaligus dapat digunakan pihak sekolah untuk melihat pemetaan kemampuan peserta didik khususnya di bidang literasi dan numerasi,” ujar dia.

Kompetisi Online Nasional Literasi Numerasi tingkat SD dan SMP dengan soal AKM Tingkat Nasional diselenggarakan dalam bentuk daring (online) berbasis computer based test (CBT) menggunakan platform PesonaEdu A-Class. Soal yang diuji dalam kompetisi ini adalah penguasaan literasi dan numerasi, yang tidak terbatas pada mata pelajaran tertentu. Jenis soal tersebut mengacu pada standar AKM yang bersifat HOTS denga tipe soal bervariasi



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi: Audit Total Seluruh Stadion Liga Indonesia

Jokowi memerintahkan Basuki Hadimuljono mengaudit total seluruh stadion yang digunakan untuk pertandingan Liga Indonesia.

NEWS | 5 Oktober 2022

Raja Arab Saudi Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

Raja Arab Saudi Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Indonesia Joko Widodo terkait tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Toko Kue Thabenia Milik Ruben Onsu Dirampok

Toko kue Thabenia milik selebritas Ruben Onsu dirampok. Perampokan itu dilaporkan oleh karyawan Ruben Onsu ke Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-roasting Mamat Alkatiri

Fadli Zon merespons langkah rekannya di parlemen Hillary Brigitta Lasut yang melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua Imbau Pendukung Lukas Enembe Hormati Proses Hukum

Tokoh pemuda Papua, Ferdinand Tuamis berharap agar kelompok pendukung Gubernur Papua, Lukas Enembe agar menghormati proses hukum di KPK.

NEWS | 5 Oktober 2022

Selain Pidana, Hillary Lasut Pertimbangkan Gugat Mamat Alkatiri Secara Perdata

Tak hanya pidana, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Hillary Lasut mempertimbangkan menggugat komika Mamat Alkatiri secara perdata.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wajah Tersangka Pembunuhan Brigadir J Diperlihatkan Kecuali FS dan PC

Wajah tersangka pembunuhan Brigadir J diperlihatkan kepada publik di Kantor Jampidum Kejagung, Jakarta, pada Rabu (5/10/2022) siang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tim KPK Telah Sita Dokumen Terkait Kasus Garuda Indonesia

Tim dari KPK telah menyita berbagai dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia (Persero).

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi: Audit Total Seluruh Stadion Liga Indonesia

Jokowi: Audit Total Seluruh Stadion Liga Indonesia

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings