Logo BeritaSatu

Sambut Iduladha, Klaster Filantropi Kampanyekan Gerakan Kurban Tanpa Sampah Plastik

Jumat, 9 Juli 2021 | 09:23 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Pendistribusian daging kurban pada momen Hari Raya Iduladha telah meningkatkan secara eksponensial volume sampah plastik masyarakat. Secara umum, masyarakat Indonesia masih terbiasa menggunakan kantong plastik sebagai wadah atau kemasan daging kurban yang akan dibagikan.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah plastik pada Iduladha 2021, Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi (KFLHK), Filantropi Indonesia, Dompet Dhuafa, dan Belantara Foundation berinisiatif membuat gerakan "Kurban Asyik Tanpa Sampah Plastik".

Direktur Filantropi Indonesia, Hamid Abidin mengatakan, gerakan tersebut merupakan kampanye untuk mengedukasi masyarakat agar dapat beralih ke kemasan alternatif yang ramah lingkungan sebagai wadah daging kurban.

“Lewat gerakan ini diharapkan volume sampah khususnya sampah plastik, yang biasanya meningkat pada saat Iduladha diharapkan bisa diantisipasi dan diminimalisasi,” kata Hamid dalam siaran pers diterima Beritasatu.com, Jumat (9/7/2021).

Ia menyebutkan, gerakan tersebut merupakan langkah awal dari KFLHK untuk membantu mengurangi sampah plastik yang telah menumpuk di Indonesia. Setiap tahunnya diperkirakan terdapat 5,4 juta sampah plastik yang dihasilkan di Indonesia.

Volume sampah plastik meningkat pesat saat pandemi karena sebagian besar masyarakat melakukan belanja online yang pengemasannya menggunakan plastik. Belum lagi limbah medis yang meningkat tajam dibandingkan di masa normal.

“Kegiatan kurban yang menjadi bagian dari ritual ibadah dan memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat seharusnya tidak ikut memperparah persoalan sampah ini,” ucapnya

Menurunya, momen Iduladha dinilai tepat untuk meluncurkan gerakan pengurangan sampah plastik. Masyarakat dapat memanfaatkan besek bambu, daun pisang/jati, plastik gelatin/singkong, dan wadah makanan.

Direktur Eksekutif Belantara Foundation, Sri Mariati mengatakan, pihaknya sangat mendukung aksi pengurangan sampah plastik. Momen Iduladha ini menjadi salah satu kesempatan untuk mengajak lebih banyak orang menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan.

“Kami juga yakin kerjasama antara berbagai pihak pada KFLHK, seperti dalam penyelenggaraan kurban asik tanpa sampah plastik ini, bisa menjadi upaya sinergis untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup dan konservasi lainnya,” kata Sri.

Hal senada juga disampaikan oleh Arif Rahmadi Haryono, GM Advokasi & Aliansi Strategis Dompet Dhuafa. Menurut Arif, semangat keberagamaan di dalam perayaan Iduladha sejatinya selaras dengan semangat pelestarian lingkungan.

“Namun, kami melihat kebanyakan masyarakat Indonesia belum menyadari bahayanya sampah plastik bagi lingkungannya sendiri. Gerakan kurban asyik tanpa sampah plastik diluncurkan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam penggunaan plastik yang tidak dapat didaur ulang, terutama di momen Iduladha,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Desmond: Fit and Proper Test Calon Komisioner Komnas HAM Kali Ini Paling Buruk

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa menyebutkan fit and proper test calon Komisioner Komnas HAM merupakan fit and proper test paling buruk.

NEWS | 30 September 2022

Ini Keunggulan Vaksin IndoVac dan AWcorna Produksi Dalam Negeri

Vaksin IndoVac dan AWcorna yang merupakan produksi dalam negeri, sudah mengantongi izin penggunaan darurat dari BPOM.

NEWS | 30 September 2022

DPR Tiba-tiba Copot Hakim MK Aswanto, Jimly: Ini Pemecatan Tanpa Dasar

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie angkat bicara soal DPR yang tiba-tiba mencopot Aswanto dari jabatan Hakim MK.

NEWS | 30 September 2022

Jadi Calon Kuat Pj Gubernur DKI, Kasetpres: Itu Penuh Misteri

Kasetpres Heru Budi Hartono enggan berkomentar terkait dirinya menjadi calon kuat Pj Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan yang purnatugas pada Oktober.

NEWS | 30 September 2022

Keppres Pemecatan Ferdy Sambo Telah Diteken Jokowi

Presiden Jokowi telah menandatangani Keppres Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan Irjen Ferdy Sambo terkait kasus Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Kapolri: Putri Candrawathi Resmi Ditahan Mulai Hari Ini

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi resmi ditahan di Rutan Mabes Polri terkait kasus tewasnya Brigadir J, mulai hari ini, Jumat (30/9/2022).

NEWS | 30 September 2022

Lesti Kejora Laporkan KDRT Rizky Billar, Netizen: Kacang Lupa Kulitnya

Rizky Billar yang diduga melakukan KDRT kepada Lesti Kejora, disebut netizen sebagai kacang yang lupa akan kulitnya.

NEWS | 30 September 2022

Putusan Arbitrase Indonesia Dapat Dieksekusi di Singapura

Putusan arbitrase yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga arbitrase Indonesia dapat dieksekusi di Singapura,

NEWS | 30 September 2022

Jokowi Ajak KAHMI Terus Berkontribusi untuk Kemajuan Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

NEWS | 30 September 2022

Putri Candrawathi Rampung Jalani Tes Kesehatan di Bareskrim

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi rampung menjalani tes kesehatan di ruang tes kesehatan Bareskrim Polri.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
WIR Asia Optimistis Laba Bersih Melesat 87% di Akhir 2022

WIR Asia Optimistis Laba Bersih Melesat 87% di Akhir 2022

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings