Logo BeritaSatu

Polisi: Kasus Pungli di TPU Cikadut Berakhir Damai

Senin, 12 Juli 2021 | 17:08 WIB
Oleh : WM

Jakarta, Beritasatu.com - Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, kedua belah pihak antara pemikul berinisial R dan warga ahli waris berinisial YT yang terlibat adanya dugaan kasus pungutan liar (pungli) pemakaman jenazah di TPU khusus Covid-19 Cikadut, Kota Bandung, Jawa Barat, sepakat untuk berdamai.

"Jadi sudah ada pengembalian uang sebanyak Rp 2,8 juta, kemudian mereka mau aman dan tidak diramaikan, kedua belah pihak ada kesepakatan untuk damai," kata Ulung, di Bandung, Senin (12/7/2021).

Menurut Ulung, sejauh ini belum ditemukan adanya unsur pungli dalam kasus tersebut. Karena berdasarkan pemeriksaan awal, kedua belah pihak menyebut sudah ada kesepakatan dalam pembayaran Rp 2,8 juta itu.

Pasalnya, Ulung menjelaskan, saat itu ahli waris ingin segera memakamkan jenazah pada saat itu juga. Sedangkan kondisi dan jumlah petugas pemikul di TPU Cikadut, menurutnya sedang tidak optimal untuk menyegerakan pemakaman tersebut.

"Karena biasanya ada yang meninggal 3-5 jenazah, tapi selama dua pekan ini per hari bisa mencapai 50 jenazah dan bahkan pada malam kejadian itu ada 60-70 jenazah," kata Ulung.

Akibat dari kondisi itu, menurut Ulung petugas pemikul di TPU Cikadut menawarkan untuk menggunakan jasa pemikul dari masyarakat setempat. Lalu, kata Ulung, ada kesepakatan antara YT dengan masyarakat setempat untuk membayar uang sebesar Rp2,8 juta.

"Keesokan harinya viral terjadi pungli di Pemakaman Cikadut dengan meminta uang Rp 4 juta, sudah kita konfirmasi tidak ada Rp 4 juta tapi Rp 2,8 juta, itu pun hasil kesepakatan antara saudara Yunita dengan masyarakat setempat," ungkap Ulung.

Sehingga Ulung pun memastikan bahwa ahli waris yang mengaku terkena pungli itu bukan diminta biaya oleh petugas resmi TPU Cikadut, melainkan melakukan transaksi dengan warga setempat. Ulung pun memastikan bahwa kabar yang beredar di media sosial terkait hal tersebut belum tentu benar.

Atas adanya kejadian itu, Ulung menyampaikan pihak kepolisian merekomendasikan kepada Pemerintah Kota Bandung agar menambah jumlah petugas pemikul di TPU Cikadut karena jumlah jenazah yang cukup banyak untuk dimakamkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung Bambang Suhari mengatakan, pihaknya pun sepakat untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Polrestabes Bandung terkait perlu adanya penambahan petugas di TPU Cikadut.

Dia pun menyadari bahwa adanya kekurangan petugas pemikul di TPU Cikadut itu berdampak pada kondisi fisik petugas yang bisa saja mengalami kelelahan.

"Itu tidak bisa kita abaikan, maka rekomendasi ditambahnya jumlah personel kami sependapat, dan kami sudah mengupayakan itu," tutur Bambang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mulai Jalani Penahanan, Putri Candrawathi: Saya Ikhlas

Putri Candrawathi menyatakan bahwa dirinya ikhlas harus menjalani penahanan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Jalani Penahanan, Ini Pesan Putri Candrawathi ke Anak

Sebelum ditahan, Putri Candrawathi menyempatkan diri menyampaikan pesan kepada anak-anaknya.

NEWS | 30 September 2022

Penyaluran BLT BBM di Kepri Dekati Angka 100 Persen

Pos Indonesia tengah berupaya menyelesaikan proses penyaluran BLT BBM di Provinsi Kepulauan Riau yang saat ini hampir menyentuh angka 100%.

NEWS | 30 September 2022

Menipis, Stok Vaksin Covid-19 Tersisa Sekitar 5 Juta Dosis

Kemenkes menyebutkan bahwa hingga saat ini stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia menipis dan hanya sisa sekitar 5 juta dosis.

NEWS | 30 September 2022

Kapolri Pastikan Putri Candrawathi Bisa Bertemu Anak

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Putri Candrawathi tetap bisa bertemu dengan anaknya kendati menjalani penahanan.

NEWS | 30 September 2022

Kasus KDRT Rizky Billar ke Lesti, Polisi: Bukan Settingan

Kepolisian menegaskan bahwa dugaan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Rizky Billar terhadap Lesti Kejora dipastikan bukan rekayasa.

NEWS | 30 September 2022

Sandiaga Optimistis Restorasi Desa Wisata Hanjeli Bangkitkan Ekonomi Sukabumi

Menparekraf Sandiaga Uno optimis restorasi desa wisata Hanjeli mampu membangkitkan ekonomi Sukabumi, Jawa Barat.

NEWS | 30 September 2022

Anggota DPR Intan Fauzi Meriahkan Visionary Leader IMGS 2022

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PAN Intan Fauzi, bersama puluhan tokoh muda akan memeriahkan perhelatan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022.

NEWS | 30 September 2022

Kasus Brigadir J, Kapolri: Pelimpahan Tahap 2 Senin Pekan Depan

Kapolri mengungkapkan, pelimpahan tahap kedua tersangka dan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J dilakukan Senin atau Rabu.

NEWS | 30 September 2022

Etana Mampu Sediakan Vaksin dalam 2 Bulan sejak Pandemi Terjadi

PT Etana Biotechnologies Indonesia (PT Etana) menyanggupi proses uji klinik vaksin berplatform mRNA dalam dua bulan saat terjadi pandemi di masa depan.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
WIR Asia Optimistis Laba Bersih Melesat 87% di Akhir 2022

WIR Asia Optimistis Laba Bersih Melesat 87% di Akhir 2022

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings