Logo BeritaSatu
Dies Natalis ke-40 Binus University

Rektor Binus University: Teknologi Digital Dorong Transformasi Sosial

Selasa, 13 Juli 2021 | 19:03 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Momentum Dies Natalis ke-40 menjadi waktu tepat bagi Binus University memaknai komitmen membina dan memberdayakan masyarakat menuju Indonesia yang lebih maju.

"Dengan mengusung tema technology for empowerment and social transformation, visi Binus 2035 berperan sebagai kendaraan untuk mencapai komitmen tersebut,” kata Rektor Binus University, Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM, dalam acara Binus Online Talk with Journalists, dikutip Selasa (13/7/2021).

Advertisement

Prof Harjanto mengatakan, Dies Natalis ke-40 Binus university juga merupakan momentum untuk bersyukur, menghargai, dan berkomitmen.

"Bersyukur karena sudah empat dekade Binus aktif berkontribusi konstruktif dan produktif terhadap pembangunan Indonesia. Binus juga menghargai berbagai wujud kontribusi yang berdampak pada masyarakat melalui tangan-tangan andal Binusian,” kata Prof Harjanto.

Menurut Prof Harjanto, Binus pun menunjukkan komitmen tinggi dalam membina dan memberdayakan masyarakat. Salah satunya, bagaimana Binus University membangun kolaborasi dengan berbagai stakeholder melalui high impact research yang bisa diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan.

"Mengapa memberdayakan lewat teknologi dan transformasi sosial? Saat ini yang diperlukan adalah kesungguhan, ketulusan, dan keikutsertaan perguruan tinggi dalam membantu masyarakat. Dengan 150.000 Binusian, mari saling mengingatkan, mari berkomitmen, dan gunakan apa yang kita miliki untuk masyarakat,” tandasnya.

Lebih lanjut, Prof Harjanto menjelaskan, untuk merajut empowering dibutuhkan tiga elemen, yaitu kreativitas, inovasi, dan teknologi. Segmen teknologi dipilih karena elemen ini dapat menghimpun semua kekuatan yang dimiliki masyarakat Indonesia, seperti jumlah penduduk, komunitas, dan stakeholder yang tersebar luas di pelosok negeri.

"Pendek kata, teknologi berperan sebagai bahasa pemersatu yang bisa menjangkau seluruh Indonesia tanpa terkecuali. Sejatinya, teknologi berupa suatu alat yang sudah teruji yang bisa memudahkan manusia, tetapi dibuat dengan biaya murah, terjangkau, dan mudah dipakai," tegasnya.

Sementara itu, President of Binus Higher Education, Stephen Wahyudi Santoso, menyatakan lewat Fostering dan Empowering Binus 2035, Binus University ingin terus hadir serta berbagi visi dalam membina dan memberdayakan masyarakat.

"Kami ingin terus menghadirkan pendidikan sepanjang hayat yang berkualitas. Jadi, pendidikan ini semakin dekat, semakin dapat dialami oleh semakin banyak kalangan di seluruh Indonesia. Baik itu melalui jalur pendidikan formal, nonformal, tatap muka, online, blended learning, hingga skala lokal maupun nasional,” ujar Stephen Wahyudi Santoso.

Menurut Stephen, teknologi juga mendorong manusia untuk siap menghadapi perubahan, termasuk dalam situasi pandemi saat ini. "Dalam satu tahun terakhir, hampir semua tata kehidupan masyarakat berubah dan teknologi jadi bagian tak terpisahkan yang mengiringi perubahan tersebut," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings