Logo BeritaSatu

Kejagung Diminta Transparan Soal Seleksi Jabatan

Senin, 19 Juli 2021 | 17:53 WIB
Oleh : Fana F Suparman / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indoensia (Formappi) meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk transparan dalam proses seleksi jabatan. Permintaan ini disampaikan Peneliti Formappi, Lucius Karus terkait terpilihnya Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Ardiansyah sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 169 Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Struktural di Lingkungan Kejaksan Republik Indonesia tanggal 14 Juli 2021. Padahal, berdasarkan hasil Seleksi Jabatan Kajati Berkualifikasi Pemantapan Tahun 2020, hasil penilaian berupa rekam jejak dan hasil asesmen kompetensi calon eselen IIa, peringkat tertinggi diduduki oleh Jaksa Mia Amiati.

Sementara Febrie, di posisi dua dari enam peserta seleksi. Lucius meminta Kejagung transparan lantaran menduga pemilihan Kajati DKI Jakarta hanya formalitas belaka. Bahkan, Lucius menduga adanya penyimpangan dalam proses seleksi tersebut.

“Patut diduga ada unsur jual beli jabatan. Jadi seleksi yang kemarin dilakukan secara live streaming di youtube dapat disimpulkan sebagai formalitas belaka,” kata Lucius kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/7/2021).

Secara umum, jaksa yang menduduki peringkat pertama dalam seleksi pejabat eselon IIa biasanya mendapat kursi sebagai Kajati DKI Jakarta. Namun, status Mia Amiati yang mendapatkan nilai tertinggi saat seleksi, justru batal duduk di kursi Kajati.

“Artinya seleksi menjadi sia-sia jika akhirnya hasil seleksi tak menjadi rujukan dalam penempatan posisi seseorang di Kejaksaan. Seleksi tersebut jadi semacam formalitas doang,” kata Lucius.

Menurutnya, penentuan posisi Kajati DKI saat ini sudah tidak obyektif lagi. Lucius pun menduga hasil tersebut bisa memunculkan penilaian masyarakat bahwa kolusi dan nepotisme masih menjadi lahan subur.

“Itu yang saya sampaikan sebagai sekedar formalitas saja. Walaupun seleksinya disiarkan langsung melalui Youtube. Hasil akhirnya penentuan posisi tetap saja atas kemauan pimpinan,” katanya.

Oleh karena itu, Lucius mendesak pengawasan Komisi III DPR untuk memeriksa dugaan terjadinya penyimpangan.

“Jangan-jangan ada jual beli posisi atau jabatan terjadi disitu, maka Komisi III DPR harus memeriksa hasil seleksi tersebut, termasuk mengusut tentang masih banyaknya kasus mafia hukum yang melibatkan jaksa dan selama ini belum mampu terkuak oleh para wakil rakyat di DPR,” ujarnya.

Sementara itu, pakar hukum Universitas Trisakti, Abdul Fickar mengatakan jika lelang jabatan tersebut dinyatakan terbuka, maka hasil proses itu menjadi keputusan sebagaimana mestinya.

“Jika tidak mengikuti hasil tes, maka harus ada penjelasan terbuka kepada publik mengingat lelang jabatan itu terbuka,” kata Fickar.

Menurutnya, Jaksa Agung harus menjelaskan kepada publik agar tidak menimbulkan prasangka buruk terhadap putusan batalnya Mia Amiati menjadi Kajati DKI.

“Jika tidak ada penjelasan makan berpotensi melahirkan prasangka buruk terhadap para pejabat yang punya otoritas. Mengingat sistem yang sudah ada tidak diikuti dengan benar,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kejagung Punya Strategi Lindungi Jaksa Selama Sidang Ferdy sambo

Kejagung mengaku memiliki strategi khusus untuk melindungi jaksa yang menangani sidang perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait perkara Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ini yang Akan Digali dalam Pemeriksaan Kasus KDRT Rizky Billar

Proses penyidikan kasus KDRT Rizky Billar terus berlanjut, polisi telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap dirinya pada Kamis, (6/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Bharada E Dkk Kembali Ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Bharada E dua tersangka lainnya dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir  Brigadir J kembali ditahan di rutan Bareskrim Polri.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bus Masuk Jurang Angkut Tamu Pernikahan di India, 25 Tewas

Sedikitnya 25 orang tewas setelah sebuah bus masuk jurang dalam yang membawa tamu pernikahan di India.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ada Eks DPR, KPK Periksa 16 Saksi di Kasus Garuda Indonesia

KPK total telah memeriksa 16 saksi dalam mengusut kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia

NEWS | 5 Oktober 2022

Hillary Lasut Pastikan Tidak Akan Cabut Laporan terhadap Komika Mamat Alkatiri

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Brigitta Hillary Lasut memastikan tidak akan mencabut laporan polisi terhadap komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 5 Oktober 2022

40 Korban Binomo Akan Hadiri Sidang Tuntutan Indra Kenz

Terdakwa Indra Kesuma alias Indra Kenz akan menjalani sidang tuntutan kasus Binomo hari ini, Rabu (5/10/2022), di Pengadilan Negeri Kota Tangerang

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi memastikan pemerintah menanggung biaya perawatan korban luka tragedi Kanjuruhan pascakerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Epidemiolog: Jangan Terlena

Epidemiolog Prof dr Asri C Adisasmita mengingatkan masyarakat agar jangan terlena dengan situasi di mana pandemi Covid-19 segera berakhir.  

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings