Logo BeritaSatu

Ini Fakta Baru yang Terkuak dalam Sidang Kasus Mafia Tanah di PN Tangerang

Kamis, 22 Juli 2021 | 19:40 WIB
Oleh : Chairul Fikri / EHD

Tangerang, Beritasatu.com - Sidang lanjutan kasus mafia tanah dan penyerobotan lahan di wilayah Cipete dan Pinang, Kota Tangerang di gelar di Pengadilan Negeri Tangerang, Kamis (22/7/2021) dengan menghadirkan dua tersangka yakni Darmawan (48) dan Mustafa Camal Pasha (61).

Dimana dalam sidang yang menghadirkan saksi-saksi itu, terkuak fakta baru terkait niat keduanya untuk menguasai lahan yang dimiliki oleh warga.

Salah satunya diungkapkan saksi bernama Dimas, Ibnu dan Nisom yang mengetahui niat jahat keduanya saat ditanya Hakim ketua Nelson Panjaitan.

"Saya pernah melihat sertifikat yang dipalsukan. Kami lihat setelah kejadian sama penyidik. Sertifikat Sertifikat Hak Guna Bangun (SHGB) satu sampai sembilan," tutur Dimas.

Sedangkan saksi lain bernama Ibnu menyatakan bahwa dirinya melihat banyak kejanggalan yang terdapat di sertifikat yang dipalsukan oleh kedua tersangka tersebut.

Mulai dari tak terdaftar di Badan Pertanahan Nasional (BPN) hingga pemalsuan tanda tangan Kepala BPN Kota Tangerang. "Saya pikir kita curiga tentang banyak hal yang mulia. Selain tidak terdaftar di BPN, Tanda Tangan Kepala BPN Kota Tangerang juga mereka palsukan, karena itu surat tanah mereka tidak terdaftar di BPN," lanjutnya.

Nisom Supandi sendiri mengaku tersangka Darmawan dalam menjalankan aksinya mengiming-imingi warga yang menggarap lahan Rp 1 juta/ satu petak lahan. Lahan yang digarap tersebut diklaim milik terdakwa.

"Dia cuma ganti garapan dan itu pun kepada orang biasa, 1 kotak diganti sejuta. Warga disuruh tanda tangan dengan format seolah-olah itu tanah Darmawan. Bunyinya bahwa tanah ini akan dikembalikan kepada saudara Darmawan padahal Darmawan suratnya tidak ada sampai saat ini," terangnya.

"Pokoknya seberapa luasnya dipatokin sejuta dengan alasan ganti tanah garapan. Karena masyarakat gak tau itu tanah siapa, diterima uang itu padahal tanah itu ada yang punya warga dan pengembang. Yang punya modernland, TMRE, dan masyarakat," lanjutnya.

Sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang, Adib Fachri Dili optimistis dengan keterangan saksi yang dihadirkan tersebut. Berikut juga saksi yang akan dihadirkan dalam sidang selanjutnya.

"Terkait dengan sidang tadi kami optimistis yah untuk pembuktian. Karena dari korban juga sudah menunjukkan sertifikat dan bukti kepemilikan. Tinggal nanti hakim meminta untuk menghadirkan BPN untuk mencocokkan bener gak nih yang dipalsukan sertifikat SHGB 1 Sampai 9 itu," tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gandeng UKDW, Greatedu Dukung Program Merdeka Belajar

Platform pendidikan digital, Greatedu dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta sepakat mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

NEWS | 27 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Tak Segan Ambil Tindakan Keras

Kasus Lukas Enembe, KPK menegaskan tidak akan segan mengambil tindakan keras dalam penanganan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua tersebut.

NEWS | 27 September 2022

Kepala Sekolah Berperan Penting Gelorakan Indonesia Hebat

Kepemimpinan Indonesia diawali dan digelorakan dari sekolah-sekolah, dari anak-anak didik yang memiliki semangat untuk meraih cita-cita.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar.

NEWS | 27 September 2022

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022

Rekam Medis Digital Hadapi Tantangan Perlindungan Data Pribadi

Tantangan implementasi rekam medis digital saat ini bukan hanya pengelolaan data medis tetapi juga termasuk perlindungan data pribadi pasien.

NEWS | 27 September 2022

Trem Kota Bogor Diusulkan Terkoneksi LRT Cibubur-Baranangsiang

Trem Kota Bogor diudulkan agar terkoneksi dengan dengan light rail transit (LRT) koridor Cibubur-Baranangsiang.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
4 Makanan untuk Kesehatan Gigi yang Baik, Ada Apa Saja?

4 Makanan untuk Kesehatan Gigi yang Baik, Ada Apa Saja?

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings