Perpanjangan PPKM Level 4, Kabaharkam Tekankan Arahan Presiden
Logo BeritaSatu

Perpanjangan PPKM Level 4, Kabaharkam Tekankan Arahan Presiden

Selasa, 27 Juli 2021 | 16:26 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto menekankan arahan Presiden Joko Widodo selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021, kepada seluruh jajaran agar diterjemahkan dengan baik di lapangan.

"Intensifkan hasil Ops Aman Nusa II, laksanakan dengan konsisten, proaktif dan koordinatif," ujar Arif yang juga merupakan Kepala Operasi Aman Nusa II Lanjutan, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Menurut Arief, penekanan arahan Presiden Joko Widodo yang harus diterjemahkan dengan baik di lapangan antara lain, pengaturan operasional pasar tradisional, PKL dan warung makan. Semisal, pengontrolan jam buka-tutup dan penegakan protokol kesehatannya.

Terkait hal itu, dia meminta agar jajaran Polri berkoordinasi dengan pemda dan pengelola pasar agar melakukan pengaturan jumlah pedagang di pasar, dilakukan perluasan hingga pengaturan parkir.

Pada kesempatan yang sama, Arief juga menekankan peran Polri dalam mengurangi beban masyarakat selama penerapan PPKM Level 4. Seperti penyaluran bantuan sosial dan sembako yang harus dikawal sepenuhnya hingga tepat sasaran.

Termasuk, memetakan wilayah dengan angka kematian tinggi, memantau peningkatan kapasitas rumah sakit, isolasi terpusat hingga peningkatan ketersediaan oksigen.

"Polri agar dinamis melakukan sinergitas seluruh komponen. Tak kalah penting kesehatan dan keselamatan personel diutamakan," katanya.

Arief menyampaikan, peningkatan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan merupakan aspek penting dalam penurunan jumlah kasus positif. Jajaran Polri harus terus melakukan sosialisasi dan edukasi masif baik secara langsung dengan mobil patroli maupun melalui media sosial.

"Dilakukan pada komunitas level terkecil, penegakan prokes dilakukan dengan cara humanis, hindari cara arogan," katanya.

Menurut Arief, intesifkan pelaksanaan testing, tracing dan treatment (3T) berkoordinasi dengan stakeholder lain. Lalu bentuk tracer untuk laksanakan tracing sekaligus melaksanakan sosialisasi atau edukasi prokes dan memastikan ketersediaan alat testing antigen/PCR. Disebutkan, jumlah tracer saat ini di 34 Polda sebanyak 61.217 orang, yang terbagi 58.929 tracer di lapangan, 2.288 tracer di ruang digital.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi juga turut menjadi atensi. Personel jajaran diminta untuk memperhatikan dan memastikan jumlah warga yang telah dilakukan vaksin. Arief menekankan agar akselerasi vaksinasi dielaborasi sehingga target herd immunity segera tercapai di komunitas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Waspada, 23 Wilayah di Indonesia Akan Alami Cuaca Ekstrem

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara 50-100%.

NASIONAL | 20 September 2021

Tim SAR Lanjutkan Pencarian Korban Tenggelam di Pelabuhanratu

Tim SAR gabungan bersiaga dan melanjutkan pencarian korban tenggelam kecelakaan laut di Pantai Kebonkalapa Citepus, Pelabuhanratu, Sukabumi.

NASIONAL | 20 September 2021

Antisipasi Tsunami Terulang, BMKG Sempurnakan Sistem Peringatan Dini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya dan kementerian/lembaga terkait sedang menyempurnakan sistem gempabumi dan peringatan dini tsunami.

NASIONAL | 19 September 2021

Dirtipidum: Napoleon Pukuli dan Lumuri M Kece dengan Kotoran

Hasil pemeriksaan perkara penganiayaan yang dialami Muhammad Kece di Rutan Bareskrim Polri terungkap bahwa Napoleon Bonaparte memukuli dan melumuri kotoran

NASIONAL | 19 September 2021

Komisi I DPR Dukung Peremajaan Alutsista Koamarda II Surabaya

Komisi I DPR mendukung peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Koarmada II Surabaya.

NASIONAL | 19 September 2021

9 Nakes Korban Kekerasan KKB Jalani Pemulihan Trauma

Sebanyak sembilan tenaga kesehatan korban kekerasan d Kiwirok, Pegunungan Bintang, Provinsi Papua pada Senin (13/9/2021)saat ini menjalani pemulihan trauma

NASIONAL | 19 September 2021

Mulai 25 September, Denpasar Terapkan Ganjil Genap di Daerah Tujuan Wisata

Polrestra Denpasar akan menerapkan peraturan lalu lintas berupa penyekatan ganjil genap bagi kendaraan di Daerah Tujuan Wisata (DTW) mulai 25 September 2021.

NASIONAL | 19 September 2021

Wasekjen Demokrat Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Guru Honorer

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Irwan meminta pemerintah memperhatikan nasib para guru honorer.

NASIONAL | 19 September 2021

BNPT: Sikap Intoleran Sebabkan Bencana, Hargai Perbedaan

Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, sikap intoleran terhadap agama dapat menyebabkan bencana sehingga mengajak masyarakat untuk menghargai perbedaan

NASIONAL | 19 September 2021

Ini Isi Lengkap Surat Terbuka Irjen Napoleon Soal Penganiayaan M Kece

Irjen Napoleon Bonaparte menuliskan surat terbuka terkait dugaan penganiayaan terhadap Muhammad Kece atau Muhammad Kace. Ini isi lengkap surat tersebut.

NASIONAL | 19 September 2021


TAG POPULER

# Myanmar


# Mujahidin Indonesia Timur


# Napoleon Bonaparte


# Pengobat Alternatif Ditembak


# Manchester United



TERKINI
IHSG Melemah di Awal Perdagangan

IHSG Melemah di Awal Perdagangan

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings