Logo BeritaSatu

Indonesia Ciptakan Teknologi Olah dan Daur Ulang Limbah Medis Covid-19

Kamis, 29 Juli 2021 | 09:31 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Beberapa teknologi untuk mengolah dan mendaur ulang limbah medis Covid-19 berhasil diciptakan para peneliti Indonesia di bawah koordinasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Kondisi saat ini, penambahan jumlah dan volume limbah, khususnya limbah medis semakin meningkat, tetapi kapasitas dari pengolahan masih belum masih memenuhi peningkatan tersebut," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Beberapa teknologi pengolah limbah ramah lingkungan yang sudah terbukti untuk mengatasi limbah berbahan bahaya dan beracun (B3), khususnya limbah medis berskala kecil dan mobile, yaitu teknologi pengolahan limbah cair dengan plasma nano-bubble, limbah padat dengan plasma, dan pengolahan limbah plastik medis menggunakan teknologi pelletizing dan rekristalisasi.
Untuk pengolahan limbah jarum suntik, menggunakan mesin daur ulang APJS GLP Destromed 01 Needle Destroyer yang sudah memiliki paten dan izin edar.

"Ada beberapa teknologi yang sudah proven yang dikembangkan oleh teman-teman kita untuk membantu peningkatan jumlah kapasitas pengolahan limbah ini secara signifikan. Khususnya, teknologi yang bisa dipakai untuk pengolahan limbah di skala yang lebih kecil dan sifatnya mobile," ujar Kepala BRIN.

Menurut Handoko, teknologi tersebut cocok untuk menjangkau daerah-daerah yang penduduknya relatif sedikit dengan skala limbah tidak banyak dibandingkan dengan membangun insinerator yang besar dengan harga mahal dan terkendala dengan pengumpulan limbah yang terpusat.

"Kalau kita harus membangun insinerator besar akan jauh lebih mahal, juga menimbulkan masalah terkait dengan pengumpulan, karena pengumpulan dari limbah ke insinerator yang terpusat juga menimbulkan biaya tersendiri," tuturnya.

Selain mampu meningkatkan kapasitas pengolahan limbah medis, teknologi daur ulang limbah medis karya anak bangsa itu juga berpotensi memunculkan nilai tambah dan ekonomi baru dalam rangka meningkatkan kepatuhan fasilitas kesehatan, karena ada insentif finansial dari sisi bisnis yang dapat mengurangi biaya pengolahan limbah.

Alat penghancur jarum suntik, APJS GLP Destromed 01 Needle Destroyer, bisa menghasilkan residu berupa stainless steel murni.

Sementara itu, teknologi daur ulang untuk alat pelindung diri (APD) dan masker yang bahannya adalah polypropylene bisa menghasilkan propylene murni (PP). Jenis plastik propylene murni mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Kepala BRIN menuturkan baru 4,1 persen rumah sakit yang memiliki fasilitas insinerator berizin dan baru ada 20 pelaku usaha pengolahan limbah di Indonesia dan hampir semuanya terpusat di Pulau Jawa dan distribusinya juga tidak merata.

Handoko berharap inovasi teknologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pengolahan limbah medis dan memberikan motivasi untuk mengumpulkan dan mengolah limbah, meningkatkan kepatuhan, dan menciptakan potensi bisnis baru bagi para pelaku usaha skala kecil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi memastikan pemerintah menanggung biaya perawatan korban luka tragedi Kanjuruhan pascakerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Epidemiolog: Jangan Terlena

Epidemiolog Prof dr Asri C Adisasmita mengingatkan masyarakat agar jangan terlena dengan situasi di mana pandemi Covid-19 segera berakhir.  

NEWS | 5 Oktober 2022

Pelanggaran HAM Diduga Telah Terjadi di Tragedi Kanjuruhan

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) pos Malang menilai telah terjadi pelanggaran hukum dan hak asasi manusia (HAM) dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Jelang Sidang Indra Kenz, Korban: Kami Menuntut Ganti Rugi

Menjelang sidang pembacaan tuntutan terhadap Indra Kenz di PN Kota Tangerang sore ini, perwakilan korban menuntut adanya ganti rugi  

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan dan Tinjau Stadion

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menjenguk korban tragedi Kanjuruhan di RSUD dr Saiful Anwar Kota Malang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Polisi Tangkap Seorang Perakit Bom Terkait Ledakan di Riau

Polda Riau menangkap seorang pria berinisial, MN yang diduga perakit bom terkait ledakan bom di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

NEWS | 5 Oktober 2022

Sesepuh Aremania Anto Baret: Kita Kawal Pengusutan Tragedi Kanjuruhan

Tokoh sekaligus sesepuh Aremania , Anto Baret mendesak tim investigasi maupun pihak penegak hukum agar bersikap transparan dalam kasus tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, Jokowi Saksikan Defile Alutsista di Depan Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, Wury Ma'ruf Amin, menyaksikan defile pasukan dan pawai alutsista.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ferdy Sambo Pasrah dan Sebut Putri Candrawathi Tak Terlibat

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo mengaku pasrah dan menyerahkan nasibnya kepada majelis hakim

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Minta TNI Waspada Perubahan Geopolitik Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para prajurit TNI selalu siap dalam menghadapi tantangan dan perubahan geopolitik global.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings