Tol Balikpapan-Samarinda akan Percepat Konektivitas Darat Bandara Sepinggan
Logo BeritaSatu

Tol Balikpapan-Samarinda akan Percepat Konektivitas Darat Bandara Sepinggan

Senin, 2 Agustus 2021 | 19:03 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Aksesibilitas Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan di Kalimantan Timur akan semakin mudah menyusul Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang saat ini tengah dalam tahap akhir pembangunan.

Secara khusus, Bandara SAMS Sepinggan akan terhubung dengan Kota Balikpapan melalui Seksi V Sepinggan-Balikpapan dengan panjang 11,09 kilometer (km).

Direktur Utama PT Angkasa Pura/AP I (Persero) Faik Fahmi mengungkapkan, decara total, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terbagi atas lima seksi, dengan total panjang jalan tol sepanjang 97,99 km.

Pengguna jasa bandara akan semakin dipermudah berkat adanya Gerbang Tol Manggar yang terkoneksi dengan Jalan Mulawarman sebagai akses ke Bandara SAMS Sepinggan.

"Dengan segera dioperasikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, terutama Seksi V yang menghubungkan Balikpapan dengan kawasan Sepinggan yang merupakan lokasi bandara, akan menghadirkan kemudahan akses bagi warga masyarakat, pengguna jasa bandara, dan calon penumpang dari Balikpapan untuk menjangkau Bandara SAMS Sepinggan dengan cepat dan mudah," ujar Faik Fahmi dalam keterangan resmi, Senin (1/8/2021).

Dia menambahkan, beroperasinya ruas lain dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di masa mendatang juga akan memberikan kemudahan aksesibilitas warga di wilayah lain di Provinsi Kalimantan Timur untuk dapat mengakses lokasi bandara AP I ini.

"Kemudahan akses ini juga kami harapkan dapat memberikan multiplier effect positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur, pasalnya dengan adanya akses jalan tol ini dapat mempercepat waktu tempuh serta kemudahan akses dalam mobilitas orang dan barang," lanjut Faik Fahmi.

Seperti diketahui, saat ini Seksi I (Balikpapan-Samboja) dengan panjang 22,03 km dan Seksi V (Sepinggan-Balikpapan) sepanjang 11,09 km tengah berada dalam fase akhir dari pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Jalan tol tersebut merupakan jalan tol pertama yang dibangun di Pulau Kalimantan serta direncanakan akan menopang konektivitas wilayah calon Ibu Kota Negara baru yang direncanakan oleh pemerintah akan dibangun di kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menurut Faik, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan yang melayani konektivitas udara di kawasan Kalimantan Timur resmi dioperasikan AP I sejak tahun 1987.

Sejak saat itu, bandara ini terus mengalami renovasi dan peningkatan kapasitas serta fasilitas, yang terbaru adalah pada tahun 2014 dengan dioperasikannya terminal baru untuk menggantikan terminal lama yang sudah mengalami overcapacity, kondisi di mana jumlah penumpang dalam satu tahun yang dilayani sudah melebihi kapasitas maksimal sebuah bandara.

Dengan luas terminal hingga 110.000 m2, kini Bandara SAMS Sepinggan dapat melayani hingga 10 juta penumpang/tahun, hampir 6 kali lipat dari kapasitas maksimal terminal lama yang hanya mampu melayani 1,7 juta penumpang/tahun.

Faik menambahkan, kualitas layanan Bandara SAMS Sepinggan juga telah diakui secara internasional. Itu dibuktikan dengan berbagai penghargaan skala dunia yang diraih.

Pada tahun 2020 lalu, penghargaan dari Airport Council International (ACI) berhasil diraih, yaitu best airport by size in Asia-Pacific: 5-15 million passenger per year.

Capaian tersebut semakin melengkapi penghargaan yang diterima dari ACI di tahun sebelumnya, di antaranya adalah best environment & ambience by Size: 5-15 million passenger per year, best customer service: 5-15 million passenger per year, best infrastructure & facilitation: 5-15 million passenger per year yang diterima di tahun 2019.

Pada tahun 2020 lalu, sebanyak 2,74 juta penumpang, 33.756 pergerakan pesawat udara, serta 45,8 juta kilogram kargo terlayani oleh Bandara SAMS Sepinggan

"Seperti halnya di hampir seluruh bandara lain di dunia, statistik tahun 2020, khususnya penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara SAMS Sepinggan mengalami penurunan dibanding catatan di tahun 2019 dikarenakan imbas dari pandemi global Covid-19. Untuk pergerakan penumpang mengalami penurunan sebesar 49%, sedangkan pesawat turun 43%. Namun demikian, untuk lalu lintas kargo justru mengalami pertumbuhan positif, yaitu sebesar 3%," tambah Faik Fahmi.

Dia menekankan, hadirnya akses Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini diharapkan dapat turut serta dalam mengatrol pertumbuhan trafik udara di Bandara SAMS Sepinggan.

Jalan tol ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap angkutan kargo, dengan keunggulan waktu dan jarak tempuh menuju bandara yang terpangkas jauh.

"Dengan semakin mudahnya akses menuju bandara, serta keunggulan fasilitas dan layanan yang dimiliki oleh Bandara SAMS Sepinggan, kami yakin bahwa bandara ini akan dapat menjadi bandara penunjang utama konektivitas udara serta pintu gerbang udara utama di Ibu Kota Negara baru kelak," tutup Faik Fahmi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Firli Sebut Jokowi Pemimpin Orkestrasi Pemberantasan Korupsi

Firli Bahuri mengatakan Jokowi sebagai pemimpin orkestrasi gerakan antikorupsi di Indonesia.

NASIONAL | 9 Desember 2021

Denny JA: Perlu Upaya Sistematis Mengurangi Pembajakan

Di acara  Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021, Denny JA meminta perlu ada upaya yang sistematis untuk mengurangi pembajakan.

NASIONAL | 9 Desember 2021

Presiden: Pemberantasan Korupsi Dinilai Belum Baik

Presiden Jokowi meminta aparat penegak hukum termasuk KPK jangan cepat berpuas diri karena upaya pemberantasan korupsi masih dinilai belum baik.

NASIONAL | 9 Desember 2021

Hari Antikorupsi, Jokowi ke KPK Disambut Firli Bahuri

Presiden Jokowi tiba di Gedung KPK untuk menghadiri puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Kamis (9/12/2021).

NASIONAL | 9 Desember 2021

Menkominfo Dorong STMM Kembangkan Kolaborasi Global

Lulusan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta diminta dapat memanfaatkan peluang pekerjaan di sektor industri teknologi digital.

NASIONAL | 9 Desember 2021

Ketua KPK Diundang Hadiri Pelantikan Novel Dkk

MAKI mengirimkan surat permohonan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri untuk hadir saat pelantikan Novel Baswedan dan kawan-kawan (dkk).

NASIONAL | 9 Desember 2021

Satu Padu Kerahkan Daya Berantas Korupsi

Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) setiap 9 Desember sepatutnya menjadi momentum untuk mengevaluasi kerja pemberantasan korupsi.

NASIONAL | 9 Desember 2021

Terapkan Sistem Merit, LAN Pertahankan Predikat Sangat Baik

LAN kembali memperoleh predikat Sangat Baik dalam Anugerah Meritokrasi Penyerahan Hasil Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN kepada Instansi Pemerintah

NASIONAL | 8 Desember 2021

Pilar KA Cepat Timpa Ekskavator, KCIC: Tak Ada Korban

KCIC menyatakan bahwa tidak ada korban dari insiden tersebut.

NASIONAL | 8 Desember 2021

Jelang Nataru, DPRD Maluku Minta Jaminan Pertamina dan PLN

DPRD Maluku ingin memastikan ketersediaan minyak tanah (mitan) dan juga mengantisipasi adanya pemadaman listrik saat perayaan dua momen keagamaan dimaksud.

NASIONAL | 8 Desember 2021


TAG POPULER

# Cynthiara Alona


# Omicron


# Kecelakaan di Ruas Semarang-Demak


# Hari Antikorupsi


# Ilham Habibie



TERKINI
Fintech P2P Lending Jadi Sumber Pendanaan Alternatif UMKM

Fintech P2P Lending Jadi Sumber Pendanaan Alternatif UMKM

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings