Logo BeritaSatu

Sandiaga Ajak Mahasiswa UPH Putuskan Pilihan Terbaik untuk Hidup

Jumat, 27 Agustus 2021 | 20:31 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH) memutuskan pilihan yang terbaik untuk hidup seusai menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah. Di kehidupan nyata harus bisa menampilkan diri menunjukkan semua kemampuan dan pengalaman.

"Sebagai alumni UPH, sungguh kehormatan bagi saya kembali ke almamater ini yang menjadi sensasi dan flashback akan memori yang indah selama di UPH," katanya dalam webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) yang diselenggarakan oleh UPH dalam menyambut para mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Jumat (27/8/2021).

Sandiaga sendiri dapat membuktikan bahwa ketika melangkah dan memasuki universitas kelas dunia, mahasiswa akan disuguhkan dengan berbagai kesempatan. Sebuah wadah yang akan membantu untuk memahami dunia, menambah keyakinan dan yang terpenting memahami diri sendiri. Ini menjadi kesempatan bagi untuk selalu mencoba proses trial and error.

Pada akhirnya di dunia yang serba tidak pasti ini, lanjut Sandi, menjadi benar dan sukses tidak selalu menjadi tujuan akhir, melainkan sebagai hasil dari proses mencoba gagal, bangkit dan istiqomah.

Dan setelah nantinya rekan-rekan UPH menyelesaikan pendidikan, inilah saatnya untuk menampilkan diri bagi semua kemampuan dan pengalaman dan memutuskan pilihan mana yang terbaik untuk hidup.

Banyak mahasiswa baru di sini yang galau dan menilai keadaan dunia kacau. Tetapi bagaimana pun hidup ini adalah mengambil sikap dan keputusan.

"Pekerjaan saya sebagai menteri (Menparekraf) memiliki tanggung jawab etika moral yang besar untuk pastikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita dapat dikembangkan dan dapat kontribusi pada perekonomian nasional," jelas alumni mahasiswa S3 angkatan 2016 yang menempuh pendidikan ilmu manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPH.

Oleh karena itu, ia sangat menganjurkan kepada mahasiswa untuk berani ambil keputusan. Tentunya yang berisiko itu dikalkulasi karena tanggung jawab semua bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar.

"Bagi saya sendiri sebagai menteri tanggung jawab saya adalah 34 juta para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya melihat dengan pandemi Covid-19 ini kita dipaksa untuk meningkatkan keterampilan kita," jelasnya.

"Kita dipaksa untuk lebih berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Konten digital adalah superstar dalam pandemi ini. Saya ingin garisbawahi sprint time naik, hampir 200% mulai dari big screen hingga small screen," tambah Sandi.

Ia memberikan contoh seperti melihat atau mendengarkan dari serial lagu-lagu Rich Brian, drama Spanyol atau bermain games Mobile Legend dan lainnya. Dalam data terbaru subsektor seperti tv radio dan pengembangan aplikasi dan games telah menggeliat di tahun 2020.

"Nah gaes jadikan peluang ini sebagai periode kita untuk menjadi kemenangan. Porsi kalian selain mengonsumsi digital, kita juga harus produksi. Jangan salah paham dulu. Kalian adalah generasi yang selalu terkoneksi," bujuk Sandi.

Namun hal itu tidak akan bermanfaat kalau tidak memikirkan bagaimana bisa menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Generasi Z dan generasi milenial tidak terlepas dari dunia digital.

"Kalian sudah mengambil suatu peran dan kalian bukanlah generasi rebahan, tetapi agen perubahan. Terakhir adalah masa depan bangsa ini. Coba pahami dengan kreativitas, rasa hormat, respek kemampuan untuk mencoba. Gagal berkali-kali tidak masalah karena itu adalah proses," saran Menparekraf.

"Kalian akan bangkit sebagai generasi paling berwawasan, terkoneksi, dan generasi yang tangguh yang pernah ada. Dan ketahanan ini yang dibutuhkan oleh Indonesia tangguh dan tumbuh. Saya tunggu kalian di puncak kesuksesan," tutup Sandi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Helikopter Jatuh Baru Menikah

Kepergian Briptu Mochamad Lasminto, kopilot helikopter yang jatuh di Bangka Belitung, menyisahkan kesedihan mendalam bagi kedua orang tuanya.

NEWS | 30 November 2022

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

EKONOMI | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE